--> Skip to main content

AYUNAN BATANG PADA DUA TALI

Benda yang bergetar berbeda dengan benda yang bergerak. Salah satu cara untuk mengamati benda yang bergetar adalah dengan menggantungkan benda tersebut pada tali yang kemudian diayunkan.
Gerak bolak-balik sebuah benda secara periodic disekitar titik kesetimbangan dengan simpangan sebesar A disebut getaran. Sedangkan satu getaran adalah gerak bolak-balik melewati titik kesetimbangan.
Amplitudo adalah jarak atau simpangan terbesar dihitung dari kedudukan setimbang. Periode gerak harmonik adalah waktu yang yang dibutuhkan untuk menempuh lintasan lengkap dari geraknya yaitu satu putaran. Frekuensi adalah jumlah getaran lengkap yang terjadi selama satu sekon.

T=1/f
T=t/n

f=1/T
f=n/t

dimana,
T = Periode
f = Frekuensi
n = jumlah ayunan
t = waktu

Bandul 2 tali adalah benda bermassa yang berupa batang homogen yang digantungkan pada tali ringan, yang tidak elastis (mulur) yang jika ditarik dengan simpangan A dan dilepas akan berayun dan terjadi gerak osilasi periodik.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar