Skip to main content

Pelatihan Kerajinan Batok Kelapa jilid II

Pelatihan Kerajinan Batok Kelapa jilid II
Pelatihan Kerajinan Batok Kelapa jilid II
Pada artikel yang beberapa waktu lalu saya tulis tentang Pelatihan Kerajinan Batok Kelapa jilid I kita telah mempelajari tentang bahan dan alat-alat yang digunakan dalam proses pembuatan batok kelapa menjadi barang kerajinan yang bernilai. Kemudian sekarang pelatihan kerajinan batok kelapa jilid II ini, kita akan mempelajari tentang
  • Bagaimana membuat pola ?
  • Bagaimana Tehnik memotongnya?
  • Bagaimana Tehnik memotong pola dengan gergaji mesin?
  • Bagaimana Tehnik memotong pola dengan gergaji manual?
  • Bagaimana cara memfinising agar hasilnya mengkilap?
Agar tidak bertele-tele jadi langsung saja kita masuk pada bagian yang pertama.

Bagaimana Membuat Pola?

Untuk membuat pola pada pembuatan kerajianan batok kelapa, terlebih dulu kita mendesain dahulu gambarnya. Desain gambar dibuat diatas kertas, baik menggunakan gambar manual ataupun gambar komputer. Jika menggunakan gambar komputer, kita hanya tinggal menyesuaikan ukurannya dan kemudian di print. Setelah itu, gambar kita potong. Kemudian kita tempelkan gambar pada batok dengan menggunakan Lem. Setelah di Lem, kita tunggu sampai lemnya itu kering. 
Sperti dalam video dibawah ini :




Bagaimana Tehnik Memotongnya?

Untuk tehnik memotongnya, buat para pemula bisa berlatih dengan memotong bentuk garis lurus, kemudian garis bengkok, dan bertahap ke pola yang lebih sulit. Seperti pada video di bawah ini :



Bagaimana Tehnik Memotong Pola Dengan Gergaji Mesin?

Untuk memotong dengan gergaji mesin, kita mesti sangat berhati-hati, tenang dan fokus. Tidak mau kan jika yang terbentuk menjadi kerajinan adalah tangan kita. Hehehehe...
Proses memotong pola dengan menggunakan gergaji mesin dapat dilihat dalam video dibawah ini :


Bagaimana Tehnik Memotong Pola Dengan Menggunakan Gergaji Manual?

Nah, jika menggunakan gergaji manual, kita masih membutuhkan peralatan seperti meja sebagai landasan batok yang kita potong. Cara memotongnya pun juga harus berhati-hati, mengikuti pola. Dan ketahanan tangan kita sangat diperlukan. Saat menggergaji ikutilah serat-seratnya jangan memaksakan, jika memaksakan, mata gergaji kita yang kalah terus patah.

Bagaimana Cara Memfinishing Agar Hasilnya Mengkilap

Untuk mendapatkan hasil yang mengkilap, proses pengamplasan dilakukan 3 kali. Pertama dengan amplas yang kasar, kemudian yang halus dan yang lebih halus. Setelah itu baru disemprot dengan menggunakan pilox. Agar hasilnya semakin mengkilap dan bersih.
Setelah disemprot jangan lupa untuk dijemur agar kering, dan hasilnya lebih memuaskan. 

Demikian artikel Pelatihan Pembuatan Kerajinan Batok Kelapa jilid II semoga bermanfaat dan bisa menjadi peluang usaha untuk anak-anak muda kreatif yang siap mendunia. Jangan lupa untuk Membaca Pelatihan Kerajinan Batok Kelapa jilid I.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar