--> Skip to main content

RAHASIA SEHAT DIBALIK MAKAN SAHUR

Bagi sebagian orang, salah satu tantangan berpuasa adalah bangun subuh untuk bersahur. Ada pula orang yang berpuasa namun melewatkan sahur. Jika Anda salah satunya di antaranya, Anda baiknya membaca tulisan ini. Ternyata, sahur menyimpan rahasia kesehatan, tak sekedar memindahkan jadwal puasa. Ada manfaat luar biasa dibalik makan sahur itu.

Apa sebenarnya rahasia di balik makan sahur itu? Yuk kita simak ulasan Pramono, ahli gizi dari Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin. Dalam ulasannya di grup facebook Gerakan Sadar Gizi, Pramono mengingatkan anjuran Nabi untuk makan sahur.

Nabi SAW menganjurkan kita sahur, seperti Dari diriwayatkan oleh Abi Said al-Khudri RA: "Sahur itu barakah, maka jangan tinggalkan meski hanya dengan seteguk air. Dan termasuk sunnah ketika sahur adalah untuk mengakhirkannya."

Islam membagi waktu malam menjadi 3, yakni sepertiga malam pertama (Ba'da Isya - 22.00) , sepertiga malam kedua (pukul 22.00 - 01.00) dan sepertiga malam terakhir (pukul 01.00 - Subuh). Nah, hadits Nabi menganjurkan kita makan sahur dalam sepertiga malam terakhir.

Berdasarkan penelitian, bangun di sepertiga malam terakhir itu bermanfaat luar biasa untuk kesehatan kita. Bahkan ini dapat menjadi pilar utama kesuksesan kita dalam menjalankan berbagai macam diet.

Ketika kita lelap tertidur, ternyata banyak kejadian yang terjadi didalam tubuh kita. Pada saat tidur, sistem hormon akan berpindah pada tahap anabolik, yaitu konversi energi untuk perbaikan dan pertumbuhan.

Pada tahap ini tingkat hormon adrenalin dan kortikosteroid turun dan tubuh mulai memproduksi hormon pertumbuhan (human growth hormone atau HGH), melatonin, juga hormon seks testosteron, hormon kesuburan, FSH (follicle-stimulating hormone dan hormon LH (luteinizing hormone).

HGH mendorong pertumbuhan, memelihara dan memperbaiki otot dan tulang dengan memfasilitasi penggunaan asam amino. Sedangkan melatonin adalah hormon yang diproduksi untuk membantu manusia untuk tidur.

Hormon ini disekresikan oleh kelenjar pineal jauh di dalam otak. Ini membantu tubuh mengontrol irama dan siklus tidur-bangun. Tetapi faktanya hormon-hormon baik tersebut semakin malam semakin turun produksinya dan akan berada pada titik terendah saat sepertiga malam terakhir. Sebaliknya, hormon stress yakni hormon kortisol justru meningkat produksinya dan yang bisa menghentikannya adalah kalau kita bangun.

"Jadi ketika kita bangun makan sahur pada saat sepertiga malam terakhir otomatis akan menghentikan produksi kortisol dan sekaligus menjaga fungsi hormon-hormon baik selama kita tidur terutama di sepertiga malam kedua dapat bermanfaaat secara optimal," kata Pramono.

Perlu kita ketahui efek jahat hormon kortisol yang berlebihan antara lain: hilangnya massa otot; terurainya otot, tendon, ligament, karena digunakan untuk membentuk glukosa.

Jadim bangun pada sepertiga malam terakhir mendatangkan manfaatnya yang luar biasa, seperti meningkatnya sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit metabolic sindrom semacam kencing manis, bahkan membantu keberhasilan diet, terutama yang mempunyai perut buncit.
Nah, luar biasa kan dampaknya? Sekarang masihkah kita malas bangun makan sahur?

Sumber :

Tribunnews.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar