Skip to main content

Belajar Tentang Gelombang Bag. 1


Gelombang adalah bentuk dari getaran yang merambat pada suatu medium. Pada gelombang yang merambat adalah gelombangnya, bukan zat medium perantaranya. Satu gelombang dapat dilihat panjangnya dengan menghitung jarak antara lembah dan bukit (gelombang tranversal) atau menhitung jarak antara satu rapatan dengan satu renggangan (gelombang longitudinal). Cepat rambat gelombang adalah jarak yang ditempuh oleh gelombang dalam waktu satu detik.
Sifat-sifat umum gelombang :
1.  Dapat dipantulkan atau direfleksikan. Pada proses pemantulan berlaku : gelombang dating, garis normal, gelombang pantul terletak pada satu bidang datar sudut datang  = sudut pantul.
2.     Dapat dibiaskan (refraksi). Didalam pembasan gelombang berlaku hokum Snellius : gelombang dapat dibiaskan, gelombang datang dari medium yang kurang rapat  menuju medium lebih rapat akan dibiaskan mendekati garis normal atau sebaliknya.
3.    Dapat dipadukan (interferensi). Interferensi dapat terjadi melalui selaput tipis ataucelah ganda maupun kisi-kisi.
4.      Difraksi, terjadi jika gelombang sampai pada suatu penghalang yang berupa celah sempit.
         5.   Polarisasi, polarisasi berkaitan dengan arah getar gelombang medan magnet dan medan listriknya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar