Skip to main content

Candi Prambanan Menawarkan Pesona Sejarah dan Seni

Pelataran Candi Prambanan yang begitu luas                                               (www.atmosferku.com)
Atmosferku.com - Yogyakarta memiliki banyak sekali sebutan, dari mulai kota pelajar, kota budaya, kota pendidikan, kota gudeg hingga kota seribu candi. Khusus untuk sebutan atau julukan yang terakhir tentunya disematkan bukan tanpa alasan. Apakah anda tau alasannya kenapa? Ya, Julukan tersebut disematkan kepada Yogyakarta karena memang di propinsi yang terletak berdampingan dengan propinsi Jawa tengah tersebut memiliki banyak sekali peninggalan bersejarah berupa candi. Beberapa candi memiliki corak Hindu sedangkan sebagian yang lain bercorak Buddha. Nah, di antara sekian banyak bangunan candi yang ada di wilayah Yogyakarta ada satu yang paling terkenal, yakni Candi Prambanan. Candi yang terletak di perbatasan dua daerah, yakni kabupaten Sleman di Yogyakarta dan Klaten di Jawa Tengah tersebut terdiri atas banyak sekali bangunan candi.

Candi Prambanan atau candi yang kita kenal dengan sejarahnya akan Roro Jonggrang adalah satu kompleks candi Hindu yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnahCandi Prambanan sudah dikenal sebagai salah satu destinasi wisata sejarah paling menarik di Yogyakarta sejak berpuluh tahun lalu. Bahkan, tidak sedikit wisatawan, baik domestik maupun mancanegara yang menyebut bahwa kompleks candi Prambanan adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang harus dikunjungi ketika berkunjung atau berwisata ke kota Gudeg. Pasalnya Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia. Di samping itu, setiap candi di kompleks Candi Prambanan juga memiliki hiasan relief yang diukir indah mengelilingi candi. Relief tersebut menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana. 

Saat mengantar Turis lokal berwisata, berfoto disalah satu arca
Kompleks Candi Prambanan berlokasi sekitar 17 KM ke arah timur pusat kota Yogyakarta. Kompleks Candi Prambanan juga seringkali digunakan sebagai tempat pergelaran pertunjukan, salah satunya adalah pertunjukan sendratari Ramayana yang digelar setiap malam dan menjadi salah satu hal yang paling banyak dicari oleh wisatawan.

Akses untuk menukju kompleks candi Prambanan sangatlah mudah karena letaknya yang persis berada di tepian jalan Jogja – Solo. Yang perlu dipertimbangkan hanyalah moda transportasi yang akan dipilih. Jika anda berangkat dari pusat kota Yogyakarta, maka ada cukup banyak opsi yang dapat dipilih, mulai dari angkutan umum hingga kendaraan pribadi. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan menggunakan bus jurusan Klaten maupun Solo sedangkan jika menggunakan kendaraan pribadi, maka waktu tempuh yang dibutuhkan bisa lebih singkat.

puing-puing Candi yang telah roboh
Candi Perambanan salah satu bukti sejarah peradaban di Indonesia yang sangat perlu untuk dijaga. Jadi, marilah bagi siapa saja yang berwisata disana, jangan lupa untuk menjaga kebersihannya. Tidak membuang sampah sembarangan, tidak menaiki patung-patung atau dinding-dinding candi hanya demi sebuah foto (kenarsisan), serta jangan mencorat-coret dinding candi.

Mari jaga kelestariannya, kalau bukan kita mau siapa lagi.




Oleh Yogi Permana | IG: @permanaglobal  | Twitter: @permanaglobal

Terima kasih ya telah menyempatkan waktu untuk membaca artikel Candi Prambanan Menawarkan Pesona Sejarah dan Seni
Mari menjadi pahlawan penyebar kebaikan dengan men-SHARE artikel Ini. Semoga rezeki berlimpah untuk sahabat yang sudah menjadi pahlawan penyebar kebaikan. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar