Lakukan 15 Hal ini untuk Menjaga Kedekatan Ayah dengan Anaknya

Lakukan 15 Hal ini untuk Menjaga Kedekatan Ayah dengan Anaknya


Lakukan 15 Hal ini untuk Menjaga Kedekatan Ayah dengan Anaknya




Kebanyakan anak itu dekatnya sama Ibunya, karena setiap hari dan setiap waktu selalu bersama ibunya. Sedangkan dengan ayahnya? ya dekat tapi jika ayahnya sibuk bekerja mencari nafkah pergi pagi pulang petang gimana? pastinya akan berkurang waktu untuk bercanda dan berbincang dengan anaknya.

Padahal peran seorang ayah juga sangat penting, karena seorang anak biasanya akan mencontoh perilaku-perilaku ayahnya, entah itu hanya menurut saya, atau emang begitu adanya. Jadi, peran ayah dalam mendidik keluarga jangan disepelekan.

Jangan sampai juga, karena bekerja menjadikan anak terlupakan, apalagi sampai tidak ada kedekatan yang berarti antara ayah dan anak. Bisa bahaya tuh! Kelembutan seorang ibu itu dirasakan, untuk membuat anak nyaman, tapi kedekatan seorang anak dengan ayahnya akan membuatnya lebih kuat.

Kita lihat saja disekeliling, Canda-candaan anak dengan seorang ayah pasti lebih meriah daripada dengan seorang Ibu? ya atau iya?

Kemungkinan karena selama di rumah, tugas seorang Ibu sangatlah banyak, sehingga tak memungkiri rasa capek yang tak pernah dirasa tapi tetap tidak disadari berpengaruh kesikap ibu.

Coba lihat juga, ketika ayah pulang kerja, ketika punya anak kecil mesti langsung diangkat, diciumi, maupun dibercandain. Begitu tidak? karena baginya, pelepas lelah adalah dengan meliht dan mendengarkan ketawa anaknya yang lucu.

Silahkan Baca :

Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan sang ayah agar untuk menjaga kedekatan dengan anaknya agar tetap hangat. Karena kata psikolog, anak yang dekat dengan ayahnya cenderung memiliki emosi yang stabil.

1. Berilah perhatian ketika anak sedang menangis dan sedih.
2. Seorang ayah juga harus memberi makan bayinya atau menyuapi anaknya.
3. Bermain dengan anaknya jika mempunyai waktu senggang, jangan malah memilih bermain dengan smartphonenya
4. Cobalah untuk seorang ayah melakukan perawatan bayi, memandikan, ngganti popok, memakaikan baju, memakaikan sepatu dan yang lainnya
5. Bicara dan berkomunikasi dengan baik, komunikasi tersebut dapat dilakukan seorang ayah dengan kata, lagu, atau dengan belaian kasih sayang seperti mencium pipi anak dan kening anak.
6. Berilah tanda mata, atau oleh-oleh ketika pulang ke rumah. Namun perlu diingat jangan terlalu sering.
7. Jadilah panutan yang baik bagi seorang anak, dari tingkah laku, ucapan serta kontrol emosionalnya.
8. Berikan dukungan dan sebuah pujian jika anak bisa melakukan sesuatu hal yang baik.
9. Jangan membiasakan terlalu keras pada anak apalagi sampai memaksa kehendak ayah pada anaknya.
10. Berikanlah ciuman pada anak, meskipun sang anak sudah tidur terlelap.
11. Jangan menggoda anak secara berlebihan, dalam arti dalam hal bercandanya.
12. Ayah jangan sampai mengolok-olok isteri atau memarahi isteri dihadapan anaknya.
13. Seorang ayah juga harus membiasakan untuk meminta maaf pada anaknya, ketika berbuat salah, atau saat khilaf memarahi anaknya.
14. Jangan bertengkar atau bersuara keras dihadapan anaknya
15. Bisakanlah bagi seorang ayah untuk tidak membawa pekerjaan kantor ke rumah, karena akan mengganggu hubungan anak dengan ayahnya.

Ayah memang punya pengaruh besar dalam tumbuh kembang anak, apalagi yang berhubungan dengan emosional si anak. Dipastikan, ketika ayahnya adalah seorang yang penyabar, itu akan menurun pada anaknya yang penyabar, bisa lebih mengontrol emosinya baik saat marah maupun saat gembira.

Jadi bagi seorang ayah, jangan sampai ya mengacuhkan atau cuek terhadap anaknya. Seorang anak yang baik terlihat dari ayahnya yang baik.

Silahkan Baca :  


  
Pustaka
@sayangianakyuk
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
http://bit.ly/2kc0oMq
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments