Percobaan Membuat Pelangi di Dalam Ruangan

Percobaan Membuat Pelangi di Dalam Ruangan

Pada kali ini atmosferku.com menuliskan tentang praktikum atau percobaan untuk Membuat Pelangi Sendiri. Percobaan ini menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada disekitar kita. Percobaan ini sangat aman, bahkan percobaan membuat pelangi ini bisa dilakukan didalam ruangan. Asal ada cahayanya saja, karena Pelangi tidak akan terjadi jika tidak adanya cahaya. Hehehe.. ^ ^
  
Percobaan Membuat Pelangi di Dalam Ruangan
Ilustrasi dari Google

Percobaan ini begitu mudah, juga tidak membahayakan bagi anak-anak. Sehingga bisa sebagai bahan untuk mengajari anak-anak tentang Pelangi, juga tentang makna yang bisa diambil dari kejadian Pelangi. Bagaimana cara melakukan percobaan membuat pelangi tersebut?

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan
Air secukupnya
Mangkok/ baskom ukuran sedang 
Cermin yang belakangnya tidak tembus
Cahaya

Petunjuk Percobaan
Masukan air kedalam Baskom, jangan terlalu penuh, karena baskom akan dimiringkan kearah datangnya cahaya. 
Kemudian masukan cermin kedalam baskom yang berisi air, setelah itu dimiringkan.
Kemiringan baskom disesuaikan dengan arah datangnya cahaya matahari
Usahakan cahaya datang, mengenai cermin yang sudah direndam didalam air.
Sehingga cahaya akan memantul, dan lihat arah pantulannya kemana, disitulah Pelangi akan terlihat.

Baca Juga






Lihat Video Percobaan membuat pelangi di dalam ruangan


Pembahasan
Pelangi terbentuk di langit ketika sinar matahari dibiaskan (dibelokkan) saat melewati air hujan, sinar matahari melakukan hal sama ketika melewati air yang berada di Baskom. Sinar matahari dibiaskan, memisahkannya ke dalam warna mejikuhibiniu ( merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu ). Warna, cahaya, dan air merupakan faktor penting terjadinya Pelangi. Dalam percobaan ini kita juga bisa memberikan nasehat kepada anak-anak dengan belajar dari pelangi, keindahan dari banyak perbedaan.

Demikianlah artikel dari atmosferku.com tentang Percobaan Membuat Pelangi di Dalam Ruangan Anda menyukai dan juga bermanfaat untuk yang lain informasi ini, SHARE YAA sahabat agar adek-adek kita bisa mempelajarinya. Serta jangan lupa dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini sehingga bisa menjadi referensi bagi sahabat semua di jejaring sosial Anda. Terima kasih.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments