Skip to main content

Tips untuk Melatih Otak agar Kemampuannya bisa lebih Optimal

Tips untuk Melatih Otak agar Kemampuannya bisa lebih Optimal

Tips untuk Melatih Otak agar Kemampuannya bisa lebih Optimal-  Pernah dengar tidak tentang statement bahwa otak orang Indonesia baru sedikit yang digunakan? dalam arti masih banyak yang belum dioptimalisasi. Kenapa ya bisa begitu?

Bisa jadi sebagai akibat kita hanya memikir yang itu-itu saja. Misalnya kalau ada masalah, pikiran selalu ngeluh-ngelu dan ngeluh, bukannya mencari solusinya. Jika tidak sesuai dengan apa yang kita mau, kita marah, emosi.

Ya tidak sih begitu? apalgi kalau suruh mikir yang berat, hmm pasti akan malas dan lebih baik mencari yang lain, yang lebih simple.

Selain itu jarang juga mengambil keputusan yang bener-bener spekulasi. Pernah nonton film yang menceritakan tentang Pak Habibie muda? Kalau pernah, pasti ngerti bagaimana beliau berani melakukan spekulasi dan tidak fokus pada masalah. Karena beliau selalu yakin dengan apa yang beliau pikirkan.

Silahkan Baca :  Siapa yang Ingin Hidup BAHAGIA maka Belajarlah untuk Melupakan 6 Perkara Ini

Mengoptimalkan keyakinan, dan terus berpikir pada solusi. Disaat dihina dina oleh seniornya dan teman-teman magangnya, beliau mengacuhkan, bukan malah mengeluh. Beliau terus berpikir tentang apa yang harus dicapainya. Jadilah para penghinanya dibuat tercengang dengan pesawat prototype yang bisa terbang seimbang.

Itu hanya sebuah motivasi saja, jika otak digunakan untuk berpikir yang maju, dan positif akan mampu teroptimasi maksimal.

Untuk melatih otak kita berpikir, ya selalu pikirkan yang positif saja. Gunakan media sosial sebagai bahan sharing apa yang habis kita pelajari. Kalau tidak seperti itu, malah endingnya ngeluh lagi ngeluh lagi. Begitu kan?

Berikut ini ada 6 cara untuk melatih otak kita, agar bisa optimasi dengan baik

1. Coba pelajari keterampilan-ketrampilan yang baru

Dengan mempelajari kita keterampilan baru tersebut, berarti kita terus melibatkan dan menantang otak, sehingga dapat membangun koneksi saraf baru dan meningkatkan fungsi otak kita.

Semakin kreatif hasilnya, bisa jadi otak kita semakin teroptimalkan dengan baik. Cara berpikir kita pun akan berubah, dari yang terfokus pada satu titik, jadi lebih bisa mencari titik lain yang mempunyai potensi.

2. Terus kembangkan rasa keingintahuan. 

Kalau biasanya cuma pasrah nerima, sekarang usahan setiap menerima segala sesuatu jangan mau cuma apa adanya. Pelajarilah terus untuk mengetahui hal tersebut, bahkan itu yang tampak jelas atau mendasar.

Silahkan Baca : 4 Tips Mengelola Keuangan di Akhir Bulan buat Mahasiswa


Pikirkan, bisa menjadi apa? untuk apa? dan sebagainya. Sinkronkan dengan apa yang ada disekitarku.

3. Rutinkan dalam baca buku yang positif

Kata orang, membaca buku akan mampu melihat dunia yang begitu luas. Dengan membaca, akan mampu melibatkan otak serta lebih terolah lagi dalam berimajinasi. Selain  itu dengan membaca buku merupakan sebuah cara luar biasa untuk mempelajari juga mengenali sesuatu baru seperti memandang orang, tempat, benda, dan ide dengan metode yang baru.

4. Coba bermain puzzle atau permainan otak lainnya.

Banyak produsne permainan yang sudah banyak membuat permainan yang dirancang khusus untuk menjaga kelenturan dan kesehatan otak kita. Oleh karena itu, maka carilah di sekitar kita, kemudian bereksperimenlah, dan tentu saja temukan apa yang sesuai untuk kita. Namun, cobalah sesuatu yang baru, yang belum pernah kita mainkan. Disitulah, otak akan bekerja lebih.

5. Berlatihlah untuk fokus pada sesuatu hal

Ini mungkin sering terjadi ya, kita hilang fokus, kalau sindirannya "banyakin minum air putih deh". Seakan kita bener-bener butuh air yang banyak, karena otak jika kekurangan air juga akan berkurang kemampuannya.

Jadi, cobalah untuk fokus dengan apa yang sedang kita pelajari. Pikirkan tentang hal tersebut, dari dasar hingga pada manfaat dan kedepannya. Bukan hanya itu, tapi juga cobalah untuk menghafal. Dari yang kalimat pendek sampai kalimat yang panjang-panjang.


6. Libatkan Panca indra yang lainnya. 

Cobalah menghubungkan informasi baru dengan pancaindra kita yang lainnya, guna untuk membantu menyerap dan mengingatnya. Misal kita belajar menghafal dengan indera mata, yakni melihat dan  membaca, jika menggunakan indera telinga, ingat-ingat semua apa yang kamu dengar. Juga dengan panca indra yang lainnya.

Silahkan Baca : TIPS AGAR KAMU BISA BERHENTI MEROKOK


Sebenarnya masih banyak cara-cara yang lain untuk bener-bener bisa melatih saraf otak, termasuk dengan senam otak, kolaborasi jari-jari tangan kiri dan kanan dengan gerakan yang berlawanan. Senam-senam tersebut sudah banyak tersebar di Youtube.

Semoga bermanfaat, dan bisa menjadi tips dalam mengoptimalkan kemampuan otak. ^ ^



  
Pustaka : 
sukakesehatan.id
Photo : Harrania.com
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar