Skip to main content

Perlukah Mengetahui Perbedaan Domain .Com .Net dan .Id ?


Perlukah Mengetahui Perbedaan Domain .Com .Net dan .Id ?



Pengguna internet sekarang ini semakin banyak. Seringkali kita menemukan alamat web yang di bagian belakangnya terdapat tambahan .com; .net ataupun .id. Bagi para pemula mungkin masih merasa bingung dengan arti dan perbedaan ketiganya. Kira-kira apa maksudnya? Tambahan nama yang cukup unik di belakang alamat web tersebut dikenal dengan sebutan domain. Banyak jenis domain yang dikenal di dunia teknologi. Kali ini kita akan mengulas mengenai tiga domain yang cukup sering digunakan oleh masyarakat. Yaitu domain .com; .net; dan .id. Berikut penjelasan mengenai perbedaan domain .com .net dan .id.

Definisi Domain

Nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi nama server baik web ataupun email di internet atau jaringan komputer disebut domain. Salah satu fungsi domain adalah untuk memudahkan netter mengakses server. Dengan adanya domain, pengguna internet akan lebih mudah dalam mengingat dan menyebutkan nama alamat web daripada harus mengingat IP. Alamat IP cukup sulit untuk diingat karena terdiri dari deretan nomor serial tertentu. Domain juga dikenal dengan sebutan alamat website atau URL.

Bagi pengguna internet, khususnya kamu yang memiliki bisnis online. Nama domain merupakan suatu yang penting. Pemilihan nama domain sebaiknya diseseaikan dengan bidang atau konten yang kamu geluti di dunia perbisnisan online. Contoh beberapa nama domain yang cukup terkenal yaitu .com; .org; .id; .net; .biz dan lain sebagainya. Untuk itu sangat perlu untuk mengetahui perbedaan domain .com .net dan .id.

Silahkan Baca : Apa Itu Domain? Inilah Penjelasnnya


Domain .com

Domain .com atau dibaca dot com merupakan kepanjangan dari dotcommercial. Domain ini adalah salah satu domain yang termasuk kategori populer diantara yang lain. Bagi para pebisnis online, penggunaan domain ini sangat dianjurkan, agar semua orang dapat memiliki akses untuk membukanya. Dengan demikian, bisnis kamu akan lebih dikenal banyak orang.

Karakteristik domain .com

Beberapa karakteristik domanin dotcommercial yang membedakannya dengan domain lain yaitu:

• Tidak memerlukan persyaratan dokumen apapun ketika registrasi.
• Bersifat umum, artinya siapapun dan dimanapun negaranya dapat menggunakan domain ini.
• Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, yaitu antara Rp 115.000 – Rp 130.000.
• Digunakan oleh masyarakat luas.
• Dapat digunakan untuk semua kalangan website.

Domain.id

Berbeda dengan domain .com yang bersifat umum dan dapat digunakan oleh seluruh negara di dunia. Domain .id merupakan domain yang diperuntukkan bagi Indonesia. Top level domain ini digunakan sebagai identitas bagi internet di negara Indonesia. Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia, sejak tahun 2005 diberikan tugas untuk menangani masalah domain .id.

Karakteristik domain .id

Beberapa ciri khusus domain .id adalah sebagai berikut:
• Hanya diperuntukkan bagi warga negara Indonesia atau badan usaha milik Indonesia.
• Memerlukan syarat berupa dokumen – dokumen pelengkap seperti KTP.
• Dikelola secara resmi oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia.

Silahkan Baca : Cara Menghasilkan Uang dari Blog


Domain .net

Nama domain .net merupakan kepanjangan dari dot network. Secara garis besar, domain ini ditujukan untuk memberikan identitas pengenal bagi penyelenggara jasa internet.

Karakteristik domain .net

Domain yang satu ini memiliki beberapa ciri khusus yang mebedakannya dengan kedua domain lain. Diantaranya yaitu:

• Biasanya digunakan oleh perusahaan atau instansi.
• Sebagai identitas bagi perusahaan penyedia layanan jaringan internet
• Tidak memakai persyaratan saat mendaftar
• Dapat juga digunakan oleh semua orang (hampir seperti .com)
• Sebagai alternatif pengganti untuk domain .com




Jadi, diantara domain .com; .net; dan .id, domain .com merupakan domain yang bersifat sangat umum. Perbedaan yang mendasar diantara ketiga nama domain tersebut terletak pada penggunaannya. Jadi, memang sangat penting bagi kita untuk mengetahui perbedaan domain .com .net dan .id.

Silahkan Baca :

  
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar