--> Skip to main content

ENERGI ALTERNATIF

 
1.      Macam-macam sumber energi alternatif
a.       Matahari
Matahari merupakan sumber panas dan sumber cahaya terbesar bagi bumi. Energi matahari mempunyai manfaat yang begitu banyak. Misalnya digunakan oleh tumbuhan hijau untuk berfotosintesis (membuat makanan). Bagi manusia dapat digunakan untuk menjemur pakaian, proses pembuatan ikan asin, pembuatan garam, dan jika diubah dalam energi listrik bisa digunakan untuk penerangan lampu dan menyalakan alat elektronik.
b.      Angin
Energi angin sudah dimanfaatkan oleh nenek moyang kita, yaitu untuk menggerakan perahu layar. Angin juga bisa dirubah menjadi energi listrik. Angin menggerakan turbin atau kincir angin. Alat untuk mengubah energi angin menjadi energi listrik dinamakan aerogenerator. Jika aerogenerator semakin banyak maka energi yang dihasilkan semakin besar.
Kincir Angin

c.       
Air
Air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Aliran air yang deras bisa digunakan untuk menghasilkan energi listrik. Dengan bantuan kincir air, kemudian memutar turbin pada generator. Jadilah energi listrik. Karenanya dibangunlah PLTA atau pembangkit listrik tenaga air.
Kincir Air
d.      Panas bumi
Bumi yang kita tinggali sebenarnya tersusun oleh beberapa lapisan. Bagian inti/ tengah dari bumi merupakan cairan yang sangat panas. Panas dari dalam bumi ini yang dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga panas bumi. Caranya yaitu panas bumi digunakan untuk memanaskan air yang sangat banyak sehingga menghasilkan uap. Uap digunakan untuk memutar turbin yang terhubung dengan generator. Generator yang nantinya akan menghasilkan listrik. Kemudian listrik disalurkan ke rumah-rumah.
Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi

2.      Keuntungan penggunaan energi alternatif

Keuntungan untuk sumber energi alternatif adalah :
a.    Dapat dipergunakan terus karena tidak akan cepat habis.
b.    Energi yang dihasilkan bisa sangat besar.
c.    Tidak mencemari lingkungan.

Kekurangan dari pemanfaatan energi alternatif yaitu:
a.   Dibutuhkan biaya yang sangat besar, misal dalam pembuatan PLTA
b.  Dibutuhkan teknologi yang tinggi untuk mengubah menjadi energy yang dapat langsung digunakan.
c.     Tersedianya energi alternatif  dipengaruhi oleh musim. Misal pada musim kemarau, aliran air akan berkurang. Hal ini yang menyebabakan energi listrik yang dihasilkan menjadi sedikit.
Sumber energi yang berasal dari fosil, baik minyak maupun batu bara, mempunyai beberapa keuntungan yaitu:
a.       Biaya yang diperlukan tidak terlalu besar karena hanya dengan mengeruk bumi.
b.      Penggunaan bahan fosil lebih mudah, misal bensin tinggal menuangkan ke motor atau minyak tanah tinggal menuangkan ke kompor.

Sedangkan kerugian dalam penggunaan bahan fosil adalah :
a.   Akan cepat habis jika digunakan terus menerus.
b.  Manimbulakan pencemaran/ polusi udara dari sisa pembakaran, yaitu gas karbon monoksida.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar