Skip to main content

Apa Itu GAFATAR? dan 3 Cara Menghindarinya

Apa Itu GAFATAR? dan 3 Cara Menghindarinya
Apa Itu GAFATAR? dan 3 Cara Menghindarinya
Minggu (3/1) saya mulai mengetahui kabar berita tentang hilangnya seorang dokter dari Rs Sardjito Yogyakarta. Mulailah berita ini menjadi trending topik dibeberapa media ternama di Indonesia. Hilangnya Dr Rica (sapaan akrabnya) menggemparkan medsos terutama dikawasan Jogja dan juga saya sendiri. Di kantor pun menjadi bahan perbincangan, "kenapa Dr Rica bisa pergi tanpa izin suaminya?" dan "kemana Dr Rica pergi?" padahal sudah menjadi seorang dokter yang se
cara logika dari keuangan sudah tercukupi. Akhirnya misteri Dr Rica mulai terkuak setelah diketahui bahwa sebelum pergi, Dr Rica sempat menulis surat untuk suaminya suaminya Dr Akbar Aditya Wicaksono bahwa kepergiannya untuk berjuang di jalan Allah, tetapi bukan untuk bergabung dengan kelompok radikal ISIS dan kepergiannya bukan untuk selamanya. Begitu lah inti surat panjang yang dibuat oleh Dr Rica. Dari isi surat yang ditulis Dr Rica timbullah pertanyaan

Ikut Organisasi apakah Dr Rica sampai pergi tanpa bilang-bilang?

Dari keterangan suaminya, memang Dr Rica sebelum menikah aktif disebuah organisasi yang bernama GAFATAR (Gerakan Fajar Nusantara) tetapi setelah menikah dengan Dr Adit terus berhenti. Nah, karena hal ini saya penasaran dengan yang namanya GAFATAR, karena 2 tahun yang lalu pernah mengikuti kegiatan yang dibuat oleh GAFATAR. Karena awalnya saya tau kalau organisasi ini merupakan organisasi yang bergerak dibidang sosial dan pemberdayaan masyarakat. Semisal Donor darah, pengobatan gratis dan lainnya. Waktu itu belum ada anggota yang mempengaruhi untuk tidak sholat, saya tetep sholat seperti biasa.

Dari keterangan suaminya tersebut diperkirakan Dr Rica pergi untuk kembali bergabung dengan GAFATAR. Dan untuk kebenaran masih diteliti oleh pihak kepolisian. Apakah kepergiannya untuk bergabung dengan GAFATAR atau dengan organisasi lain, hal ini masih dalam peyelidikan yang intens dari pihak kepolisian.
Apakah GAFATAR itu?

Apa Itu GAFATAR? dan 3 Cara Menghindarinya
Apa Itu GAFATAR? dan 3 Cara Menghindarinya
Saya ambil dari web pribadinya www.gafatar.org. GAFATAR alias Gerakan Fajar Nusantara di deklarasikan pada tanggal 21 Januari 2012 di gedung JIEXPO Kemayoran. Dasar pemikiran dibentuknya dari merosotnya moral dan budi pekerti yang dimiliki saudara-saudara kita serumah dan setanah air, dan betapa jauhnya abrasi budaya yang telah terjadi dan belum merdekanya Negara Indonesia dari penjajahan neokolonialis dan neoimperialis untuk selengkapnya bisa dilihat DISINI (saat ini situs resminya telah dihapus).

GAFATAR merupakan gerakan kemasyarakatan yang beazaskan pancasila jika menilik dari visi misi GAFATAR. Gerakan ini memiliki visi "Terwujudnya tata kehidupan masyarakat, bangsa dan negara yang damai sejahtera, beradab, berkeadilan dan bermartabat di bawah naungan Tuhan Yang Maha Esa melalui penyatuan nilai-nilai luhur bangsa, peningkatan kualitas ilmu dan intelektualitas, serta pemahaman dan pengamalan nilai-nilai universal agar menjadi rahmat bagi semesta alam."
dan misi "Memperkuat solidaritas, kebersamaan, persatuan, dan kesatuan khususnya antar sesama elemen bangsa Indonesia serta dunia pada umumnya. Selain itu, juga memupuk saling pengertian dan kerja sama antar sesama lembaga yang memiliki kepedulian dan perhatian terhadap upaya perdamaian dan kesejahteraan dunia." Untuk selengkapnya bisa dilihat disitus resminya DISINI (saat ini situs resminya telah dihapus).

Setelah berita tentang Dr Rica mencuat, dan GAFATAR disinggung. Saya pun bertanya "bukankah GAFATAR merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang sosial? kemudian hubungannya apa dengan Dr Rica pergi tanpa pamit dengan bilang ingin berjuang di jalan Allah? apakah didalam GAFATAR ada semacam pendoktrian agama?". Saya menjadi penasaran, mulailah saya mencari tau tentang organisasi ini. Dan banyak berita negatif tentang organisasi ini yang berhubungan dengan aliran sesat.

Dalam situs kabarmakkah.com, dalam artikelnya menyebutkan bahwa sebelum bernama menjadi GAFATAR. Organisasi ini bernama komar alias Komunitas Millah Abraham, dan sebelum bernama komar, mereka terkenal dengan nama Al Qiyadah Islamiyah (ajaran sesat dengan nabi palsunya Ahmad Musadek).
Sekarang ini aliran GAFATAR sudah menyebar dari Aceh hingga Papua dan banyak anggotanya yang ditangkap polisi karena menyebarkan paham sesat.

Apakah memang benar GAFATAR jelmaan lain dari Komar atau Al Qiyadah Islamiyah, mungkin benar karena dari regional.kompas.com bahwa pada saat pertemuan gubernur jawa tengah Ganjar Pranowo dengan Pengurus DPD GAFATAR Jawa Tengah, ketika ditanya hubungannya dengan Ahmed Musadek mereka menjawab  Ahmad Musadek sebagai sesepuh atau penasihat mereka. Kemudian Gubernur Jateng tersebut menasehati mereka karena tau kesesatan Ahmad Musadek. Tetapi tidak tau apakah saran gubernur,  mereka  terima atau dikesampingkan.
Bagaimana Cara GAFATAR melakukan Perekrutan?

Pola perekrutan GAFATAR sudah terbaca oleh MUI. Ketua komisi Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat MUI, KH Cholil Nafis. Menurutnya GAFATAR menyasar pada orang yang berpendidikan tinggi tetapi minus pengetahuan agamanya. Berikut beberapa cara perekutan mereka sepengetahuan saya :

- GAFATAR menyasar  pada orang-orang berpendidikan tinggi yang tertarik dengan agama tetapi tidak mempunyai dasar agama yang mencukupi.
- GAFATAR menyasar pada kaum-kaum muda terpelajar dengan pengetahuan agama yang rendah.
- GAFATAR menyasar pada orang-orang galau yang pengetahuan agamanaya rendah
- GAFATAR menyasar pada orang-orang yang gampang diiming-imingi kebahagiaan.
- GAFATAR menyasar pada pada sahabat-sahabat dekat

Jadi berhati-hatilah, karena MUI sudah melarang organisasi ini. Untuk itu mungkin ini sedikit dari banyak cara agar tidak terjerumus ke dalam organisasi ini.

- Pegang teguh syahadat islam
   Ašyhadu ʾal lā ilāha illa l-Lāh, wa ʾašhadu ʾanna muḥammadar rasūlulLāh

   "Saya bersaksi bahwa tiada Ilah selain Allah, dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah rasul (utusan)  Allah".

- Pegang teguh, jika ada ajaran yang memperbolehkan untuk tidak sholat 5 waktu itu berarti salah.
  karena perintah sholat 5 waktu datang langsung dari Allah dan Rasul SAW.

 " Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku". [QS. Al Baqarah: 43]
"Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman." [QS An Nisa: 103]

- Pegang teguh bahwa Rasulullah Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul Terakhir serta tidak ada Nabi dan Rasul setelah Beliau SAW

Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu., tetapi Dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. dan adalah Allah Maha mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al Ahzab : 40)


Jika melenceng salah satu dari ketiganya, berpikirlah ulang. Apa ini ajaran Rasulullah SAW dari Allah? 
Jika kita diyakinkan dengan ajaran bahwa sholat itu bukan wajib, maka pikirkanlah bahwa Rasulullah SAW yang sudah pasti masuk syurga saja melakukan sholat apa lagi kita yang berlumuran dosa. 

Sadarkan Pikiran selalu, jika kita mudah menerima, pasti kita akan menjadi gampangan untuk direkrut.



Terima Kasih telah telah membaca artikel  Apa Itu GAFATAR? dan 3 Cara Menghindarinya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar