Skip to main content

Kuliner Khas Kebumen - Gurihnya Nasi Penggel

Rasa dari nasi penggel sendiri lebih ke gurih, khas banget dengan lidah Jawa Tengah

Kuliner Khas Kebumen : Gurihnya Nasi Penggel


Ngomongin tentang Kebumen, apa yang ada dibenak temen-temen semua? tapi jangan ngomongin kemiskinannya ya, karena dalam data, Kebumen termasuk nominasi 5 besar dengan kategori Kabupaten termiskin. Walaupun begitu, bukan berarti Kebumen tidak mempunyai sesuatu yang dibanggakan.

Apa yang terbesit dalam benak tentang Kebumen? pasti oleh-oleh khasnya yakni Lanting. Makanan kering khas Kebumen ini memang sudah menjelajah kemana-kemana. Selalu yang disebut tentang Kebumen adalah lanting. Selain lanting juga ada sarang burung lawet, dengan harga perkilonya yang bisa mencapai jutaan.

Sebenarnya ada banyak hal yang menarik bisa diceritakan ketika kamu pergi berlibur di Kebumen. Jangan mikir dulu, emang ada apa di Kebumen? mending ke Jogja saja. Namun, tidak ada salahnya sbelum ke Jogja yang hits dengan Gudegnya, kamu mampir dulu sehari atau dua hari di Kebumen. Kabupaten kecil yang memiliki sejuta kekayaan. Kata temen, Kebumen itu "Mutiara tanah jawa".

Silahkan Baca :  ADA 7 FAKTA saat Mengulik KULINER KEBUMEN, SOTO KORED

Seperti tadi yang saya bilang, jika Jogja punya Gudeg dengan sayur nangkanya yang manis, Kota yang khas dengan burung lawet ini juga mempunyai makanan yang khas. Apalagi untuk dijadikan menu sarapan. Hmm, menu sarapan pagi yang nikmat Khas Kebumen tersebut adalah Nasi Penggel. Gurihnya Nasi Penggel bener-bener nikmat banget.Pelafalan kata penggel itu seperti kamu mengucapkan kata pesek pada huruf e -nya.

Nasi Penggel ini unik, asal temen-temen tau, keunikan nasi penggel ada pada bentuk nasinya. Bentuknya menyerupai bola pingpong, sekali makan bisa menghabiskan 7-10 bola nasi. Tapi itu tergantung tingkat kelaparan dari perutmu. Jika cacing diperut sedang sadis-sadisnya, bisa saja habis 20 bola nasi. Hehehe...

Sejarah Kuliner Nasi Penggel Kebumen

Terciptanya Nasi Penggel, tidak jauh dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Dimulai pada 1948, Kali Kemit yang berada di Kebumen menjadi garis pemisah antara wilayah yang dikuasai Belanda dan Indonesia.

Ketika Indonesia berusaha merebut wilayah yang masih dikuasai Belanda, terjadi pertempuran sengit di Kali Kemit. Dalam pertempuran tersebut banyak yang gugur dari kalangan pelajar dan santri, dulu bernama AOI (Angkatan Oemat Islam).

Silahkan Baca :   Ayam Es Bening, Oleh-oleh Khas Kebumen yang sangat Kental dengan Nilai Sejarah

Untuk membantu masalah konsumsi, warga beramai-ramai mensuplai kebutuhan pangan para prajurit yang bertempur melawan penjajah. Nah, untuk memudahkan dalam proses pendistribusian, Nasinya dibuat bulat-bulat, bahasa jawanya di kepeli. Dari situlah seluk beluk nasi penggel.

Uniknya Kuliner Nasi Penggel Kebumen

Kuliner khas Kebumen ini tergolong unik. Karena Nasi Penggel disajikan dengan daun pisang, biasanya kita sebut dengan pincuk. Sendoknya pun menggunakan daun pisang, itu pun jika kamu bisa menggunakannnya dan tidak terburu-buru. Namun, jika susah, bisa menggunakan sendok biasa.

Selain itu, jelas keunikannya ada di Nasinya, nasinya dibentuk bulat-bulat menyerupai bola ping-pong. Meskipun saat dimakan akan dihancurkan agar memudahkan dalam mengunyahnya.

Rasa dari nasi penggel sendiri lebih ke gurih, khas banget dengan lidah Jawa Tengah. Karena biasanya rasa gurih nasi penggel berasal dari saat proses pembuatannya, dengan di olesi minyak kelapa. Ditemani lauk kikil yang ukuranya jumbo, tapi kamu bisa minta untuk dipotong kecil-kecil. Sensasinya terasa, kalau kikilnya dibiarkan jumbo. Sayurnya adalah santan lodeh yang dicamput nangka serta daun singkong.

Silahkan Baca :   Nikmatnya Tempe Mendoan

Adapun lauk nasi penggel adalah kulit dan jeroan sapi seperti babat, iso, kikil, jantung, ginjal, paru. Menu lainnya adalah telur, tahu dan jangan sampai lupa tempe mendoannya.

Kuliner Khas Kebumen : Gurihnya Nasi Penggel
Diasporaiqbal.com

Para penjual menaruh Nasi penggel di dalam bakul nasi yang tiap tumpukannya dilapisi dengan lembaran daun pisang. Banyak yang tiap pagi menyempatkan mampir untuk menikmati nasi penggel, bukan hanya penduduk lokal kebumen saja, namun wisatawan yang sedang berlibur di Kebumen pun tidak mau ketinggalan untuk menikmati gurihnya Nasi penggel sebagai menu sarapan pagi nikmat khas kebumen ini.

Lokasi Kuliner Nasi Penggel Kebumen

Kuliner Nasi Penggel lokasinya berada di Dukuh Gunungsari, Desa Pejagoan, Kec. Pejagoan, Kebumen.

Jika dari Alun-alun Kebumen, ke Utara, kearah pasar mertakanda, habis itu lurus ke barat sampai menjumpai jembatan tembana. Nah, sebelah barat jembatan Tembana setelah tikungan, disisi sebelah kiri dan kanan sudah menunggu penjual-penjual nasi penggel.

Kalau mau berkunjung untuk menikmati kuliner nasi penggel kebumen sebaiknya sekitar Pukul 06.00 - 07.00 Pagi, terutama untuk hari-hari libur. Karena biasanya di hari tersebut pukul 08.00 sudah habis.




Mungkin beberapa diantara pembaca sudah pernah mencoba ke Kebumen dan menimati Kuliner Khas Kebumen Nasi Penggel ini? bagaimana rasanya? Gurihnya Nasi Penggel bener-bener enak tho..

Jadi POKOKNYA yaaa, kalau sedang berkunjung ke Kebumen jangan sampai tidak untuk MENIKMATI NASI PENGGEL!! RUGI deh!!

Silahkan Baca :  

  

Oleh Yogi Permana
Foto. Diasporaiqbal.com 
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar