8 MACAM REZEKI YANG SUDAH ALLAH JANJIKAN

shares |

Atmosferku.com - Kita sebagai manusia seringkali mengeluh bahwa rezeki sangat sulit dicari. Bahkan sering pula menyalahkan Allah SWT karena perbedaan rezeki yang didapatkan dengan rezeki yang didapatkan orang lain. Namun, Asal kita ketahui, bahwa Allah sudah menjamin rezeki setiap makhlukNya. Tidak ada makhluk yang tidak mendapatkan rezekiNya. 

Lihat saja seekor cicak, merayap didinding. Sedangkan nyamuk saja beterbangan. Secara logika, bagaimana cicak tersebut bisa menangkap si nyamuk? Namun, Maha BesarNya Allah. Nyamuk malah datang sendiri ke cicak, dan Hap lalu ditangkap (dalam lagu cicak didinding). Cicak saja begitu diperhatikan sama Allah, apalagi kita yang sebagai manusia, yang notabene menjadi khalifah dimuka bumi.

Nah, berikut ini adalah 8 Rezeki yang Sudah Allah Janjikan untuk manusia :


1. Rezeki Yang Telah Dijamin
8 MACAM REZEKI YANG SUDAH ALLAH JANJIKAN
Elshinta.com
"Tidak ada satu mahluk melatapun yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin Allah rezekinya" (Q.S.11:6)

Baca Juga


Contoh : Meskipun seorang anak yatim piatu tidak memiliki orangtua, namun ia akan tetap hidup sampai besar dirawat panti asuhan atau diadop oleh keluarga lain

2. Rezeki Karena Usaha
 
8 MACAM REZEKI YANG SUDAH ALLAH JANJIKAN
Bandarlampungku.com

"Tidaklah manusia mendapatkan apa-apa  kecuali apa yang dikerjakannya"(Q.S.53:39)

Contoh : Karena keuletannya ketika memelihara seekor ayam, Alm Bob Sadino menjadi seorang pengusaha yang sukes dan mempunyai bisnis dimana-mana.

3. Rezeki Karena Bersyukur
8 MACAM REZEKI YANG SUDAH ALLAH JANJIKAN
Tarbiyah.net


"Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu" (Q.S.14:7)

Contoh : Brunei Darusalam baru-baru ini menerapkan syariat islam sebagai rasa syukur kepada Allah atas nikmatNya, mereka kini menemukan ladang gas baru kapasitas miliaran kubik.


4. Rezeki Tak Disangka

8 MACAM REZEKI YANG SUDAH ALLAH JANJIKAN
kerajaanrakyat.blogspot.co.id
"Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya."(QS. At Thalaq :2)

Contoh : Kisahnya Siti Hajar dan Nabi Ismail as, Allah memberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka bagi hambanya yang bertaqwa dan bertawakal kepada-Nya. Seperti pada Hajar, istri dari NAbi Ibarahim, keduanya adalah hamba Allah yang sangat dekat kepada-Nya, di tengah-tengah kekalutan dan kebingungannya—dalam suatu riwayat—muncullah mata air yang letaknya dekat dengan Isma’il

5. Rezeki Karena Istighfar
  8 MACAM REZEKI YANG SUDAH ALLAH JANJIKAN

"Beristighfarlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, pasti Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan memperbanyak harta" (QS. 71 : 10-11)

Contoh : Kaum Nabi Yunus, setelah mereka bertobat maka Allah karuniakan kemakmuran bagi mereka sampai 40 tahun, riwayat lain mengatakan 80 tahun lamanya.

6. Rezeki Karena Menikah
8 MACAM REZEKI YANG SUDAH ALLAH JANJIKAN

"Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak dari hamba sahayamu baik laki-laki dan perempuan.

"Jika mereka miskin, maka Allah akan  memberikan kemapanan kepada mereka dengan karunia-Nya.” (QS. an-Nur : 32)
Contoh : Ketika masih bujangan, Abdurrahman bin Auf r.a hanya seorang penjual tali, Namun setelah menikah ia menjadi pengusaha besar.

7. Rezeki Karena Banyak Anak
8 MACAM REZEKI YANG SUDAH ALLAH JANJIKAN
teguhtriatmojo.blogspot.co.id


"Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang akan menanggung rezeki mereka dan juga (rezeki) bagimu. (QS. al-Isra 31)

Contoh : Yakub waktu mudanya hijrah dari rumahnya dan menjadi pengembala kambing, setelah menikah dan memiliki 12 anak, justru kambing-kambingnya juga makin bertambah banyak.


8. Rezeki Karena Sedekah
8 MACAM REZEKI YANG SUDAH ALLAH JANJIKAN
kisahkisahislami.blogspot.com

"Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (infak & sedekah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipatan yang banyak." (QS. Al Baqarah 245)

Contoh :  kedermawanan Utsman bin Affan r.a hingga kini masih ada warisannya dan tabungannya masih tersimpan di no. rekening Bank syariah Arab Saudi.

Semoga menjadi penguat keyakinan kita semua, agar senantiasa yakin bahwa Allah sudah menjamin Rezeki kita semua. 


Demikianlah artikel dari atmosferku.com tentang 8 MACAM REZEKI YANG SUDAH ALLAH JANJIKAN. Jika Anda menyukai dan juga bermanfaat untuk yang lain, mohon SHARE YAA Sahabat, serta jangan lupa memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini sehingga bisa menjadi referensi bagi sahabat semua di jejaring sosial Anda. Terima kasih. 

Artikel Lainnya

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment