Skip to main content

PESONA LAGUNA YANG MEMBELAH GUMUK PASIR DI PANTAI LEMBUPURWO, KEBUMEN

PESONA LAGUNA YANG MEMBELAH GUMUK PASIR DI PANTAI LEMBUPURWO, KEBUMEN
via Ig @arumrindarjati
Atmosferku.com - "Waaaaaooooooowwwwww....... " , begitulah ungkapan yang muncul saat pertama kali kami kesalah satu destinasi wisata Kebumen. Pantai Lembupurwo, Mirit. Pantai yang terletak di Kebumen bagian timur ini begitu menawan, merasakan angin laut yang berhembus dari laut menembus rindangnya Pohon Cemara yang kemudian menanjak mengalir diantara pasir-pasir lembut di Pantai Lembupurwo membuat tubuh ini ingin berkali-kali menarik nafas dalam-dalam dan menghembuskannya secara perlahan sebagai tanda begitu nikmatnya udara di Pantai ini, sebuah kenikmatan yang diberikanNya melalui semesta.
Perjalanan melewati jalur selatan Kebumen pun sudah dimanjakan dengan pemandangan persawahan dan kearifan lokalnya. Akses menuju wisata Pantai Kebumen ini pun tidak terlalu sulit dan ekstrim. Jalan datar dan beraspal yang dilalui, kecuali jalanan yang menuju pantai yang bercampur pasir. Ketika sampai di Parkiran, kita sudah disambut warung-warung makan yang menjajakan makanan khas pantainya seperti mendoan, pecel, peyek, dan yang lainnya.
PESONA LAGUNA YANG MEMBELAH GUMUK PASIR DI PANTAI LEMBUPURWO, KEBUMEN
Tempat parkir kendaraan

Area parkir disebelah dalam berada di bawah gumuk pasir, sebagai pembatas antara tempat kendaraan dengan Laguna dan pantai Lembupurwo. Tapi tiap-tiap lokasi mempunyai pembatas-pembatas yang menawan. Mari kita ulik satu persatu lokas keindahan Pantai Lembupurwo.

>>GUMUK PASIR
PESONA LAGUNA YANG MEMBELAH GUMUK PASIR DI PANTAI LEMBUPURWO, KEBUMEN
Gumuk Pasir terbentas luas memanjang


Bentuk gumuk pasir itu dipengaruhi oleh arah angin, serta penghalang material pembentuk berupa vegetasi. Begitu sempurna cara semesta membentuk keindahan alam yang bisa dinikmati mata manusia. Seperti halnya gumuk pasir yang di Pantai Lembupurwo ini, gumuk pasir merupakan pemandangan yang pertama kali akan kita lihat.  Memang, gumuk pasir disini masih kalah dengan gumuk pasir yang ada di Mexico dan Yogyakarta. Tapi tidak apalah, cukup menikmati disini saja sudah bisa merasakan sensasinya. Di atas gumuk pasir, memejamkan mata, menghirup udara dan kemudian menghembuskan nafas secara perlahan untuk menikmati kesegaran udara yang merayap melewati butiran-butiran gumuk pasir Lembupurwo.

Baca Juga : INILAH 7 PANTAI YANG HARUS KAMU KUNJUNGI JIKA KE KEBUMEN

Jika sahabat atmosferku.com suka bermain skateboard, bisa tuh diaplikasikan disini. Dengan melepaskan rodanya, dan berselancarlah di atas papan. Istilah permainan ini adalah sandboarding (berselancar di atas pasir), permainan ini hanya meluncur dari Puncak gumuk pasir. Meskipun sepele, tapi tidak sulit lho, jadi tidak perlu takut mencobanya. Permainan ini sudah diperkenalkan di Pantai Parangkusumo, Yogyakarta.
PESONA LAGUNA YANG MEMBELAH GUMUK PASIR DI PANTAI LEMBUPURWO, KEBUMEN
Bermain sandboarding (via ig: @raharjaproject)

>>LAGUNA

Laguna mempunyai padanan kata dalam bahasa inggris, Lagoon. Laguna merupakan sekumpulan air asin yang terpisah dari laut oleh penghalang yang berupa pasir, batu karang atau semacamnya. Dibeberapa tempat laguna juga disebut sebagai danau yang kecil. Di Pantai Lembupurwo sendiri, laguna terbentuk dari lekukan-lekukan aliran sungai yang membelah gumuk pasir. Akibat perilaku sungai yang alami tersebut, terbentuklah laguna yang memanjakkan mata. Jika melihat dari atas gumuk pasir, aliran sungai seperti membelah atau memisahkan gumuk pasir dengan Pantai Lembupurwo.
PESONA LAGUNA YANG MEMBELAH GUMUK PASIR DI PANTAI LEMBUPURWO, KEBUMEN
Laguna di Pantai Lembupurwo (via ig: @fahrud_09)

Laguna ini merupakan surganya bagi para pemancing, sering pengunjung dari berbagai kota datang ke Lembupurwo hanya untuk menyalurkan hobi memancing. Ada yang dari Purworejo, Yogyakarta, Banyumas dan daerah sekitar Kebumen lainnya. Memang, sejak ditanami bakau, si api-api dan cemara laut membuat ekosistem disekitarnya menjadi hidup. Ikan, udang dan hewan air lainnya pun mulai berkembang biak di Sungai yang membentuk laguna lembupurwo tersebut.

Baca Juga



Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati Laguna dengan menyewa perahu kayuh atau perahu nelayan untuk sekedar menyusuri Laguna Lembupurwo.

>>HUTAN CEMARA

Setelah puas menikmati dan berfoto-foto dengan background gumuk pasir atau Laguna, pengunjung bisa melanjutkan untuk menyeberangi Laguna atau aliran sungai melalui jembatan yang dibuat dari bambu. Jembatan tersebut menghubungkan Gumuk Pasir menyeberangi Laguna menuju rindangnya cemara laut.
PESONA LAGUNA YANG MEMBELAH GUMUK PASIR DI PANTAI LEMBUPURWO, KEBUMEN
Jembatan Bambu penghubung Pantai dengan Gumuk pasir

Saat Menyeberangi jembatan bambu ini tidak perlu takut, karena sudah dibuat dengan perhitungan sedemikian rupa sehingga kuat untuk menopang banyak orang. Saat menyeberangi memang terdengar suara yang menyayat. kreekett..kreekeett..., karena diakibatkan oleh bambu yang meregang (dipijak). Namun, tak jarang dijembatan bambu ini digunakan pengunjung untuk tempat selfie dengan background hutan cemara atau aliran sungai.

Setelah melewati jembatan bambu, sempatkan untuk turun ke sungai. Disitu kita bisa melihat tanaman bakau atau mempelajarinya atau hanya sekedar foto untuk kenang-kenangan saja. Jika kita beruntung, kita akan menjumpai masyarakat sekitar yang sedang mencari kerang di Sungai. Sambil berbincang, kita bisa ikut nimbrung berlatih mencari kerang, jangan lupa untuk memotret aktifitas mereka karena akan menjadi kenangan sendiri buat kita.
PESONA LAGUNA YANG MEMBELAH GUMUK PASIR DI PANTAI LEMBUPURWO, KEBUMEN
Kejernihan air sungai pembentuk laguna
 
PESONA LAGUNA YANG MEMBELAH GUMUK PASIR DI PANTAI LEMBUPURWO, KEBUMEN
Tumbuhan bakau yang menghidupkan ekosistem (abaikan orangnya. hehehe)
PESONA LAGUNA YANG MEMBELAH GUMUK PASIR DI PANTAI LEMBUPURWO, KEBUMEN
Masyarakat mencari mencari kerang
Di area cemara laut, kita bisa sejenak istirahat menikmati sejuknya angin yang menembus melalui dedaunan cemara. Jika kita berpiknik bersama keluarga, bisa tuh di area ini menggelar tiker dan meyantap makanan yang dibawa bersama keluarga tercinta. 
PESONA LAGUNA YANG MEMBELAH GUMUK PASIR DI PANTAI LEMBUPURWO, KEBUMEN
Hutan Cemara di Pantai Lembupurwo memberikan kesan sejuk
Setelah menikmati sejuknya diantara rindangnya hutan cemara, tunggu dulu, sabar, jangan langsung menuju ke Pantainya. Tapi, coba berjalan ke arah timur terlebih dahulu. Disana kamu akan disuguhkan dengan serumpunan pohon bunga api, yang menjadi ciri khas pantai. 

PESONA LAGUNA YANG MEMBELAH GUMUK PASIR DI PANTAI LEMBUPURWO, KEBUMEN
Serumpunan bunga api yang akan menggairahkanmu untuk jadi foto model
Sudah jarang ditemui serumpunan bunga api seperti di Pantai Lembupurwo, di Wisata Pantai Kebumen yang lainnya pun tak sebanyak di Pantai Lembupurwo. Jajaran bunga api yang hidup rukun terbentang luas sampai perbatasan dengan Purworejo. 

>>PANTAI LEMBUPURWO

Nah, jika sudah melewati Gumuk Pasir, Menikmati Laguna, Ngadem ditengah-tengah hutan cemara, berfoto ria dengan serumpunan bunga api, baru kita menuju Pantai Lembupurwo. Pantainya sih sama saja, seperti Wisata Pantai Kebumen yang lainnya seperti Pantai Petanahan, Pantai Setrojenar, Pantai Bopong, Pantai Suwuk (Baca juga: Beberapa penampakan Pantai Suwuk, Kebumen) dan yang lainnya yang memiliki pasir hitam. Namun, keunikan Pantai Lempurwo adalah pada Gumuk pasir, Laguna, Hutan cemara dan serumpunan Bunga Api. 
PESONA LAGUNA YANG MEMBELAH GUMUK PASIR DI PANTAI LEMBUPURWO, KEBUMEN
Pantai Lembupurwo dengan pasir hitamnya
Cukup murah untuk bisa menikmati itu semua, hanya dengan uang Rp. 4.000,-. Murah bukan untuk semua kenikmatan yang disajikan alam? namun murahnya tersebut acapkali disepelekan dengan sampah dan pengrusakan sperti aksi vandalisme.

Baca Juga



Betapa semesta telah menunjukkan keindahannya pada kedua mata manusia, pada hati yang bisa merasakan, kepada jantung yang berdetak takjub. Jadi, mari kita jaga baik-baik karunia Allah berupa wisata pantai ini. Jangan merusak dengan membuang sampah sembarangan apalagi sampah plastik. Para pedagang pun mungkin sebaiknya mulai mengurangi penggunaan plastik. Karena ekosistem di Sungai dan sekitarnya bisa rusak. Selain itu, saya pribadi pun sangat berharap jangan sampai nasib gumuk pasir akan seperti pantai Petanahan, dan Pantai yang lainnya, hilang akibat keserakahan manusia.

Selain itu, eksplorasi besar-besaran ketika wisata mulai dilirik banyak pihak pun akan menjadi salah satu yang akan merusaka ke-alamiannya. Merusak tatanan ekosistemnya, hanya karena sebatas nilai rupiah. Alam sudah menyediakan, kita tinggal merawatnya, menjaga keseimbangannya. Jangan sampai membuang sampah sembarang dan apalagi bagi pasangan muda/i yang tak bisa menjaga nafsunya, janganlah mesum ditempat wisata, karena kondisi demikian lambat laun hanya akan menghancurkan keseimbangan alamnya. 

#DukungWisataIndonesiaBersihDariMesum

Oleh Yogi Permana | IG: @permanaglobal  | Twitter: @permanaglobal

Demikianlah artikel PESONA LAGUNA YANG MEMBELAH GUMUK PASIR DI PANTAI LEMBUPURWO, KEBUMEN dari atmosferku.com semoga menambah pilhan destinasi wisata anda saat bepergian ke Jawa Tengah, terutama Ke Kebumen. Share ya sahabat agar banyak orang tahu bahwa wisata Indonesia mempunyai potensi yang besar. Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar