Skip to main content

Sudah Bercerminkah Anda Hari ini?

Sebuah artikel dari atmosferku.blogspot.com yang berjudul Sudah Bercerminkah Anda Hari Ini? kutipan dari tulisan Motivator otak kanan Ippho Santosa semoga bermanfaat, sehingga menyadarkan kita akan arti pentingnya berpikir secara positif sebelum berbuat dan berbicara. Seperti mengkritik orang lain karena kekurangannya.
 
Sudah Bercerminkah Anda Hari ini?
  Conan di Keraton Jogja. ^_~                                       Photo By Yogi Permana
 
Ada orang bertato, terus bersedekah... 

- Si negatif berseru "Kok tatoan sih? Percuma sedekah, kalau tatoan!"
- Si positif berseru "Luar biasa! Walaupun tatoan, tapi mau berbagi."

Respons kita menentukan amal kita, juga nasib kita. Selama ini, gimana respons kita?
Maaf, ciri-ciri si loser adalah SANGAT CEPAT melihat kelemahan orang lain. Walaupun ada sederet kelebihan, baginya jauh lebih mudah memotret kelemahan orang lain. Ini sikap negatif. Kalau begini, yah sulit majunya. S-u-l-i-t.

Setiap hari Anda dihamparkan dengan berbagai kejadian. Juga dipertemukan dengan berbagai orang. Tak semuanya positif. Right? Tapi, kita masih bisa memilih respons yang positif. Selalu bisa.
Melihat ibu-ibu yang hebat namun berpakaian seksi dan ketat, tak perlulah mulut kita nyinyir "Buat apa hebat-hebat, kalau pakaian ketat-ketat." Tak adakah kata-kata lain yang lebih santun dan memberdayakan?
Kalaupun Anda mau menyerukan kebaikan, temui langsung orangnya (bukan nyeletuk di socmed) dan sampaikan kata-kata yang tepat di waktu yang tepat. Bukan mengumpat.


Ketika seorang pembalap F1 menempel Ayat Kursi di mobilnya, ada netizen yang nyeletuk "Ditempel-tempel, buat apa? Ayat Kursi kan pendek. Masak segitu aja nggak hafal?" Sebenarnya, orang menempel stiker 'basmallah' di motornya, bukan berarti dia nggak hafal. Mungkin sebagai reminder. Atau sebagai syiar. Who knows?

Dan di atas segalanya, kita perlu sering-sering bercermin dan benar-benar bertanya di hadapan cermin "Sudah sempurnakah diriku, sehingga aku boleh seenaknya menarik kesimpulan atas orang lain?"
Mungkin saja orang ini punya berbagai kelebihan yang kita tidak tahu. Mungkin saja orang ini di hadapan Sang Pencipta jauh lebih mulia daripada kita. Who knows?

Melihat seekor anjing saja, kita masih bisa belajar soal kesetiaan. Positif. Melihat seekor keledai saja, kita masih bisa belajar soal menahan beban. Positif. Kalau kita selaluuuuu bersikap negatif, yah kapan majunya?
Be positive. Semoga berkah berlimpah.

Banyak orang setiap harinya bercermin, tapi sedikit orang yang melakukakan pencerminan atau jika dalam bahasa kerennya 'reflection'. Karena sebagian besar orang bercermin untuk melihat keindahan dirinya atau melihat utnuk membuat dirinya menjadi lebih indah.

Memang hal terberat adalah mengontrol lidah, karena lidah selalu basah dan membuatnya menjadi licin. Saking licinnya banyak perkataan yang tergelincir keluar dari mulut tanpa terpikirkan terlebih dahulu. Jalan terbaik ya perbanyaknya mengucap kalimat Allah, membaca Al Qur'an dan coba untuk selalu berfikir dahulu sebelum mengucapkan perkataan. 
 
Demikianlah artikel dari atmosferku.blogspot.com tentang Sudah Bercerminkah Anda Hari ini?. Jika Anda menyukai dan juga bermanfaat untuk yang lain informasi ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini sehingga bisa menjadi referensi bagi sahabat semua di jejaring sosial Anda. Terima kasih.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar