Skip to main content

Kalibiru, Hutan Wisata Yang Sedang Hits di Kulon Progo Yogyakarta

Ucapan selamat datang sebelum masuk wisata kali biru                                                 ( @tazosin4.5g )
Atmosferku.com -  Berkat seorang artis yang mengupload foto liburan di objek wisata Kalibiru melalui Instagram pribadinya, kini Kalibiru di Kulon Progo menjadi destinasi wisata di Jogja yang wajib untuk dikunjungi, serta menjadi salah satu wisata yang ngehits di kota yang mendapat julukan kota pelajar ini.

Hutan Kalibiru berlokasi di Perbukitan Menoreh Kabupaten Kulon Progo dengan ketinggian sekitar 450 Mdpl. Hal itu membuat kawasan wisata ini memiliki udara yang sejuk dan relatif belum tercemar oleh polusi udara.Hutan wisata milik pemerintah tersebut kini dikelola oleh masyarakat setempat dan menjadi objek wisata alam maupun edukasi. Namun, bagi yang tertarik untuk berkunjungke objek wisata alam di Kulon Progo ini sebaiknya terlebih dulu persiapkan fisik dengan baik. Pasalnya, salah satu kegiatan paling menarik yang harus anda coba ketika di sana adalah mencoba jalur trekking.
Objek wisata Kalibiru terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Hutan wisata inijaraknya sekitar 40 km dari pusat kota jogja dan berdekatan dengan Waduk Sermo yang telah lebih dulu.

Tempat melamun bagi pengagum Maha Karya Sang Pencipta                               ( @suryatama_bahari)

Untuk menikmati fasilitas maupun wahana yang ada di hutan Kalibiru Kulon Progo pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp 5000 dan biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Tersedia berbagai fasilitas pendukung untuk liburan seru, diantaranya area parkir, kios makanan, MCK, pendopo, homestay, camping ground maupun berbagai fasilitas outbond.

                  Wahana Outbond yang ada di Wisata Kali Biru Yogyakarta                                                            (a.s.h.agustina06)

Untuk bisa menikmati pemandangan dari spot terbaik,pengunjung harus naik menara pandang yang berada di atas pohon. Setiap pengunjung di sana diharuskan untuk membayar biaya tambahan sebesar Rp 10.000.Fasilitas lain di Hutan Kalibiru adalah gardu pandang yang tersedia diberbagai tempat yang langsung menghadap Waduk Sermo. Ketika pagi hari, pengunjung bisa menyaksikan secara langsung Sermo yang berselimut kabut dan saat senja pemandangan matahari terbenam di barat menjadi penutup hari yang sangatsempurna.

Pemandangan dari atas Gardu Pandang, benar-benar memanjakan mata                                (@dwisartikaramadhani)
Tersedia pula homestay atau pondok wisata yang masing-masing dapat menampung 10 hingga 15 orang. Biaya sewa pondok cukup murah, yakni hanya berkisar Rp 120.000 per malam per satu pondok. Oleh karena itu, hutan wisata ini sering dijadikan sebagai lokasi untuk makrab, gathering, bahkan retreat. Fasilitas atau akomodasi lain seperti cottage dan pendopo juga tersedia dengan harga berkisar antara Rp. 120-125 ribu.

Ekh, jangan pada BAPER buat yang ini, sabar buat yang single sampai nemu yang halal  ^ ^                 (@retno.nugrohowati)


Ingat ya, selama berwisata jaga lingkungan, jangan membuang sampah sembarang atau melakukan perbuatan asusila. Karena ngelakuin itu, berarti merugikan banyak orang. 


Oleh Yogi Permana | IG: @permanaglobal  | Twitter: @permanaglobal


Terima kasih ya telah menyempatkan waktu untuk membaca artikel Kalibiru, Hutan Wisata Yang Sedang Hits di Kulon Progo Yogyakarta
Mari menjadi pahlawan penyebar kebaikan dengan men-SHARE artikel Ini. Semoga rezeki berlimpah untuk sahabat yang sudah menjadi pahlawan penyebar kebaikan. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar