Skip to main content

INILAH 7 PANTAI YANG HARUS KAMU KUNJUNGI JIKA KE KEBUMEN

Atmosferku.com - Kebumen merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang berada di pesisir dan berbatasan langsung dengan Samudra Indonesia. Karena lokasinya yang berbatasan langsung dengan Samudra, Kebumen mempunyai potensi wisata pantai yang luar biasa. Kabupaten yang masuk kategori termiskin di Jawa Tengah ini ternyata mempuyai wisata pantai yang jika dikelola dengan baik akan menghasilkan nilai kekayaan alam yang bisa memberi kemakmuran. Wisata Pantai dengan deretan pegunungan ini tak kalah indahnya dengan Pantai di Provinsi tetangga yakni Yogyakarta. Sudah banyak yang mengakui keindahan alam kabupaten Kebumen, terutama untuk Pantainya. Berikut atmosferku.com menyajikan Inilah 7 Pantai Yang Harus Kamu Kunjungi Jika Ke Kebumen.

1. Pantai Lembupurwo

Photo by Yogi Permana

Pantai lembupurwo merupakan satu-satunya Pantai yang terletak di Kabupaten Kebumen yang masih memiliki Gumuk Pasir. Pantai Lembupurwo berada di Kecamatan Mirit, Kebumen. Ada beberapa Gumuk Pasir yang bisa traveler nikmati, setelah menikmati Gumuk pasir, traveler akan dihadapkan dengan sebuah aliran sungai yang membelah Gumuk Pasir dengan area Pantai Lembupurwo. Liukan-liukan aliran sungai membentuk sebuah laguna yang aduhai. Laguna inilah yang menjadi salah satu daya pikat wisatawan. Sehingga seringkali Pantai Lembupurwo disebut juga Pantai Laguna Mirit.


Selain Laguna dan Gumuk Pasir yang menjadi pesona, Pantai yang terletak di Kebumen bagian timur ini juga menyajikan kesejukan dari deretan rindangnya Pohon Cemara. Disini para traveler bisa bersantai menikmati angin sejuk yang menembus melewati Pohon Cemara sambil menikmati Mendoan anget. Nah, jika meu berjalan ke arah timur dari Hutan Cemara, traveler akan disuguhi dengan bentangan Bunga Api yang khas dengan iklim Pantai.

2. Pantai Bocor
Photo by Yogi Permana

Pasti kita akan mikir, apa yang bocor sampai nama Pantainya adalah Pantai Bocor? Bukan Pantainya yang Bocor melainkan karena Pantai ini dekat dengan Desa Bocor, Kebumen. Meskipun Pantai ini sebenarnya terletak di Desa Setrojenar, Kebumen. Pantai Bocor memang sedikit kalah dengan pantai-pantai di Kebumen. Namun, ada hal menarik yang kita temui di Pantai ini. Selain deburan ombak yang cukup besar. Terkadang kita akan menemui orang-orang sekitar yang mencari hewan Undur-Undur untuk dijadikan gorengan semacam peyek. Rasanya yang nikmat menjadi khas tersendiri bagi masyarakat sekitar. Kita juga bisa belajar menangkap dari para pemburu Undur-Undur.


Selain itu, yang disukai di Pantai Bocor ini ketika datang sore hari. Jika beruntung, traveler akan disuguhi pemandangan sunset yang menawan. Inilah salah satu daya tarik Pantai Bocor Kebumen. Tak hanya sunset, sunrise disini juga tidak kalah menawan. Pokoknya tidak salah jika Pantai Bocor jadi destinasi wisata bagi para pemburu Sunrise dan sunset. Keseluruhan, wisata ini sangat cocok untuk piknik bersama keluarga. Tapi disarankan berhati-hati jika mandi disini, ombaknya yang besar bisa menyeret. Jad lebih baik di pantainya saja.


3. Pantai Petanahan

Photo from Ig @noviirocma

Bergerak ke barat Kebumen, kita akan mendapati mbahnya Pantai. Kenapa bisa jadi Mbahnya Pantai Kebumen? karena dulu, tiap lebaran tuh belum lengkap kalau belum ke Pantai Petanahan. Pantai yang terletak di Kecamatan Petanahan, Kebumen ini sangat ngehits di era 90'an. Namun pesonanya redup karena ulah oknum-oknum preman yang sering memalak pengunjung. Menjadikan Pantai Petanahan bukan pilihan utama lagi. 


Jangan salah, sekarang Pantai Petanahan telah berbenah. Sudah bisa dinikmati kembali tanpa takut adanya gangguan preman. Bentangan luas Pantai Petanahan menjadi sensasi tersendiri, deburan ombaknya layaknya alunan musik yang menghipnotis telinga kita. Selain itu bagi yang suka dengan mitos Nyi Roro Kidul, di Pantai ini bisa ditemui cerita-ceritanya sambil berbincang di warung yang dekat dengan Pantai. Karena mitos Nyi Roro Kidul sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. 

Keseluruhan, sekarang Pantai Petanahan begitu nyaman, asik buat piknik bersama keluarga. Deburan ombak, pohon-pohon khas pantai, rindangnya pohon cemara, bermain pasir pantai, semua akan bisa para traveler nikmati bersama orang-orang terdekat.


4. Pantai Suwuk

Photo from Ig @jeffery_musthofa
Salah satu Pantai yang diandalkan oleh pemerintah di Kabupaten Kebumen adalah Pantai Suwuk. Namun, dengan berjalannya waktu, Pantai Ini kalah dengan Pantai-Pantai baru yang muncul dengan pesonanya masing-masing. Tapi jangan salah, Pantai Suwuk mempunyai keunikan tersendiri. Disini menjadi surganya para pemancing. Berbatasan langsung dengan sungai, menjadi primadona bagi pemancing. Traveler juga bisa menggunakan jasa prahu untuk menyusuri sungai tersebut. Perlu diingat jangan pernah berenang di pertemuan antara sungai dengan laut. Berbahaya!!


Selain ombak yang aduhai dengan deburannya, di Pantai Suwuk juga disediakan beberapa wahana yang asik seperti kolam renang anak yang ditengah-tengahnya berdiri sebuah Pesawat yang besar. Bisa dinaiki pula. Jadi sangat pas jika Pantai suwuk dijadikan wisata pilihan bersama dengan keluarga tercinta. Pedagang disini juga sudah tertata dengan rapi.

5. Pantai Pecaron

Photo from Ig @nofi_astuti
Pantai pecaron masih satu jalur dengan Pantai Suwuk, memang sih pantai di Kebumen semuanya satu jalur jadi aksesnya sangat mudah. Tinggal lurus saja sudah bisa menemui banyak pantai. Salah satunya Pantai Pecaron. Pantai ini juga dikenal dengan Pantai Srati karena lokasinya yang terletak di Desa Srati, Kecamatan Ayah, Kebumen. Pantai Pecaron mempunyai nuansa tersendiri, Pantaiyang dikelilingi oleh pegunungan hijau dengan batu karang-batu karang yang tegak berdiri diterpa deburan ombak. Pasir besi juga akan wisatwan temui di Pantai Pecaron, namun jangan sekali-sekali merusaknya. 

Sungai yang mengalir dan bermuara juga menjadi keindahan tersendiri ditengah-tengah pasir seperti membelah bukit, ada di Pantai Pecaron. Nuansa hijau begitu kental disini, bersandar di batu karang dengan berfoto ria. Namun perlu hati-hati dengan ombak yang membentur batu karang. Tetep waspada! 

6. Pantai Surumanis

Photo from Ig @diezdiez_
Pantai Surumanis menjadi Pantai yang menantang di Kabupaten Kebumen. Karena medan yang dilalui cukup berat. Namun pagi anda yang hobi tracking, harus mencoba medan extreme Pantai Surumanis. Pantai ini lebih tersembunyi, dibuktikan dengan beratnya medan yang dilalui. Melewati jalan terjal nan sulit menjadikan Pantai ini sedikit dikunjungi wisatawan. Tetapi jangan takut, karena keindahannya akan membayar rasa lelah anda. Udara sejuk pegunungan langsung memberikan energi tersendiri ketika lelah melewati bukit yang terjal. Kondisi yang masih sepi, alami, dan bersih akan membuat anda ingin berlama-lama memanjakan diri disini. 

Pasir yang hitam kecoklatan dan rindahnya pohon serta hijaunya pegunungan menambah sensasi Pantai Surumanis. Namun jangan lupa untuk menikmati keindahan pantai surumanis ketika menuruni bukit terjalnya. Dari atas bukit anda bisa terkesima dengan pemandangannya. Karena sulitnya medan, tidak disarankan bagi anak-anak dan lansia.

Oh ya, Pantai Surumanis terletak di Desa Pasir Kecamatan Ayah, Kebumen. Desa ini berbatasan langsung dengan Pantai Pecaron. Jadi setelah dari Pantai Pecaron jangan lupa kunjungi Pantai Surumanis atau sebaliknya.

7. Pantai Menganti

Photo by Yogi Permana
Pantai yang menjadi primadona di Kabupaten Kebumen adalah Pantai Menganti. Juga menjadi surganya pantai di Kebumen. Kenapa bisa dikatakan begitu? karena keindahannya lah makanya dikatakan demikian, bahkan digadang-gadang menjadi pantai terindah di Jawa Tengah. Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kebumen. Pasir pantainya yang berwarna putih serta terdapat panorama perbukitan juga tebing karst yang indah. Bentang alam berupa perbukitan memang sedikit menyulitkan untuk mengakses pantai ini. Sebelum mencapai pantai melalui jalan yang berlika-liku, meski demikian pemandangan tetap menakjubkan. Pegunungan karst yang indah berbukit kerucut, dan laut yang sesekali terlihat saat diatas jalan yang merayapi bukit. 

(BACA JUGA : PESONA PANTAI MENGANTI)

Pantai yang sudah masuk dalam daftar Pantai di wikipedia ini menyajikan tebing pantai raksasa yang tinggi dan besar di bagian barat yang dikenal dengan sebutan Tebing Bidadari. Suasana yang khas adalah perahu-perahu nelayan yang berjajar, pantai dengan pasir putih dengan banyak batu karang besar yang dapat digunakan untuk duduk sambil melepaskan pandangan ke arah samudera merupakan suatu kepuasan bagi pengunjung. Satu objek yang perlu dikunjungi saat sampai di pantai Menganti adalah menara mercusuar dan Tanjung Karangbata. Letaknya di timur – tenggara pantai Menganti. 

Pantai yang sangat recomended bagi pecinta Pantai, Pecinta Fotografi, Pecinta Alam, dan penikmat traveling.  

Oleh Yogi Permana | IG: @permanaglobal  | Twitter: @permanaglobal

Demikianlah artikel INILAH 7 PANTAI YANG HARUS KAMU KUNJUNGI JIKA KE KEBUMEN dari atmosferku.com semoga menambah pilhan destinasi wisata anda saat bepergian ke Jawa Tengah, terutama Kabupaten Kebumen. Share ya agar banyak orang tahu bahwa wisata Indonesia di Kabupaten kecil mempunyai potensi yang besar.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar