Skip to main content

Ada 5 SAINS Di Dalam Dapur Saat Mengulik SOTO KORED, Kuliner Kebumen

Ada 5 SAINS Di Dalam Dapur Saat Mengulik SOTO KORED, Kuliner Kebumen
Sedang Melakukan Proses Perebusan                                          Photo oleh Yogi Permana
Atmosferku.com - Memasuki ruang Dapur, tempat pengolahan bahan baku Soto Kored menjadi Soto yang siap disajikan, saya tidak melihat barang-barang yang modern atau mesin-mesin yang modern. Semua peralatan yang digunakan adalah peralatan yang sederhana, tenaganya pun masih menggunakan kalori alias tenanga manusia. Belum menggunakan tenaga robot kaya di Jepang gitu. Hehe...

Memperhatikan keadaan dapur dengan seksama, ada apa aja didalam ruangan tersebut. Adakah sesuatu yang bisa diuraikan menjadi ilmu pengetahuan, terutama Fisika. Dari pengamatan saya, saya mendapatkan 5 Sains atau 5 perilaku Fisika saat mengulik tentang Soto Kored. Sebenarnya ada lebih dari 5, namun saya ambil 5 saja, kalau semuanya nanti dikira serakah dan sombong..hehhee...

Berikut ke-5 Perilaku Fisika tersebut :

=== Ada 5 SAINS Di Dalam Dapur Saat Mengulik SOTO KORED, Kuliner Kebumen ===


1. Energi panas
 
Sudah dipastikan aka ada energi ini, karena di dapur dalam proses memasak ada api, dan api secara harfiah akan mengeluarkan energi panas. Hal tersebut membuktikan bahwa api termasuk salah satu sumber panas.

Api tersebut terlihat pada saat memasak, didalam tungku dari tanah liat terjadi proses pembakaran. Dari proses pembakaran tersebut maka keluarlah api, sehingga akan menimbulkan energi panas. 

2. Adanya Perubahan Kimia

Saat melakukan perebusan bahan baku pembuatan Soto, kita bisa melihat dengan seksama, bahwa pembakaran dilakukan dengan menggunakan kayu bakar bukan dengan gas Lpg. Nah, jika kita amati, kayu yang terbakar akan mengalami perubahan bentuk/ wujud. Dari kayu batangan, menjadi abu. 
Perubahan dari kayu menjadi abu masuk kedalam Perubahan Kimia. Kenapa bisa begitu? karena perubahan kimia merupakan perubahan wujud suatu benda yang menjadi benda yang baru lagi, dan sifatnya kekal. Ketika kayu tebakar dan menjadi abu, maka abu merupakan sebuah benda baru serta tidak mungkin abu menjadi kembali seperti semula.

3. Adanya Konveksi dan Radiasi

Konveksi merupakan suatu perpindahan panas oleh gerakan massa pada fluida dari satu daerah ke daerah lain. Konveksi terjadi apabila panas berpindah melalui zat perantara dengan diikuti zat perantaranya. Misalnya ketika merebus air. Saat air direbus, air pada bagian bawah akan panas terlebih dahulu. Kemudian air bergerak ke atas. Sehingga air yang di atas akan terdorong dan berpindah ke bawah. (Selengkapnya tentang Perpindahan Panas Secara Konveksi)

Konveksi terjadi apabila panas berpindah melalui zat perantara dengan diikuti zat perantaranya. Misalnya ketika merebus air. Saat air direbus, air pada bagian bawah akan panas terlebih dahulu. Kemudian air bergerak ke atas. Sehingga air yang di atas akan terdorong dan berpindah ke bawah.

=== Ada 5 SAINS Di Dalam Dapur Saat Mengulik SOTO KORED, Kuliner Kebumen === 

Sedangkan radiasi merupakan perpindahan panas secara langsung. Misalnya saat kita merasakan panas terik matahari dan kita berada di dekat api unggun, maka badan kita akan terasa hangat. Hal ini terjadi karena panas dari matahari dan api unggun berpindah secara langsung ke badan kita. 

Radiasi juga saya rasakan, kulit perlahan demi perlahan akan terasa hangat dan semakin lama akan terasa panasnya jongkok dihadapan tungku api. Itulah yang dinamakan Radiasi. 

4. Indera Pengecap

Kenapa ada panca indra? karena saat mencicipi Soto Kored, disitulah indera pengecap bekerja, indera pengecap itu apa? namanya Lidah. Sehingga bisa merasakan Soto Kored enak atau kurang pedas atau yang lainnya. 

Jika diamati Lidah masing-masing dengan seksama dihadapan cermin, pasti akan terlihat dipermukaan lidah, kulit-kulitnya tampak kasar. Ada semacam bintil-bintil. Bintil-bintil merupakan tempat ujung-ujung saraf pengecap yang sangat peka terhadap rangsangan rasa makanan atau minuman yang masuk ke dalam mulut. Sehingga bisa tuh merasakan yang namanya Asam, Manis, Asin, Pahit.

5. Cahaya Merambat Lurus 

Menjelang siang, di dalam dapur yang gelap mulai ditembus cahaya, yang memberontak masuk melalui lubang-lubang ventilasi. Terlihatlah seperti cahaya senter dalam gelap, cahayanya lurus. Dan itulah salah satu dari banyak sifat cahaya, yakni Cahaya Merambat Lurus. (Selengkapnya Belajar Tentang Sifat-Sifat Cahaya)

=== Ada 5 SAINS Di Dalam Dapur Saat Mengulik SOTO KORED, Kuliner Kebumen ===

 
Oleh Yogi Permana | IG: @permanaglobal  | Twitter: @permanaglobal

Demikianlah artikel Pengetahuan dari atmosferku.com Berjudul  Ada 5 SAINS Di Dalam Dapur Saat Mengulik SOTO KORED, Kuliner Kebumen. Jika Anda menyukai dan bermanfaat untuk yang lain artikel ini, mohon SHARE YAA dan jangan lupa untuk like, twit atau berkomentar di bawah ini sehingga bisa menjadi referensi bagi sahabat semua di jejaring sosial Anda.
Mari menjadi pahlawan penyebar kebaikan dengan men-SHARE artikel Ini. Semoga rezeki berlimpah untuk sahabat yang sudah menjadi pahlawan penyebar kebaikan. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar