Skip to main content

Nikmatnya Tempe Mendoan



Nikmatnya Tempe Mendoan - Makanan atau cemilan itu memang tidak bisa lepas dari keseharian kita, mulai dari yang ringan sampai yang berat. Dari yang murah sampai yang mahal. Hmmm...pokoknya tidak akan ada habisnya deh kalau ngomongin soal makanan atau cemilan. 

Mau sambil nonton tv, ngerjain tugas, belajar kelompok, rapat, atau hanya sekedar kumpul-kumpul doang mesti ditemani dengan sebungkus, sepiring atau berpiring-piring makanan. 

Memang makanan menjadi kebutuhan yang primer, dan tidak bisa dialihkan. karena jika sobat-sobat atmosfer tidak makan pasti akan terasa laper, nah..saat laper energi kita, ting kefokusan kita, pokoknya kemampuan sobat-sobat pasti menurun. Makanan biasanya menjadi ciri khas dari suatu daerah, karena rasanya akan mengingatkan sobat-sobat. 

Silahkan Baca : Tempat Wisata Kuliner Tradisional di Yogyakarta yang Jangan Sampai Terlewatkan


Salah satu makanan yang sering disajikan sebagai lauk pauk adalah Tempe. Tanpa tempe memang rasanya ada yang kurang, termasuk saya sendiri. Tiap makan mesti ada tempe sebagai lauk. Tanpa makanan tersebut rasanya kaya punya Hp tapi tidak ada pulsanya. ^^
Di Jawa Tengah ada satu tempe yang sangat ueeenyyaaaaak...namanya Tempe Mendoan. Pasti sobat-sobat atmosfer sudah tidak asing dengan nama yang satu ini toh..??
Mendoan merupakan tempe yang ukurannya lebih besar dari ukuran tempe biasanya yang digoreng menggunakan tepung, kemudian penyajiannya tidak terlalu garing. Mendoan sangat cocok dimakan menggunakan sambel kecap atau sambel terasi. Mendoan juga sangat cocok dihidangkan bersama Teh hangat atau Wedang jahe. 

Seringnya Mendoan dimakan dengan cabe atau cengis sebutannya langsung dilalap, maknyooooossss deh..Apalagi dihidangkan saat menonton bola, atau kumpul dengan teman-temannya. Sepertinya Sobat-sobat atmosfer mesti mencoba tempe yang satu ini, tapi awas jangan kebanyakan soalnya nanti bisa ketagihan...^^

Silahkan Baca : Kuliner Khas Kebumen - Gurihnya Nasi Penggel

Tempe ini terdapat di  Jawa Tengah bagian Barat, seperti Kebumen, Banyumas, Cilacap, Purwokerto. Tetapi sekarang Tempe Mendoan sudah menjadi primadona, karena banyak warung yang menyediakan makanan yang ini. Jadi jika sobat-sobat atmosfer dari luar Jawa Tengah, tidak ada salahnya jika datang ke Jawa Tengah bagian barat untuk mencicipi makanan ini.....Salam Sukses Untuk Semuanya!
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar