Skip to main content

Percobaan Sederhana : Kenapa Minyak dan Air Tak Mau Menyatu?

Kali ini atmosferku.blogspot.com mencoba menuliskan percobaan sains yang menyenangkan untuk para anak-anak dan orang tua, dan semoga bermanfaat untuk perkembangan otak anak para sobat atmo untuk diterapkan dalam kehidupan. Percobaan ini tentang minyak dan air, mungkin suatu saat anak-anak akan bertanya, 'mah, kenapa ko nyuci piring pake sabun?' hehehe... kalau orang tua yang biasa-biasa aja akan menjawab 'ya biar bersih dan wangi'. 
Tetapi orang tua yang ingin anaknya berkembang, akan menjelaskan dengan sebuah percobaan yang sederhana bersama anaknya tersayang.

Percobaan Sederhana : Kenapa Minyak dan Air Tak Mau Menyatu?
Pict from Google

Percobaan tentang minyak dan air kenapa tidak pernah mau menyatu? mereka selalu bertengkar dengan keegoisan masing-masing. Meskipun kita memasukkan air dan minyak dalam botol kemudian kita mengocoknya dengan sekuat tenaga dan berbagai gaya. Tetap tidak mau menyatu dan bersama. 

Untuk mengetahui kenapa air dan minyak tidak mau menyatu, kita mesti melakukan sebuah percobaan agar tau kenapa minyak dan air tak mau menyatu? dan bagaimana caranya agar minyak mau menyatu dengan air?

Apa yang kita butuhkan dalam percobaan ini?

  1. Botol minuman ringan kecil 
  2. Air 
  3. Pewarna makanan 
  4. 2 sendok makan minyak goreng 
  5. Sabun cuci cair atau deterjen

Kemudian apa yang harus kita lakukan?
  • Tambahkan beberapa tetes pewarna makanan ke dalam air
  • Tuangkan sekitar 2 sendok makan air berwarna bersama dengan 2 sendok makan minyak goreng ke dalam botol minuman ringan kecil
  • Tutup erat-erat dan kocok botol sekuat yang kita bisa
  • Taruh dan diamkan botol kemudian perhatikan baik-baik, mungkin tampak seolah-olah cairan bercampur bersama-sama tapi minyak akan mengapung kembali ke atas. 
Apa yang terjadi?
 Sementara air sering bercampur dengan cairan lain, minyak dan air tidak bercampur. kenapa bisa terjadi? ini dikarenakan molekul air sangat tertarik dengan satu sama lain, tetapi berbeda dengan minyak karena mereka lebih tertarik pada molekul mereka sendiri dan tidak mau bercampur dengan molekul air. itulah kenapa mereka memisahkan diri tidak mau bercampur dan kenapa minyak mengapung di atas air? itu karena minyak memiliki kerapatan yang lebih rendah dari air. 

Bagaimana Menyatukan keduanya?

Jika benar-benar menginginkan minyak dan air bisa bersatu maka kita harus menambahkan beberapa sabun cuci cair atau deterjen . Deterjen tertarik pada air dan menarik minyak untuk bergabung dan menyatu bersama air. Inilah kenapa kita menggunakan detergen atau sabun cuci ketika mencuci piring yang berminyak, deterjen menyatukan minyak dengan air dan kotoran dari piring, saat kita membilasnya ke dalam air. 

"A.. yaya.... Jadikan percobaan sains untuk meningkatkan daya pikir anak serta sebagai sarana kedekatan dengan seorang anak dengan cara yang menyenangkan."
"Jangan Lupa tersenyum ceria dalam candaan bersama anak anda dalam melakukan percobaan ini"

Demikianlah artikel dari atmosferku.blogspot.com tentang Percobaan Sederhana : Kenapa Minyak dan Air Tak Mau Menyatu? Anda menyukai dan juga bermanfaat untuk yang lain informasi ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini sehingga bisa menjadi referensi bagi sahabat semua di jejaring sosial Anda. Terima kasih.   

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar