Skip to main content

Membuat Mudah Lampu Lava Sederhana

Mempelajari praktikum-praktikum Ilmu Pengetahuan yang sederhana bersama anak-anak akan sangat membantu saraf motorik anak-anak. Pada kali ini atmosferku.blogspot.com menuliskan tentang praktikum atau percobaan untuk membuat Lampu Lava. Atau bahasa kerennya lava Lamp

Membuat Mudah Lampu Lava Sederhana


Pasti pernah melihat lampu-lampu seperti gambar di atas, menyala berwarna-warni dengan gelembung-gelembung yang menambah indah nyala lampu. Lampu di atas yang namanya lampu lava, nah pada percobaan kali ini atmosferku akan membuat lampu lava sederhana dengan bahan-bahan yang terjangkau.

Yuk mempelajari bersama bagaimana cara mudah dalam membuat lampu lava dengan percobaan sains yang menyenangkan menyenangkan ini untuk anak-anak. Bahan-bahan dan alat-alatnya pun tidak terlalu sulit, hanya menggunakan alat rumah tangga sederhana seperti minyak sayur, pewarna makanan, Alka-Seltzer dan botol untuk menciptakan reaksi kimia dan bola funky warna yang bergerak di sekitar botol seperti lampu lava nyata.

Apa yang akan anda butuhkan
  • Air
  • Sebuah botol plastik bening
  • Minyak sayur
  • Pewarna makanan
  • Alka-Seltzer (atau tablet yang jika dimasukkan ke dalam air akan mendesis dan mengeluarkan gelembung-gelembung udara)

BACA JUGA :


Apa yang harus dilakukan

  1. Tuang air ke dalam botol plastik sampai sekitar seperempat penuh (saat mengisi air ke dalam botol, gunakanlah corong agat tidak tumpah).
  2. Tuangkan minyak sayur sampai botol hampir penuh.
  3. Tunggu sampai minyak dan air saling terpisah.
  4. Kemudian tambahkan pewarna makanan ke botol (pilih warna yang disukai).
  5. Lihatlah pewarna makanan yang jatuh melalui minyak dan kemudian bercampur dengan air.
  6. Potong tablet Alka-Seltzer menjadi potongan-potongan yang lebih kecil (sekitar 5 atau 6) dan masukan satu potongan tablet ke dalam botol, hasilnya akan seperti lampu lava nyata!
  7. Ketika gelembung berhenti, tambahkan kembali sepotong Alka-Seltzer dan menikmati pertunjukan!

Apa yang terjadi?

Jika Anda sudah mencoba eksperimen minyak dan air,  akan diketahui bahwa keduanya tidak bercampur dengan sangat baik. Minyak dan air yang ditambahkan ke botol akan terpisah satu sama lain, dengan minyak di atas karena memiliki kerapatan yang lebih rendah daripada air. Pewarna makanan yang dimaasukan ke botol akan jatuh melalui minyak dan bercampur dengan air di bagian bawah minyak. kemudian ketika  potongan Alka-Seltzer dicelupkan ke dalam air akan menghasilkan gelembung kecil berisi gas karbon dioksida, kemudian gelembung yang naik ke atas dan akan mengambil beberapa air berwarna. gas lolos saat mencapai bagian atas dan air berwarna jatuh kembali ke bawah. Alasan Alka-Seltzer fizzes dikarenakan karena mengandung asam sitrat dan baking soda (sodium bicarbonate), dua bereaksi dengan air untuk membentuk natrium sitrat dan gas karbon dioksida (mereka adalah gelembung yang membawa air berwarna ke atas botol).

Menambahkan lebih banyak Alka-Seltzer ke botol, akan menghasilkan reaksi menjadi lebih lama sehingga dapat menikmati lampu lava yang funky lebih lama. Jika Anda ingin menunjukkan pada seseorang tentang percobaan ini, kemudian kita harus menambahkan lebih Alka-Seltzer. Setelah selesai semua


Demikianlah artikel dari atmosferku.blogspot.com tentang Membuat Mudah Lampu Lava SederhanaAnda menyukai dan juga bermanfaat untuk yang lain informasi ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini sehingga bisa menjadi referensi bagi sahabat semua di jejaring sosial Anda. Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar