Skip to main content

Hukum Gravitasi Newton

Sebuah artikel dari atmosferku.blogspot.com yang berjudul Hukum Gravitasi Newton. Semoga bermanfaat dan memberikan sedikit pengetahuan tentang Ilmu Fisika. Fisika menyajikan skema dalam tulisan tentang perilaku alam. Selamat membaca. ^^

Hukum Gravitasi Newton
Newton bingung, ini apel siapa.. hehe
Pernah tau cerita tentang buah apel yang jatuh dari Pohonnya? yang merupakan sebuah cerita awal ditemukannya hukum gravitasi. Jadi begini ceritanya, Suatu pagi, Newton berjalan-jalan disebuah kebun untuk menghirup udara segar. Kemudian Newton beristirahat di bawah pohon apel, sambil memperhatikan buah-buah apel yang jatuh ke Bumi dari pohonnya. Timbulah pertanyaan dalam benak Newton, kenapa buah apel jatuh ke Bumi? tidak jatuh ke atas atau ke samping? setelah memikirkan dan merenungi kejadian tersebuat,  kemudian Newton membuat kesimpulan bahwa apel tidak jatuh, melainkan ditarik oleh Bumi. Menurutnya, ada suatu gaya yang bekerja pada suatu materi yakni Bumi kepada suatu materi yang lain yakni buah apel. Hal ini Newton kembangkan dengan gaya tarik yang dilakukan matahari terhadap planet-planet yang mengitarinya. Gaya tarik ini merupakan hukum alam yang berlaku umum, maka disebutlah hukum gaya tarik umum atau Gaya Gravitasi. Hukum Gravitasi berbunyi sebagai berikut :
"Gaya Gravitasi antara dua benda merupakan gaya tarik-menarik yang besarnya berbanding lurus dengan masa tiap-tiap benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda"

Hukum Gravitasi Newton
Skema Gaya Gravitasi antara dua buah benda


Dari gambar skema gaya gravitasi diatas, dapat dirumuskan secara matematis besar gaya gravitasinya dengan persamaan :
Hukum Gravitasi Newton
Demikianlah puisi dari atmosferku.blogspot.com tentang Hukum Gravitasi Newton. Jika Anda menyukai dan juga bermanfaat untuk yang lain informasi ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau bekomentar di bawah ini sehingga bisa menjadi referensi bagi sahabat semua di jejaring sosial Anda. Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar