Skip to main content

Miris! Hanya demi Berfoto Selfie, Seorang Pemuda Nekad Menaiki Stupa Candi Borobudur. JANGAN DITIRU!!


 Para wisatawan harus punya etika saat ditempat wisata

Miris! Hanya demi Berfoto Selfie, Seorang Pemuda Nekat Menaiki Stupa Candi Borobudur
Seorang pemuda berselfie diatas Stupa Candi Borobudur. (Grup FB ICJ)






Atmosferku.com - Siapa yang nggak tau Candi Borobudur? sungguh terlalu jika sampai nggak mengetahui Candi yang sempat masuk dalam kategori Tujuh keajaiban dunia ini, namun sekarang sangat disayangkan sudah bukan lagi dalam kategori 7 keajaiban dunia. Meskipun bukan lagi 7 Keajaiban dunia, Candi Borobudur tetap megah, dan tetap mempesona.

Bukan mau mengulas wisata Candi Borobudur dengan segala kegagahannya. Karena pasti, sudah banyak yang mengulas Candi Terbesar di Indonesia ini. Baik blog lokal maupun interlokal, ekh maksudnya manca negara. Hehehe..

Sobat, yang akan kita ulas adalah perilaku wisatawan yang datang mengunjungi Candi Borobudur. Ada banyak tingkah laku wisatawan yang nyleneh dan kurang tau aturan, saat mengunjungi beberapa waktu yang lalu ke Candi Borobudur. Banyak tuh dari wisatawan, terutama wisatawan domestic yang mengindahkan aturan tersebut. Padahal aturan tersebut untuk menjaga kelestarian Candi. Terutama mengenai Stupa Candi Borobudur, bahwa wisatawan dilarang memanjat atau menaiki Stupa Candi Borobudur

Apa yang dilakukan para wisatawan domestic tersebut? mereka itu ya, meskipun didekatnya ada satpam, tetep aja menaiki Stupa Candi Borobudur. Bahkan sampai satpam menegur berkali-kali dan berteriak-teriak memakai pengeras suara. Mereka tetep aja duduk di stupa utama. Padahal jelas, disitu tertulis larangan.

Miris! Hanya demi Berfoto Selfie, Seorang Pemuda Nekat Menaiki Stupa Candi Borobudur
Sudah ada rambunya, serta jelas juga, bahwa Dilarang Memanjat. (phinemo.com)

Perilaku nggak terpuji yang dilakukan wisatawan lokal selalu ada-ada saja, seperti yang diposting oleh akun FB bernama Ardia Arga Pramoedya di group Facebook ICJ (Info Cegatan Jogja). Dalam foto yang diunggahnya, terlihat ada seorang laki-laki yang nekad menaiki stupa candi Borobudur hanya untuk foto selfie. Sungguh Miris! Hanya demi Berfoto Selfie, Seorang Pemuda Nekat Menaiki Stupa Candi Borobudur

Kelakuan wisatawan tersebut sungguh memalukan, entah kenapa ya? wisatawan kita sendiri yang sering berulah. Tak ayal, unggahan tersebut menuai kecaman dari para member group IJC. Berikut foto yang diunggah oleh akun Ardia.


Asw,- dilarang naik ke stupa candi 



Pemuda yang terlihat dalam foto tersebut, semoga mau meminta maaf, atau dari Kementrian pariwasata untuk segera menciduk dan memberikan teguran keras. Agar anak-anak alay yang hobi selfie tanpa tau adabnya bisa jera. 

Hanya demi sebuah pengakuan melalui foto selfie saja sampai melanggar aturan gitu. Miris dan memalukan, anak negeri lagi. Mungkin ini kenapa Negeri ini benar-benar perlu yang namanya revolusi mental. Bukan hanya sekedar wacana saja. 

Silahkan Baca : MashaaAllah, Hafidz Al Qur'an ini Menikah di usia 18 tahun setelah Sempat 2 kali melalui Proses Persidangan

Kita nggak tau apa motif dibalik pemuda tersebut berani menaiki stupa candi Borobudur hanya untuk selfie. Yang pasti, harus ada teguran oleh pihak terkait. Dan juga jangan sampai malah nanti endingnya menjadi Duta Wisata Candi Borobudur! hadddeeeeh..kalau sampai terjadi. Karena bisa meledakan bom ditangan sendiri, akan ada bermunculan orang yang melanggar demi menjadi Duta Wisata. Cukup sudah adegan Pelanggar menjadi Duta, kaya Zaskia Gotik yang bercanda dengan Pancasila dan 5 pendaki gunung yang mencabut edelwis untuk berfoto selfie serta mengunggahnya di sosial media. Cukup dua itu saja. 

Foto-foto dibawah ini memperlihatkan dengan jelas bahwa pemuda tersebut dengan santainya berselfie dengan menaiki Stupa Candi Borobudur.

Miris! Hanya demi Berfoto Selfie, Seorang Pemuda Nekat Menaiki Stupa Candi Borobudur
Grup FB ICJ
Miris! Hanya demi Berfoto Selfie, Seorang Pemuda Nekat Menaiki Stupa Candi Borobudur
Grup FB ICJ
Gimana menurut Sobat Net semua? pantasnya dapat teguran atau menjadi Duta Candi Borobudur? 








 
Oleh Yogi Permana 
Terima kasih ya telah menyempatkan waktu untuk membaca  Miris! Hanya demi Berfoto Selfie, Seorang Pemuda Nekat Menaiki Stupa Candi Borobudur
Mari menjadi pahlawan penyebar kebaikan dengan men-SHARE artikel Ini. Semoga rezeki berlimpah untuk sahabat yang sudah menjadi pahlawan penyebar kebaikan. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar