--> Skip to main content

MEMPERSIAPKAN UJIAN NASIONAL

Berbicara mengenai ujian nasional terutama untuk SMA pada era sekarang memang ibarat seseorang berada diujung tanduk kehidupan. Ketika hasilnya tidak memuaskan atau tidak lulus, hidup terasa hancur. Sekarang benar-benar ujian nasional menjadi momok yang sangat mengerikan yang siap menerkam para pelajar SMA. Padahal sekitar tahun 2006, Ujian nasional yang saya ikuti tidak begitu menghebohkan seperti sekarang. Sekarang semua pihak siswa maupun sekolah menjadi ketar-ketir mendekati Ujian nasional. Mulai dari mengadakan sendiri sampai bersama-sama mengadakan acara doa bersama. Bahkan di berita yang disiarkan di televisi ada beberapa yang sampai stress mendekati ujian nasional.
Berkaca dari hal-hal diatas, mungkin dari pihak orang tua dan sekolah serta pribadi siswa itu sendiri harus lebih dipersiapkan jauh-jauh hari. sehingga lebih merasa tenang dan siap dalam menghadapi ujian nasional. beberapa hal yang bisa dipersiapkan adalah :
1. Mengusahakan untuk setiap hari belajar 
2. Jangan membiasakan belajar SKS (Sistem Kebut Semalam)
3. Menjaga pergaulan, agar tidak terjerumus dengan orang-orang yang salah.
4. Menjaga kondisi tubuh 
5. Dan ibadah yang setiap hari harus terus meningkat.

Dengan Belajar setiap hari, siswa akan lebih mempersiapkan diri serta lebih dapat memahami pelajaran yang diajarkan. Karena melatih bertahap itu lebih efisien dari pada mendadak layaknya SKS (Sistem Kebut Semalam). SKS ini menurut saya kurang efektif, karena akan membuat otak capek dan kondisi tubuh menurun. 
Kemudian dengan menjaga pergaulan atau mengontrolnya siswa bisa lebih mengatur waktu untuk belajar. Dengan memilih teman-teman yang baik, yang mempunya motivasi tinggi untuk menjadi lebih baik dengan sendirinya akan membuat diri menjadi ikut termotivasi. Sebaliknya jika siswa malah memilih teman yang urak-urakan, ini akan membuat motivasi menjadi semakin ciut. Dalam pergaulan dan aktivitas sehari-hari setiap siswa juga mesti memperhatikan dan menjaga kondisi tubuh. Dan yang terakhir adalah ibadah yang setiap hari terus meningkat. Ibadah memang satu hal yang logika manusia tak akan sampai. Tetapi hasilnya nyata dan baik. Sholat, Puasa, Dzikir, Doa, dan beramal baik itu akan membuat kehidupan lebih tenang. Jika siswa ingin mendapat jiwa yang tenang cobalah untuk sholat dhuha dan tahajud, dan jika siswa ingin bisa menahan emosi cobalah untuk berpuasa.
Dzikir, Doa dan beramal baik akan membuat siswa menjadi mengenal Sang Pencipta. dengan begitu siswa bisa lebih dekat dengan Sang Pencipta. 

Jika semua sudah dilakukan, insyaAllah dalam mengerjakan soal ujian nasional siswa akan lebih tenang. Dan memperoleh hasil yang memuaskan.


Semoga Bermanfaat
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar