Skip to main content

Pelatihan Kerajinan Bathok Kelapa Jilid I


Pelatihan Kerajinan Bathok Kelapa Jilid I
Pelatihan Kerajinan Bathok Kelapa Jilid I
Pohon Kelapa merupakan Pohon yang sangat bermanfaat, dari akar sampai ujung daunnya mampu dimanfaatkan. Pemanfaatannya juga banyak, mulai dari untuk obat, pondasi rumah, kerajinan, minuman, tempat tidur dan masih banyak manfaatnya. Itulah sebabnya pohon kelapa sering dijadikan peribahasa atau motivasi buat orang yang ingin menjadi manfaat bagi sekitarnya.

Salah satu pemanfaatan dari bagian-bagian pohon kelapa yang sering kita tahu yakni dari buahnya, kelapanya. Dari buah Kelapanya saja mampu menghasilkan banyak produk yang enak dan menarik, salah satunya dari daging buahnya yakni Nata De Coco, ataupun sebagai es buah. Dalam pemanfaatannya sebagai bagian yang dikonsumsi adalah daging buahnya ini, di daerah saya kelapa yang masih muda sering dinamakan "Dhegan", jadi banyak yang mengatakan "Yuk beli es dhegan dulu.". Rasanya segerrr, buat stamina sangat bagus, ataupun buat penawar racun. 

Selain daging buahnya yang dimanfaatkan untuk pembuatan es maupun nata de coco, sabut kelapa juga mampu dimanfaatkan. Hasil olahan dari sabut kelapa banyak macemnya, seperti keset, kasur, bantal, tas, dan handmade yang lainnya. Dan untuk bathok atau tempurung kelapanya bisa digunakan untuk pembuatan arang, baik itu arang untuk bakar sate maupun arang aktif untuk penilitian. Arang dari bathok kelapa jika dibakar menghasilkan panas yang stabil dan kualitasnya bagus, selain itu juga awet. 

Dalam pemanfaatan yang lainnya, bathok kelapa juga mampu dimanfaatkan menjadi produk kerajinan yang menarik dan unik. Seperti yang dilakukan oleh sahabat saya bernama Hasan Sodik. Pemuda yang satu ini sangat kreatif, ide dan kreatifitasnya saya acungi jempol 5, lah yang jempol satunya dari mana?? jempol satunya saya pinjem jempolnya hasan.. hehehehee...

Ya, lanjut lagi. Dari kreatifitasnya, pemuda yang juga menyukai seni bodypainting alias tatto sudah menghasilkan banyak produk seperti asbak, gantungan kunci, nama, nomer pintu hotel, kapal pinisi, hiasan meja, mangkkok, sendok, gelas, dan masih banyak hasil produknya yang good deh.

Dia juga tidak segan untuk belajar dari orang lain dan mau mengajarkan apa yang dia tau kepada orang lain. Seperti beberapa waktu yang lalu dia mengadakan pelatihan kerajinan bathok kelapa di daerah-daerah. Karena yang dia harapkan adalah berbagi karena manfaat, selain itu Hasan juga berharap agar pemuda mau berkreasi bukan hanya tongkrongan, kebut-kebutan, pacaran disembarang tempat. Padahal semua biaya masih meminta orang tua. 

Dalam artikel pelatihan kerajinan bathok kelapa jilid I ini, seperti dalam video di bawah ini..







Dalam video di atas menjelaskan tentang alat-alat yaang digunakan dalam proses pembuatan kerajjinan bathok kelapa. 
  • Gergaji Manual
  • Gergaji Mesin (Scroll Saw)
  • Amplas
  • Mesin Amplas
  • Bor
  • Bathok Kelapa
  • Lem
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat videonya. Dan tunggu video yang selanjutnya. 
Bagi siapa yang ingin menjadi reseller produk-produknya atau memesan souvenir dengan inisial atau nama sendiri  bisa hubungi 

BBM : 73C9CF02
WA : 081328848525

Atau bagi yang ingin belajar dan bermitra dengan mengadakan pelatihan, bisa hubungi nomer diatas. (Khusus Wilayah Kebumen dan sekitarnya)

Terima Kasih telah membaca artikel Pelatihan Kerajinan Bathok Kelapa Jilid I
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar