Skip to main content

Belajar Tentang Proses Pembentukan Tanah



     Proses terbentuknya tanah tidak lain karena adanya proses pelapukan. mulai dari batuan, daun, kayu, dan masih banyak lagi. Batuan dapat menjadi tanah karena pelapukan. Batuan akan mengalami pelapukan disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya cuaca dan kegiatan makhluk hidup. Faktor cuaca misalnya suhu dan curah hujan. Pelapukan yang disebabkan oleh faktor cuaca ini disebut pelapukan fisika. Pelapukan karena faktor makhluk hidup misalnya pepohonan dan lumut. Pelapukan yang disebabkan oleh makhluk hidup dinamakan pelapukan biologi.

1.      Pelapukan fisika
Pelapukan fisika disebabkan oleh berbagai faktor alam. Faktor alam itu antara lain: angin, air, perubahan suhu, dan gelombang laut. Angin akan mengakibatkan batuan mengalami erosi. Erosi batuan mengakibatkan terjadinya padang pasir. Perubahan suhu dapat mengakibatkan pelapukan batuan. Jika suhu panas batu akan mengembang dan jika suhu dingin batu akan menyusut kembali. Perubahan ini terjadi terus menerus antara sianga dan malam yang lama kelamaan dapat membuat abtuan itu pecah.
Batuan yang terkena air terus menerus juga akan retak dan pecah. Sebagai contoh gelombang laut yang menghantam batu karang secara terus – menerus mengakibatkan batuan tersebut terkikis sedikit demi sedikit.

2.      Pelapukan biologi
Pelapukan biologi diakibatkan oleh tumbuhan atau lumut yang menempel di permukaan batuan akan menimbulkan lubang – lubang pada batuan tempatakarnya melekat. Lubang – lubang ini lama – kelamaan bertambah besar dan banyak. Yang akan mengakibatkan batuan tersebut  hancur.


3.      Pelapukan kimia
Pelapukan kimia merupakan proses penghancuran batuan dengan mengubah susunan kimia batuan yang terlapukan. Pelapukan kimia juga biasa disebut dekomposisi. Pelapukan kimia dibedakan menjadi dua, yaitu
a.       Proses oksidasi
Proses oksidasi merupakan proses pelapukan oleh zat oksigen. Misalnya besi karatan, ini disebabkan karena besi bereaksi dengan oksigen .


b.      Proses hidrolisis
     Proses hidrolisis adalah proses pelapukan oleh air. Ini banyak terjadi di daerah kapur. Batu kapur akan bereaksi dengan air kemudian akan meleleh membentuk endapan. Seperti stalagmite dan stalagtit, goa-goa kapur, dll



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar