--> Skip to main content

USIA JAGAD RAYA

Dalam mencari teori yang bisa meramalkan secara rinci masa lalu dan masa depan jagat raya, kita tetap mengasumsikan humognitas jagat raya yang dikenal dengan prinsip kosmologi.

Usia maksimum jagad raya

Pada saat awalnya, jagad raya tiba-tiba mengembang dengan gejala yang disebut big bang atau dentuman besar. Sekarang seluruh materi dan energi jagat raya menciptakan gravitasi, dimana semua objek menarik objek yang lain (termasuk juga cahaya). Tarikan ini tentunya akan memperlambat pengembangan itu. Ini berarti kecepatan pengembangan dimasa lalu lebih besar dari pada sekarang.
Lamanya waktu galaksi terjauh bergerak menjauhi kita dengan kecepatan seperti sekarang, maka untuk mencapai jarak sejauh itu lamanya waktu kita sebut usia maksimum To yang mungkin. 
Menurut Hukum Hubble

Dimana Vr adalah kecepatan radial galaksi yang jaraknya  r  tetapi karena



Kita lihat bahwa usia maksimum jagat raya adalah kebalikan dari konstanta Hubble. Diperkirakan konstanta Hubble tidak akan lebih kecil dari 50 km/s.Mpc.



Usia jagad raya yang dihitung berdasarkan hukum Hubble dimana

dinamakan usia Hubble yang harganya sekitar 20 milyar (2. 10e10) tahun. Usia sebenarnya jagat raya yang lebih kecil dari harga usia Hubble ini diperkirakan sekitar antara 10 sampai 15 milyar tahun dan harga ini cocok dengan perhitungan usia geologis yang didasarkan pada sifat radioaktivitas unsur.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar