--> Skip to main content

Pengalaman Safari Takjil - jilid 2


"Perumpamaan nafkah yang dikeluarkan oleh orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebulir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji.
Allah melipatgandakan ganjaran bagi siapa saja yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas karuniaNya lagi Maha Mengetahui." [Al Baqarah :261]

Tanggal 3 Agustus 2012 Laskar Sedekah mengunjungi masjid An Nur yang terletak di Dusun Ngemplak Minggir Sleman dalam acara Safari Takjil yang kedua di Bulan Ramadhan. Sebelumnya dari Tim Laskar Sedekah melakukan survei terlebih dahulu, kemudian sampailah di Masjid An-Nur. Tim LaskarSedekah pun bertemu pengelola masjid setempat dan sharing bersama, diujung cerita Ketua Ta
kmir menyampaikan bahwa masjidnya termasuk bangunan baru dan masih butuh bantuan, untuk saat ini yg mendesak adalah Microphone 2, Almari Untuk Al Qur'an, Al Qur'an dan Iqro'. Alhamdulillah, banyak Hamba Allah yang dermawan mau menyisihkan sebagian penghasilannya untuk membantu kekurangan masjid An-Nur yang mendesak tersebut. 
Pada hari Safari Takjil, seperti biasanya Tim Laskar Sedekah berkumpul di Omah Laskar. Tim Laskar Sedekah berangkat sekitar pukul 16.00 WIB, jalanan menuju Masjid An-Nur memang belum mulus layaknya aspal di kota. Tapi hal tersebut tidak mengurung Tim Laskar Sedekah. Setibanya di Masjid An-Nur, mungkin jika sobat-sobat Atmosfer melihatnya sendiri Masjid An-Nur seperti bukan masjid tetapi mushola. Karena ukurannya yang kecil dan paling hanya mampu menampung 40an jama'ah, itu pun sampai ke halamannya. Sungguh, kita sering melihat masjid-masjid yang megah terus diperbagus dan diperindah. Tapi masih banyak masyarakat minoritas yang membutuhkan masjid yang nyaman untuk beribadah. Itu memang realita zaman modern saat ini.

Marilah untuk saat ini Sobat-Sobat Atmosfer lebih jeli untuk bersedekah, bener-bener tepat sasaran dan untuk masyarakat yang bener-bener membutuhkan.

Kembali lagi ke Safari Takjil, setelah sampai di Masjid An-Nur. Tim Laskar Sedekah bertemu dengan Takmir, tetua, dan bapak-bapak ibu-ibu serta para remajanya. Didalam Masjid, ada sedikit sambutan dari Takmir dan dari ketua Tim Laskar Sedekah. setelah sambutan selesai, dari Tim Laskar Sedekah meminta salah satu dari Bapak-Bapak atau Ibu-Ibu untuk bercerita tentang keadaan masyarakatnya. Kemudian disini Bapak Suhartono yang akan bercerita. Bapak suhartono bercerita, beliau adalah seorang mualaf yang baru 3 tahunan. Kemudian cerita berlanjut lagi, bahwa sebelumnya beliau beragama kristen katolik. Beliau menikah dengan seorang wanita muslim dan membaca sahadat ketika menikah. Setelah itu Beliau tidak menjalankan amanah sebagai seorang muslim. Sehingga Beliau merasa tidak tenang hidupnya, Beliau sering berpikir tentang jalan hidupnya dan Tuhannya. Walaupun sudah bersahadat Beliau masih menjalankan ritual-ritual dengan keyakinannya yang dulu. Akhirnya suatu hari Beliau pergi ke Batam menemui cucunya. Dan disana cucunya bilang "Kek, ayo kita sholat", Beliau hanya menjawab "maaf cu, kakek belum bisa".
Kejadian tersebut membuat Beliau semaikin berpikir kembali, Beliau kemudian mulai membaca buku tuntunan sholat dan berusaha menghafal surat Al Fatihah. Kata Beliau, saat itu hampir selama tiga tahun Beliau tidak bisa menghafal 1 surat ini. Suatu hari Beliau memberanikan untuk bersahadat kembali tanpa sepengetahuan keluarganya. Subhannallah....setelah bersahadat, kata beliau yang tadinya mengahafal 2 ayat yang tidak bisa Beliau hafal dalam surat Al Fatihah, dalam 2 hari sudah bisa dihafal. Sungguh mukjizat selalu datang jika Allah sudah berkendak.
Selama menjadi mualaf, hari-hari Beliau selalu dikucilkan oleh warga. Karena sebagian besar dan hampir seluruhnya itu Non-Muslim. Tapi yang membuat Tim Laskar Sedekah tambah terenyuh adalah tegarnya Beliau dalam menahan tekanan tersebut. Keyakinan yang sangat tinggi dengan Allah SWT. Itulah sedikt cerita yang bisa diberikan Bapak Suhartono, karena waktu dengan jadwal buka puasa sudah dekat jadi cerita diakhiri. 

Hidayah dari Allah memang tidak disangka terhadap siapapun, dan dia tak akan dapat menolaknya.

“Allah memberikan hidayah kepada siapa yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus.” (QS. Al-Baqarah: 213)

"Bukanlah kewajibanmu menjadikan mereka mendapat petunjuk, akan tetapi Allah
yang memberi petunjuk (memberi taufiq) siapa yang dikehendaki-Nya". [QS.Al Baqarah (2): 272]
“… Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang Dia kehendaki…”[QS. An Nuur (24) : 35]

Sungguh sebuah pengalaman yang menakjubkan untuk seluruh Timlaskar Sedekah. Kita yang dari lahir sudah Islam jika mengalami kejadian yang Bapak Suhartono alami mungkin akan menyerah..
Sering mengeluh ini itu, Percaya tentang Allah tapi tapi masih belum meng-Imani sutuhnya. Sholat masih bolong, tidak tepat waktu, puasa sunnah masih malas, masih berghibah, dan masih banyak yang lain. Malu...bener-bener malu mendengar cerita Bapak Suhartono. Marilah sebagai seorang muslim kita bersama-sama membetulkan dan lebih lagi dalam beribadah..

Kemudian setelah buka bersama, acara terakhir adalah penyerahan bantuan dari Tim Laskar Sedekah kepada Masjid An-Nur dan seorang anak Yatim. ssetelah itu kami semua dai Tim Laskar Sedekah berpamitan. Sungguh kami melihat mata-mata yang bahagia, dan senyum ikhlas yang menyejukkan dari jama'ah Masjid An-Nur...

Sebuah kaum muslim minoritas yang sebagian besarnya seorang mualaf yang menakjubkan..Semoga tetap Istiqomah dan selalu dalam perlindungan Allah SWT...Aamiin Yaa Allah Yaa Rabbal 'alamin.


Penulis minta minta maaf karena tidak bisa mengUpload foto-fotonya, mungkin nanti bisa menyusul..

IMBAUAN:
Buat para pengunjung dan pembaca artikel di Atmosferku yang ingin menyisihkan, membersihkan harta dan membantu saudara-saudara kita yang istimewa silahkan kirim ke rekening yang ada di gambar dibawah ini. Bagi yang disekitar Yogyakarta jika ingin menyerahkan secara langsung dapat menghubungi nomer telpon yang tercantum pada gambar dibawah ini, insyaAllah dari Tim LS akan menjemput sedekah dari sobat-sobat atmosfer.


Selain itu Laskar Sedekah juga mempunyai Cita-cita, yakni mempunyai mobil Ambulance untuk menolong saudara-saudara kita.


Atau untuk lebih jelasnya bisa Klik disini guna menuju Web Laskar Sedekah atau Klik ke dua gambar diatas.
Semoga siapa saja yang berniat dan sekaligus bersedakah akan mendapatkan rizki yang baik dari Allah SWT..Amin Yaa Rabb
" DENGAN BERSEDEKAH KITA BERMENTAL KAYA "



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar