Skip to main content

Belajar Dari PELANGI, Keindahan dari Banyak Perbedaan

Belajar Dari PELANGI, Keindahan dari Banyak PerbedaanBelajar Dari PELANGI, Keindahan dari Banyak Perbedaan - Ketika sedang melewati pematang sawah, waktu sehabis hujan, saya melihat cahaya warna-warni yang indah. Semua orang pasti akan tau nama cahaya ini, PELANGI. Memang keindahan pelangi ga diragukan lagi. Dari anak kecil hingga orang  tua pasti akan berdecak kagum dengan ciptaan Yang Maha Kuasa satu ini. Sungguh luar biasa, cahaya melengkung seperti setengan lingkaran dan busur ini bisa berwarna-warni. Ko bisa ya seperti itu.....???
Alhamdulillah karena saya pernah belajar tentang fisika jadi saya sedikit tau tentang proses dibalik terjadinya fenomena yang luar biasa ini.

Fenomena keajaiban alam yang satu ini terjadi karena adanya pembiasaan cahaya pada tetes-tetes air hujan atau uap air. Biasanya terjadi ketika hujan reda dan kemudian panas, maka cahaya matahari yang melewati tetesan hujan akan mengalami pembisaan. Cahaya matahari yang berwarna putih, setelah melewati tetesan hujan akan terurai menjadi beberapa warna dengan panjang gelombang yang berbeda, warna-warna tersebut yaitu Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila dan Ungu. Ketika berbaris dan menjadi sebuah garis lengkung terciptalah keindahan yang luar biasa.
Saat melihat Pelangi saya berpikir, bahwa sebenarnya pelangi memberi kita pelajaran yang berharga tentang sebuah perbedaan. Sekarang saya ingin mengajak sahabat semua berpikir, mulai dari pertama terjadinya pelangi. Sehabis hujan dan kemudian Panas, ini sudah memperlihat perbedaan yang jelas antara panas dan hujan tetapi keduanya saling melengkapi. 

Dari perbedaan keduanya menghasilkan banyak perbedaan yang kemudian tercipta warna-warni yang berbeda. Tetapi dari banyak perbedaan tersebut tercipta sebuah keindahan membuat orang yang melihatnya akan merasa bahagia, tenang dan damai. 
Kita yang sebagai manusia yang katanya lebih sempurna harusnya mampu lebih dari sekedar pelangi, dari berbagai macam perbedaan kita, harusnya mampu mempererat dan memunculkan keindahan yang lebih.
Bukan malah kita mempermasalahkan perbedaan dan tak menyatukan, karena itu keindahan, rasa tenang, damai pun akan pergi menjauh dan menghilang. Makanya banyak terjadi perselisihan antara teman, sodara, dan lingkungan sekitar. 

Alam telah memberi kita pelajaran tentang keindahan dari perbedaan, sudah seharusnya kita terapkan. Yang Maha Esa menciptakan sesuatu tidak ada yang tidak mengandung pelajaran.

Marilah mulai dari sekarang gunakan logika dan kesadaran kita untuk memunculkan keindahan dengan memahami teman, sodara, dan lingkungan. Dengan demikian kehidupan yang tenang, damai, harmonis pasti akan tercipta. 

Semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan renungan buat kita semua...^ ^



Terima kasih telah membaca artikel Belajar Dari PELANGI, Keindahan dari Banyak Perbedaan
 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar