Skip to main content

11 Fakta-Fakta Menarik tentang Otak Manusia

11 Fakta-Fakta Menarik tentang Otak Manusia
itoday.co.id
11 Fakta-Fakta Menarik tentang Otak Manusia - Manusia memang patut benar-benar bersyukur. Bagaiaman tidak, lha manusia dikarunia organ-organ tubuh yang luar biasa. Salah satunya Otak. Salah satu fungsinya adalah untuk berfikir ya tidak? itulah kenapa kalau ada orang yang tidak mau berpikir dibilang orang tidak punya otak. Hehehe..

Pengaruh otak sendiri dalam organ tubuh juga sangat penting, karena menajdi kendali utama gerakan-gerakan yang dilakukan oleh tubuh kita. Baik yang kita sengaja maupun yang tidak.

Maka dari itu, marilah kita sedikit menambah pengetahuan tentang Fakta-fakta menarik tentang Otak Manusia.

Fakta-fakta yang akan memberi sedikit pengetahuan lebih tentang bagian yang luar biasa dari tubuh manusia ini, simak baik-baik ya..

Baca Juga : Yuk, Belajar Tentang Alat-Alat Optik

1. Otak Manusia Seperti halnya komputer, yang kuat dalam menyimpan memori seperti kenangan manis maupun kenangan pahit, serta mampu mengendalikan cara kita berpikir dan bereaksi. Fungsi tersebut terus berkembang dari waktu ke waktu. Para ilmuwan pun terus melakukan penelitian terhadap fungsi otak yang bagian-bagiannya sangat rumit.

2. Otak merupakan pusat dari sistem saraf pada tubuh manusia, yang mengendalikan pikiran, semua gerakan, ingatan manusia dan keputusan kita dalam menanggapi setiap rangsangan. Ini ada beberapa Tips untuk Melatih Otak agar Kemampuannya bisa lebih Optimal

3. Dengan adanya evolusi yang terus terjadi, otak menjadi semakin rumit, banyak dari sifat-sifatnya yang menarik belum dipahami dengan baik oleh para ilmuwan.

4. Otak manusia mempunyai ukuran, 3 kali lebih besar dari otak mamalia lain yang ukuran tubuhnya hampir sama.

5. Setiap sisi Otak sebagian besar hanya berinteraksi dengan setengah bagian dari tubuh manusia. Keunikannya adalah Interaksi Otak dengan sisi yang berlawanan pada tubuh. Otak sisi kanan, berinteraksi dengan sisi tubuh bagian kiri, dan sebaliknya, otak sisi kiri akan berinteraksi dengan tubuh bagian sisi kanan.

6. Bagian terbesar otak manusia dinamanakn Otak Besar. Bagian penting lainnya adalah Corpus Callosum, Korteks Serebral, Thalamus, Otak Kecil, Hipotalamus, Hippocampus, dan Batang Otak.

7. Otak manusia mempunyai pelindung yang kuat dan kerang yakni Tengkorak (cranium), yang terdiri dari 22 tulang yang disatukan.

Baca Juga :  HUBUNGAN ANTARA MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA

8. Otak manusia dewasa memiliki berat sekitar 3 Pon (1,5 Kg). Meskipun hanya membentuk 2% dari berat tubuh manusia. Namun ia menggunakan sekitar 20% energinya.

9.  Otak manusia tersuspensi dalam cairan serebrospinal, yang berfungsi sebagai bantalan terhadap efek fisik seperti benturan atau sejenisnya dan menjadi penghalang infeksi.

10. Penyakit otak seperti Alzheimer, Parkinson dan Multiple Sclerosisa dapat membatasi dan mengurangi fungsi normal otak manusia.

11. Kebanyakan stroke disebabkan oleh gumpalan darah di otak yang menghambat suplai darah, ini yang menyebabkan kerusakan jaringan otak di dekatnya.

Sebenarnya masih banyak lagi fakta-fakta menarik tentang Otak manusia yang belum kita ketahui semua, bahkan ilmuwan saja masih menelitinya. Bagaimana kemampuan otak sendiri dalam ukuran maksimalnya seperti apa, juga masih diteliti.

Baca Juga :  Mengapa Bisa Merasakan Jatuh Cinta

Ciptaan sempurna dari Yang Maha Sempurna, maka dari itu mesti kita gunakan fungsinya untuk hal-hal yang baik. Untuk berpikir dan memikirkan sesuatu yang baik. Otakmu adalah kendali tubuhmu, kalau otakmu digunakan untuk memikirkan dan berpikir yang baik, insyaa Allah tubuh akan merespon hal yang baik menjadi lebih baik.



  
Pustaka
sciencekids.co.nz
Jangan Lupa Tersenyum
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar