Skip to main content

Menikah Mendatangkan Rezeki

Menikah Mendatangkan Rezeki - Hari ini saya pulang kerja agak cepet, yang biasanya maghrib. Sore ini pulang jam lima'an, kemudian saya mampir ke Angkringan di deket kantor bareng seorang temen sambil menunggu hujan reda.
Di Angkringan kita ngobrol- ngobrol dengan bapak penjualnya.
Bapak penjualnya berasal dari Jogja, tepatnya Wonosari. 

Dari obrolan tadi ada yang menarik, yakni mengenai pekerjaan dan mengenai istri (pernikahan). Soal pekerjaan, Bapaknya bilang " Saya ko kurang suka dengan pekerjaanmu?lebih enak usaha sendiri" begitu kata bapaknya. Di pikir-pikir memang paling enak usaha sendiri, karena kita yang mengatur waktu bukan waktu mengatur kita.

Kemudian obrolan tiba-tiba sampai di Bab istri atau nikah. Bapaknya nanya "kamu itu udah istri blm?kalau belum msti sehari kamu bisa menghabiskan 50.000, tapi beda jika kamu sudah punya istri ataupun anak. Bedanya bisa lebih ngirit, karena pikiran kita tidak lagi untuk diri sendiri tapi juga untuk istri."
Saya dan temanku hanya terpaku dan terbengong, karena dari kita belum ada yang berkeluarga. Sedang asyiknya ngobrol, datang pelanggan lain yang kemudian saya dan temen saya pulang karena sudah maghrib.

Memang benar bahwa menikah itu mendatangkan rezeki, karena banyak dalilnya. Allah sendiri yang mengatakan,

Mari kita mulai dengan ayat suci Al Qur’an sbb
“Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. JIKA MEREKA MISKIN ALLAH AKAN MENGKAYAKAN MEREKA DENGAN KARUNIANYA. Dan Allah Maha Luas (pemberianNya) dan Maha Mengetahui. QS An-Nuur:32"

Berkaitan ayat tersebut, Umat bin Khattab ra berkomentar,
“Aku heran dengan orang yang tidak mau mencari kekayaan dengan cara menikah. Padahal Allah berfirman : Jika mereka miskin, maka Allah akan membuat mereka kaya dengan Keutamaan-Nya"


Nabi saw juga menguatkan ayat tersebut. Sabda beliau,
Dari Aisyah, “Nikahilah olehmu kaum wanita itu, maka sesungguhnya mereka akan mendatangkan harta (rezeki) bagi kamu¨
Sabda beliau yang lain:
“Kawinkanlah orang-orang yang masih sendirian diantaramu. Sesungguhnya, Allah akan memperbaiki akhlak, meluaskan rezeki, dan menambah keluhuran mereka”

Menikah sudah menjadi fitrah manusia, untuk menjaga diri dari zina. 

Baca Juga :  Coretan di hari guru nasional
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar