Skip to main content

Yuk, Belajar Tentang Alat-Alat Optik



1.      Mata
Mata merupakan indra penglihatan manusia. Karena mata manusia dapat melihat dunia.
a.       Bagian- bagian mata



1)      Kornea mata, berfungsi untuk melindungi mata bagian dalam
2)      Iris, berfungsi untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke mata.
3)      Pupil atau celah (lubang yang terdapat pada iris), berfungsi sebagai tempat masuknya cahaya. Jika cahaya yang masuk hanya sedikit maka pupuil akan melebar. Jika cahaya yang masuk banyak, maka pupil akan mengecil.
4)   Lensa mata, jika melihat benda yang jauh maka lensa mata akan memipih. Jika melihat benda yang dekat maka lensa mata akan menebal.
5)      Retina, merupakan tempat terbentuknya bayangan yang akan dikirim ke syaraf.

b.     Cara kerja mata
Cahaya dipantulkan oleh suatu benda. Cahaya pantulan tersebut diterima oleh mata terutama pada bagian kornea. Kemudian lensa mata cahaya dibiaskan sehingga terbentuk bayangan terbalik pada retina. Kemudian saraf – saraf pada retina akan meneruskan informasi bayangan ke otak. Otak akan mengolahnya sehingga kamu dapat melihat benda yang aslinya. Bayangan yang terbentuk pada retina yaitu nyata, diperkecil, dan terbalik.
c.       Kelainan mata
1)      Rabun jauh (miopi)
Rabun jauh menyebabkan orang tidak dapat melihat benda yang jauh. Karena posisi titik api lensa mata terlalu pendek. Titik api merupakan pusat pertemuan sinar yang sudah dipecah oleh lensa. Jadi sinar yang masuk jatuh didepan retina.




Penderita rabun jauh dapat ditolong dengan kacamata yang berlensa cekung (negatif). Lensa cekung akan menempatkan bayangan tepat pada retina.
2)      Rabun dekat (hipermetropi)
Rabuan dekat menyebabkan orang tidak dapat melihat benda – benda yang dekat. Karena titik api lensa mata berada di belakang retina. Penderita rabun dekat dapat sitolong dengan menggunakan kacamata berlensa cembung. Dengan lensa cembung sinar yang jatuh dibelakang retina akan tepat pada retina.


3)      Presbiopi (mata tua)
Presbiopi merupakan kelainan pada mata yang disebabkan oleh faktor usia sehingga daya akomodasi mata berkurang. Penderita presbiopi tidak dapat melihat benda yang dekat dan benda yang jauh. Penderita presbiopi dapat ditolong dengan kacamata berlensa cekung dan berlensa cembung.



4)      Astigmatisma
Astigmatisma merupakan kelainan pada mata yang disebabkan oleh kelengkungan kornea mata yang tidak berbentuk bola sehingga sinar – sinar yang masuk tidak terpusat sempurna. Hal ini menyebabkan benda yang dilihat ada bayangannya. Penderita ini dapat ditolong dengna menggunakan kacamata berlensa silindris.



Beberapa hal penting yang akan membuat mata kamu akan tetap sehat , yaitu
·         Mengatur jarak baca (minimal 30 cm)
·         Jangan terlalu dekat saat menonton televise
·         Jangan membaca di dalam ruangan yang gelap.
·         Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, misal wortel.
2.      Teleskop
Teleskop atau teropong merupakan alat yang digunakan untuk melihat benda – benda yang sangat jauh, misalnya benda – benda diruang angkasa.



3.      Mikroskop
Mikroskop merupakan alat yang digunakan untuk melihat benda – benda yang ukurannya sangat kecil. Mikroskup biasanya digunakan di laboratorium untuk mengemati bakteri yang sangat kecil. Mikroskop terdiri dari dua lensa yaitu
a.       Lensa okuler yaitu lensa yang dekat dengan mata.
b.      Lensa objektif yaitu lensa yang  dekat dengan benda yang diamati



4.      Kamera foto
Kamera merupakan alat yang digunakan untuk memotret. Pada kamera menggunakan lensa positif. Lensa tersebut disangga oleh tabung yang dapat digeser ke depan atau ke belakanguntuk memfokuskan bayangan benda agar bayangan benda jatuh pada film.


Kamera terdiri atas, yaitu
a.       Lensa
b.      Ruang atau kotak yang kedap cahaya
c.      Film
d.   Kamera memiliki diafragma yang fungsinya menyerupai iris mata manusia. Diafragma dapat mengatur sedikit atau banyak cahaya yang masuk.
5.      Lup
Lup juga disebut kaca pembesar atau suryakanta. Lup menggunakan lensa cembung. Lup digunakan untuk melihat benda – benda yang berukuran kecil sehingga tampak besar.



6.      Periskop
Periskop merupakan alat yang digunakan pada kapal selam untuk melihat keadaan di permukaan laut. Periskop menerapkan sifat cahaya yang berupa pemantulan. Cahaya dari atas permukaan laut ditangkap oleh suatu cermin, kemudian dipantulkan menuju mata pengamat yang berada di dalam kapal.



7.      Kaleidoskop
    Kaleidoskop merupakan mainan yang dibuat menggunakan cermin. Dengan alat ini, kamu dapat membuat aneka macam pola yang mengagumkan. Pola-pola ini diperoleh karena bayangan benda – benda dalam kaleidoskop mengalami pemantulan berkali – kali. Dengan demikian jumlah benda terlihat lebih banyak dari pada benda aslinya.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar