Skip to main content

Rafting Alias Arung Jeram Di Sungai Elo, Rasakan Sensasinya

Artikel wisata dari atmosferku.blogspot.com mengenai wisata alam dengan menyusuri aliran sungai deras atau yang kita kenal dengan Rafting atau Arung Jeram dengan judul Rafting Alias Arung Jeram Di Sungai Elo, Rasakan Sensasinya, semoga menjadi pilihan liburan bersama keluarga maupun sahabat di akhir pekan.

Kerja, Kuliah terkadang membuat kita penat pikirannya. Butuh sesuatu untuk menyegarkan pikiran, agar otak mampu bekerja kembali dengan lebih optimal. Itulah yang membuat saya dan beberapa sahabat saya bertukar pikiran, enaknya ngapain gitu? Hmm...
Setelah lama berpikir, masing-masing memberikan argument. 

-    Nongkrong di titik 0 km seperti biasa, udah biasa.
-    Ke pantai di Gunung Kidul, terlalu sering
-    Jalan-jalan di Mall, akh itu terlalu kekinian.
Ternyata ide pun tumpul, argument masing-masing kurang menariik. Akhirnya memutuskan main ketempat salah satu sahabat saya. Dikostnya kita ngobrol mau traveling kemana. Ada yang nyletuk, “ayo kita coba rafting aja alias arung jeram, pasti asiik”.

Wah gahwat, saya kan tak bisa berenang, gimana ini? Sahabat saya dengan enteng, udah tak usah dipikirin. Kalau tenggelam nanti tak selamatin.  (enak banget kalau ngomong) dalam hati saya agak emosi.
Akhirnya diputuskan, kita mencoba Arung Jeram dan diputuskan untuk mencoba di Sungai Elo, Magelang. 

Esoknya, kita berangkat pagi-pagi dari Kota Istimewa Yogyakarta menuju Magelang. Perjalanan ditempuh dalam waktu sekitar 40 menit. Sesampainya disana kita langsung disuruh ganti kostum, karena mau main basah-basahan jadi tidak mungkin kan pakai jas atau jeans atau pakai kemeja batik. Hehe…
Memilih jaket pelampung, helm, dan dayung menjadi tahap pertama sebelum ada penjelasan tentang aturan main dalam arung jeram dari RiverGuide. Disini tak lupa kita memanfaatkan momentum untuk melukiskan kebersamaan kita dengan menggunakan cahaya alias berfoto. 

Rafting Alias Arung Jeram Di Sungai Elo, Rasakan Sensasinya
Toss Dayung Sahabat, sebagai arti kekompakkan dan semangat

Savety Talk atau briefing dari RiverGuide tentang aturan dalam berarung jeram harus sangat diperhatikan. Penjelasan ini akan sangat berguna untuk kelancaran dan kekompakkan dalam mengarungi jeram Sungai Elo. Karena RiverGuide akan memberi arahan tentang alat-alat yang dibawa serta penggunaannya. Semisal dayung, digunakan untuk mendayung agar perahu karet berjalan, tetapi ada saat-saat tertentu dayung tidak dipakai seperti saat berada di jeram yang cukup deras. Peletakan dayung juga ada caranya agar tidak membahayakan sahabat kita dalam satu perahu. Savety Talk dari RiverGuide juga mengarahkan beberapa larangan-larangan yang dapat menyebabkan kecelakaan saat pengarungan. So, taati arahan dari RiverGuide dan jangan ngeyel. Dan Kadang operator juga berhak menghentikan atau memindahkan jalur pengarungan karena memperhitungkan kondisi alam yang tidak memungkinkan. Jangan bersikeras untuk tetap memilih jalur yang sudah direncanakan dengan berdalih 'tantangan' atau 'kami bukan penakut'. Ini bukan masalah siapa yang takut, tapi masalah keselamatan pemandu yang memegang tanggung jawabnya.
Setelah savety talk oleh RiverGuide bersama-sama tak lupa untuk berdoa agar senantiasa diberi keselamatan dan kelancaran, dijauhkan dari segala bentuk perkara yang negative saat ber arung jeram.
Rafting Alias Arung Jeram Di Sungai Elo, Rasakan Sensasinya
Berdoa Sebelum Memulai Arung Jeram

Naik mobil keren dengan atasnya berupa perahu karet menuju ke medan pengarungan di sungai Elo. Rasanya seperti angkatan perang, gaya duduk menyamping dengan memakai rompi-rompi, didepan kita senjata-senjata ( pendayung ). Karena kita merupakan kumpulan sahabat yang kurang waras jadi di dalam mobil pun tetap bercanda-canda ria kian kemari. Itulah yang dicari, hehehe...
Rafting Alias Arung Jeram Di Sungai Elo, Rasakan Sensasinya
Jogjaholidays.com
Mobil diparkir, masing-masing dari kita mengambil peralatan arung jeram. Kemudian berjalan menuju Sungai Elo, sungai yang siap kita arungi. Perahu sudah terapung diatas permukaan air sungai, tak lupa kita berdoa dan sedikit pemanasan untuk melemaskan otot-oto tubuh. Baru kemudian naik ke atas perahu dan memulai pengarungan dalam beberapa jam kedepan. Sekitar 12,5 km jarak yang akan kita tempuh, awalnya tak terpikirkan apa yang terjadi tatkala mendayung perahu sejauh 12,5 km dimana dari kita tak pernah mendayung sebelumnya?
Rafting Alias Arung Jeram Di Sungai Elo, Rasakan Sensasinya
Antri naik Perahu. Hehehe
Sensasi First mendayung kita rasakan, udara segar menemani dalam pengarungan. Mulailah dengan melewati jeram-jeram sungai Elo dengan bebatuan-bebatuan alam yang menjadi rintangan. Beberapa kali menabrak batu dan beberapa kali menabrakan ke batu dan dinding sungai.  Jeritan-jeritan konyol selalu terdengar dari mulut sahabat-sahabat yang kocak, membuat suasana semakin tenggelam dalam keceriaan.
Dan mesti diingat juga, kita harus sadar kamera, karena dari tim RiverGuide ada yang memotret kita dari pinggiran sungai elo mengikuti kita sampai finish. Jadi kalau tidak sadar kamera, bisa saja wajah kita tidak terlihat.

Rafting Alias Arung Jeram Di Sungai Elo, Rasakan Sensasinya

Rafting Alias Arung Jeram Di Sungai Elo, Rasakan Sensasinya



Rafting Alias Arung Jeram Di Sungai Elo, Rasakan Sensasinya
  
Setelah capek mendayung, kira-kira pertengahan jarak tempuh pengarungan, kita akan beristirahat sejenak untuk mengiisi energi yang pastinya terkuras untuk mendayung dan untuk berteriak-teriak. Apalagi berteriak-teriak lebay..hehehe..
Dalam rest area ini, kita akan mendapat beberapa snack berat yang cukup untuk bekal tenaga kita selanjutnya. Ada tahu brontak yang ukurannya cukup besar, ada arem-arem, roti, jajanan yang dibungkus daun pisang serta ini yang sangat menyegarkan dan memulihkan energi kita, Kelapa Muda. Hmm segerrrrrrr.. sruput aaakh. ^ ^
Suka tidak suka kita harus mengkonsumsinya, ini untuk menjaga kestabilan dan stamina tubuh. Hampir 3-4 jam kita akan berada di atas perahu, basah-basahan, mendayung, dan kena angin sungai yang lembab.

Rafting Alias Arung Jeram Di Sungai Elo, Rasakan Sensasinya

Rafting Alias Arung Jeram Di Sungai Elo, Rasakan Sensasinya

Setelah selesai melahap habis makanan yang disediakan oleh tour guide, dilanjutkan kembali mengarungi sungai Elo untuk setengah jarak selanjutnya. Dalam perjalanan, akan menemui aliran sungai yang tenang, sama sekali tak ada jeram maupun bebatuan. Di area ini kita dapat melakukan berbagai macam permainan, kita juga diperbolehkan untuk menceburkan diri ke sungai dan berenang. Tapi ingat, pelampung harus tetap dipakai dan jangan menjauh dari perahu.

Ada dua permainan yang kita lakukan, yang pertama adalah dengan berdiri melingkar di tepi-tepi perahu serta saling berpegangan satu sama lain, kemudian RiverGuide mendayung perahu memutar. Jangan sampai terjatuh, ini untuk mengetest keseimbangan dalam kekompakkan. Tapi kita malah saring mendorong sehingga pada jatuh ke sungai. Permainan yang kedua adalah membalikkan perahu, semua duduk disalah satu sisi perahu, kemudian perahu mulai di balikkan oleh RiverGuide, secara perlahan perahu mulai terangkat dan terbalik. Ada yang sempet berada dibawah perahu yang terbalik, malah dikira tenggelam. hehe.. Suasana ceria penuh dengan keakraban sangat terasa disini.

Rafting Alias Arung Jeram Di Sungai Elo, Rasakan Sensasinya


Rafting Alias Arung Jeram Di Sungai Elo, Rasakan Sensasinya


Rafting Alias Arung Jeram Di Sungai Elo, Rasakan Sensasinya

Setelah finish, kita akan bersih-bersih badan dan kemudian melahap makanan yang disediakan oleh pihak tour guide. Makanannya berupa nasi, lauk ayam, sayuran, pokokya komplit. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan kondisi tubuh, karena telah kehilangan banyak energi. 
Buat yang baru pemula, jangan kaget jika pagi hari setelah arung jeram tangan akan terasa pegel-pegel. hehe..

Kenapa harus Sungai Elo ?
Sungai elo adalah salah satu sungai yang sangat ideal untuk berwisata arung jeram di kawasan Magelang, karena karakter aliran dan banjir yang relatif stabil dan relatif aman untuk diarungi baik di musim kemarau atau musim hujan.  Sungai Elo berhulu ke Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Ungaran, sehingga tidak dipengaruhi oleh aliran material vulkanik dari Gunung Merapi. Paket wisata arung jeram sungai elo ini tersedia di semua musim, baik musim panas atau hujan.

Selain juga, karena daerah terdekat dari Yogyakarta adalah Sungai Elo. Itulah kenapa kita memilih sungai Elo.  Mungkin bisa dipilih kenapa Sungai Elo, karena selain bisa rafting kita bisa terlebih dahulu mengunungi wisata-wisata di magelang seperti Borobudur, Ketep Pas, atau Air Terjun Kedungkayang. 

Bagaimana jika saya tidak bisa berenang, bahaya atau tidak?
TIDAK!! 
Tidak masalah jika tidak bisa berenang. Karena guide di sungai elo sudah berpengalaman mengarungi selama 10 tahun. Serta perlengkapan yang sangat savety dan berstandar internasional. 
Saya sendiri juga tidak bisa berenang. Tetapi menyukai arung jeram.  Asal mengikuti savety talk dari riverguide serta tidak ngeyelan. InshaaAllah aman.

Apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum arung jeram?
Kita memang perlu persiapan dalam setiap akan melakukan kegiatan, salah satunya adalah arung jeram. Yang perlu kita persiapkan tidak terlalu banyak.
- Kondisi tubuh yang benar-benar sehat
- Bawa obat jika pernah punya riwayat penyakit
- Bawa baju ganti, sabun untuk mandi
- Untuk pemula, persiapkan mental yang kuat. Jangan takut berlebihan
- Jangan sombong meskipun sudah berarung jeram berkali-kali
- Perhatikan pada saat savety talk
- Ikuti arahan riverguide saat mengarungi sungai
- Siapkan budget minimal 300 ribu per orang, untuk uang saku dan untuk membayar paket rafting. Hehehe....


Jika telah selesai melakukan bersih-bersih, makan, dan istirahat. Kita akan diberi CD yang berisi foto-foto kita pada saat mengarungi sungai, selain itu kita juga akan mendapat sertifikat dari pihak tour guide.

Jangan lupa untuk tidak membuang sampah sembarangan karena #NyampahSembaranganGaAsiik 

Demikianlah artikel wisata dari atmosferku.blogspot.com mengenai Rafting Alias Arung Jeram Di Sungai Elo, Rasakan Sensasinya. Semoga dapat memberikan pilihan menarik liburan di akhir pekan. Jika Anda menyukai informasi ini dan juga bermanfaat untuk yang lain, mohon share dengan memberikan like, twit atau bekomentar di bawah ini sehingga bisa menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar