Skip to main content

Apa itu Graphene?

Waow......, kata yang pantas saya ucapkan buat para ilmuwan fisika. Karena mereka telah menemukan sebuah lapisan yang sangat tipis. Lapisan yang sangat tipis ini dinamakan Graphene. Material ini terbuat dari satu lapisan atom karbon yang diperoleh dari grafit. Graphene merupakan zat yang terdiri dari karbon murni, dengan atom diatur dalam pola heksagonal biasa mirip dengan grafit , tetapi dalam lembaran satu atom tebal. Hal ini sangat ringan, dengan selembar 1 meter persegi beratnya hanya 0,77 miligram.
Sebenarnya apa sih yang membuat Graphene menjadi spesial??
1. Dari susunannya, Material ini tersusun dari satu lapis atom karbon. Tapi Graphene bisa dimanipulasi menjadi material tiga dimensi.
2. Graphene mempunyai sifat charge fractionalization, yang sangat penting untuk komputasi masa depan.
3. Karena begitu tipisnya, Graphene murni kelihatan transparan yang membuatnya bisa menjadi material pelapis.
4. Meskipun sangat tipis, material ini mempunyai kekuatan 200 kali baja. 

Selain itu Graphene juga mempunyai keuntungan atau manfaatnya, yaitu :
1. Pembuatan microchip dengan kecepatan 1.000GHz, jauh lebih kencang dari nicrochip berbasis silikon
2. Karena Graphene sangat tipis, material ini dapat menggantikan lapisan transparan indium oksigen di sel surya.
3. Pengganti plastik
4. dapat digunakan dalam pembuatan komputerberbasis Graphene. komputer ini bisa menyimpan data jauh lebih besar dibanding menggunakan material konvensional.
5. Ultrakapasitor berbasis graphene bisa menyimpan energi jauh lebih efisien sehingga kapasitas baterai jauh lebih besar. Bayangkan saja laptop bisa seharian menyala tanpa di charge.
6. Transistor berbasis graphene bekerja jauh lebih efisien ketimbang transistor silikon. Graphene bisa bekerja pada frekuensi yang lebih tinggi sehingga ga bisa bekerja jauh lebih kencang lagi.
7. Para peneliti di Stanford University telah mengembangkan Organic LED (OLED) dengan konduktor graphene. Hasilnya layar OLED graphene jauh lebih tipis dan lentur.


pustaka: http://en.wikipedia.org/wiki/Graphene
              http://edisi.harian.detik.com/?xml=Pagi&iid=73998#folio=20
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar