Skip to main content

Kebun Buah Mangunan Yogyakarta - Berdiri Diantara Langit dan Bumi

Artikel traveling dari atmosferku.blogspot.com tentang Kebun Buah Mangunan Yogyakarta - Berdiri Diantara Langit dan Bumi  semoga bermanfaat dan menambah pilihan destinasi traveling para pembaca.


Kebun Buah Mangunan Yogyakarta - Berdiri Diantara Langit dan Bumi
                                                                            Wisataku.net

Hawa sejuk udara,  dengan pancaran sinar sang surya, membelakakan mata dengan takjub akan panorama indah yang disajikan oleh wisata alam sekaligus wisata agro ini. Diujung pandangan, terlihat gugusan pegunungan yang kokoh berderet dengan akrabnya. Tak hanya enaknya pemandangan dimata tapi juga enaknya buah dimulut, hmm.. nikmatnya buah segar yang baru saja dipetik dari pohonnya.  Dimanakah gerangan wisata ini berada? Tak lain dan tak bukan, wisata ini merupakan Kebun Buah Mangunan yang terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, DI. Yogyakarta.  Disini kita dapat menikmati dua hal sekaligus yakni menikmati panorama alamnya serta menikmati segarnya buah yang baru dipetik langsung dari pohonnya. Ya, disini kita dapat langsung menikmatinya. Asiiik pastinya … Masa sih?

Yogyakarta memang propinsi yang menawarkan banyak pilihan wisata, tak hanya dengan Keraton dan Malioboronya. Tetapi juga dengan Pantainya, gunungnya, waduknya, curug/ air terjunnya, museumnya, adat istiadatnya, kulinernya, serta agro wisatanya, dan masih banyak yang lainnya. Untuk menikmati semuanya sebulan pun terasa belum cukup. Salah satu wisatanya adalah yang berada di daerah Bantul ini, Kebun Buah Mangunan.  Lokasi wisata yang bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih satu jam dari pusat kota Yogyakarta ini dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Bantul pada tahun 2003 diatas ketinggian 150 - 200 meter di atas permukaan air laut.

Apa yang menjadi objek unggulan wisata Kebun Buah Mangunan Yogyakarta?

Semua objek wisata di Kebun Buah Mangunan merupakan unggulan, tetapi yang banyak dicari oleh wisatawan adalah keindahan panorama alamnya, nah di puncak Kebun Buah Mangunan menyajikan pemandangan deretan pegunungan yang terbentang langsung di bawah langit yang membiru serta dengan lekukan sungai Oyo sebagai garnisnya. Sehingga semakin menambah decak kagum akan keagungan  dari Sang Maha Pencipta ini. Disini travelers bisa mengambil foto-foto untuk memenuhi beranda instagram, twitter, facebook maupun medsos yang lainnya. Sudah banyak travelers yang melakukannya, membuat Kebun Buah Mangunan semakin populer.


Kebun Buah Mangunan Yogyakarta - Berdiri Diantara Langit dan Bumi
Gugusan bukit dan pegunungan                                  Photo By Yogi Permana

Kebun Buah Mangunan Yogyakarta - Berdiri Diantara Langit dan Bumi
Lekukan Sungai Oyo                                                       Photo By Yogi Permana

Kebun Buah Mangunan Yogyakarta - Berdiri Diantara Langit dan Bumi

Terasa Berdiri Diantara Langit dan Bumi                      Photo by Yogi Permana

Dan buat para travelers yang gemar sepeda gunung, di Kebun Buah Mangunan ada dua lintasan trek sepeda gunung sehingga melengkapi keberadaan obyek wisata ini. Lintasan yang pertama sepanjang 2.300 m khusus untuk downhill dan lintasan kedua sepanjang 3.800 m untuk kelas cross country.


Sedangkan untuk area wisata yang berada di bawah, dapat travelers gunakan untuk bersantai sambil menikmati buah yang masih segar bersama orang terdekat kita (keluarga, istri, ataupun dengan para sahabat) karena Kebun Buah Mangunan memiliki fasilitas cukup beragam seperti,

-     Aula besar yang mampu menampung sekitar 300 orang,

-     Aula sedang yang mampu menampung sekitar 100 orang,

-     2 Bangunan Pendopo untuk bersantai,

-     Area kemah ada 3 tempat dengan luas 1 Ha serta arena bermain anak.

-     Kolam pemancingan ada 1 tempat,

-     Kolam renang anak-anak ada 2 tempat,

-     Area outbond, sarana outbond (flying fox, reflying, dll),
-     Pondok untuk menginap ada 2 pondok,
-     Gazebo, joglo, mushola,
-     Kamar mandi, parkir luas, kebun aneka buah, peternakan,

Kebun Buah Mangunan memiliki beberapa koleksi tanaman buah yang jika beruntung, para travelers bisa menikmatinya.


Kebun Buah Mangunan Yogyakarta - Berdiri Diantara Langit dan Bumi
Kebun Durian di Kebun Buah Mangunan                   Photo by Yogi Permana

-    Durian ada sekitar 1500 pohon,
-    Jambu air ada sekitar 300 pohon,
-    Jeruk ada sekitar 220 pohon,
-    Mangga ada sekitar 950 pohon,
-    Ternak sapi ada sekitar 40 ekor.
-    Dan ada tanaman lain yang belum disebutkan karena luasnya area kebun mangunan ini.

Di obyek wisata Kebun Buah Mangunan ini travelers akan merasa seperti berdiri diantara langit dan bumi karena saat berada di puncaknya, terutama pada pagi hari, akan terlihat awan seperti berada di bawah kita

Kebun Buah Mangunan Yogyakarta - Berdiri Diantara Langit dan Bumi
                                                                                               Wisatapedi.com

Bagaimana kondisi jalan Menuju Kebun Buah Mangunan?

Bagi Travelers yang suka dengan kondisi jalan menantang, mungkin jalan menuju Wisata Kebun Buah Mangunan cukup memuaskan dan bagi travelers yang lebih bermain savety, jalanan menuju Kebun Buah Mangunan juga cukup savety. Jalanan yang menanjak, dan kanan kiri jurang menjadi tantangan tersendiri, konsentrasi dan kendaraan yang prima sangat diperlukan. Tetapi tenang, jalanan dari pusat Kota Jogja sampai Kebun Buah Mangunan sudah beraspal halus, walaupun begitu disarankan untuk tetap berhati-hati serta waspada.
 

Untuk sampai puncak ada dua jalur, jalur yang dapat dilalui kendaraan roda dua dan jalur yang dilalui untuk pejalan kaki. Tetapi disarankan untuk melewati jalur pejalan kaki, karena travelers bisa menikmati perjalanan secara eksklusif, melewati jalur bukit dengan batuan purba yang menempel. Disni bisa sambil mengabadikan momen, seperti foto-foto dengan keluarga, istri maupun sahabat. Selain itu travelers juga dapat menikmati hembusan angin yang bergesekan dengan daun dan ranting yang menyejukkan serta menimbulkan bunyi yang natural, menambah rasa tenang para travelers. Buat yang gampang capek, tenang saja karena ada beberapa pos peristirahatan. Letih dalam perjalanan akan hilang seketika, tatkala sampai di puncak dengan disambut bentangan indah langit, pegunungan dan aliran sungai Oyo.


Berapa Harga Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan Yogyakarta?

Tarif masuk Wisata Kebun Buah Mangunan cukup murah, seharga Rp 5.000,- per orangnya.


Apa Saran buat para Travelers yang akan ke Kebun Buah Mangunan?

Berikut beberapa saran agar bisa menikmati Wisata Kebun Buah Mangunan dengan maksimal :

  • Jika menggunakan kendaraan sendiri, siapkan kondisi kendaraan dengan baik mulai dari rem sampai mesin. Karena jalan menanjak, tak jarang kendaraan tak kuat menanjak.
  • Membawa obat pribadi jika travelers mempunyai riwayat sakit
  • Memakai kostum atau baju sewajarnya, karena beberapa kali saya melihat travelers terutama wanita yang naik bukit berbatu memakai sepatu berhak tinggi, wedges, dan sejenisnya. Karena hanya akan menyulitkan perjalanan.
  • Datanglah di waktu yang tepat, pagi hari akan melihat kabut tebal berada dibawah para travelers dengan dihiasi pesona sunrise, atau sore hari dengan pesona sunsetnya. Camping juga akan menarik, travelers akan menimati indahnya gugusan bintang di langit jika cuaca cerah.
  • Membawa minum ataupun makanan secukupnya, tidak lucu kan kalau lagi dalam perjalanan repot karena banyaknya makanan yang dibawa.
  • Membawa kantong kresek kosong sebagai tempat sampah.
  • Yang terpenting kamera untuk mengabadikan momen terindah.

Catatan buat para travelers/ wisatawan!! jangan sampai merusak keindahan alam dengan cara melakukan aksi vandalism atau mencorat-coret bebatuan purba atau fasilitas di Kebun Buah Mangunan, Tidak membuang sampah sembarangan, dan tidak melakukan tindakan asusila.

Demikianlah artikel dari atmosferku.blogspot.com mengenai Kebun Buah Mangunan Yogyakarta - Berdiri Diantara Langit dan Bumi. Semoga dapat memberikan pilihan menarik dari beberapa wisata mengenai akan kemana destinasi wisata anda. Jika Anda menyukai informasi ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau bekomentar di bawah ini sehingga bisa menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar