Skip to main content

Memacu Adrenalin dengan Cave Tubing Kali Suci

Bagian depan wisata Kalisuci, Gunung Kidul,Yogyakarta                                        via IG: @aminrahmadi
Atmosferku.com -  Salah satu destinasi wisata di kabupaten Gunungkidul yang saat ini sedang diminati oleh wisatawan, baik domestik maupun manacenagara adalah kegiatan Cave Tubing Kali Suci yang seringkali dibanding – bandingkan dengan kegiatan serupa yang ada di kawasan Goa Pindul yang juga masih berada disekitaran Gunungkidul. Kali Suci tepatnya berada di dusun Jetis, desa Pacarejo, kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi cave tubing yang cukup menantang ini berjarak sekitar 50 km dari pusat kota Yogyakarta atau berjarak sekitar 15 km dari pusat kota Wonosari yang merupakan ibukota kabupaten Gunung Kidul. Perlu untuk anda ketahui bahwa cave tubing adalah kombinasi unik antara olah raga rafting atau arung jeram dengan kegiatan caving atau selusur goa. Untuk anda yang ingin mengikuti kegiatan menarik sekaligus menantang ini, anda hanya cukup membayar biaya retribusi sebesar Rp. 70.000,00 per orang dengan jumlah anggota minimal 5 orang.
Siapa-siap memasuki Goa yang gelap gulita             via IG: @ervila_la
Setelah anda membayar biaya masuk, anda akan langsung diajak menyusuri sungai yang berada di dalam goa. Anda tidak perlu cemas, takut maupun berpikiran negatif karena pemandu akan dengan mendampingi dan membantu anda sepanjang perjalanan hingga berakhir di titik pemberhentian. Di kegiatan Cave Tubing Kalisuci, jarak yang harus anda telusuri sekitar 700 – 800 meter, dan andaakan menyelesaikannya dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Dibandingkan dengan Goa Pindul, Kalisuci memiliki arus air yang tergolong cukup deras. Aliran sungai yang mengalir di dalam goa juga cukup deras sehingga lebih menantang. Oleh karena itu, akan sangat cocok bila anda melakukan aktivitas cave tubing pada saat siang hari yang terik.

Silahkan Baca : Sindu Kusama Edupark, Wahana Baru untuk Bermain dan Belajar di Yogyakarta


Goa ini merupakan tempat paling tepat untuk menjajal aktivitas cavetubing. Arus sungai yang deras lengkap dengan jeram akan menjadikan petualangan air semakin menarik. Sebelum memulai pengarungan, wiatawan wajib mengenakan peralatan standar seperti jaket pelampung, helm, serta pelindung kaki .
Jeram di dalam Goa, melewati bebatuan                                via IG: @luluxpeox
Menggunakan ban bagian dalam, wisatawan akan diajak untuk mengarungi sungai yang mengalir di dalam gua. Istimewanya, di Kalisuci tidak hanya melewati satu gua, melainkan dua gua yang cukup dgelap. Satu-satunya penerang hanyalah cahaya yang berasal dari headlamp. Dan untuk urusan fotografinya, disana sudah ada timnya sendiri, jadi jika wisatawan tidak mempunya kamera yang waterproof bisa tenang.

Istirahat sejenak menjaga kekompakan, abadikan momen tersebut           via IG : @ahmadsyururi
Melewati bebatuan-bebatuan disisi sungai, awas nabarak!!  via IG : @ovi_billiarto
Keluar dari Goa, perasaan puas dan bahagia.    via IG : @areajogja
Apabila anda ingin berkunjung ke tempat ini, disarankan agar datang pada saat hari kerja. Pasalnya, pada saat hari libur maupun akhir pekan, akan terjadi lonjakan pengunjung sehingga membuat suasana menjadi kurang nyaman akibat dari banyaknya orang yang mengantri untuk melakukan cave tubing. Dan, tetaplah berhati-hati untuk melangkahkan kaki karena jalur setapak yang harus anda lalui cukup licin.

Silahkan Baca



Oleh Yogi Permana | IG: @permanaglobal  | Twitter: @permanaglobal

Demikianlah artikel Wisata dari atmosferku.com Berjudul Memacu Adrenalin dengan Cave Tubing Kali Suci. Jika Anda menyukai dan bermanfaat untuk yang lain artikel ini, mohon SHARE YAA dan jangan lupa untuk like, twit atau berkomentar di bawah ini sehingga bisa menjadi referensi bagi sahabat semua di jejaring sosial Anda.
Mari menjadi pahlawan penyebar kebaikan dengan men-SHARE artikel Ini. Semoga rezeki berlimpah untuk sahabat yang sudah menjadi pahlawan penyebar kebaikan. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar