Skip to main content

Berawal dari Larangan Penambangan, Pesona Tebing Breksi menjadi Dikenal Dunia

Wisata yang dibuat dari kreatifitas masyarakat, TebingBreksi

Berawal dari Larangan Penambangan, Pesona Tebing Breksi menjadi Dikenal Dunia
Sudah kesini? makin cantik lhoo. (tour.guide.jogja)
Atmosferku.com -   Yuk piknik Cah! ajakan yang menggiurkan ya. Setelah disibukkan dengan rutinitas aktivitas kerja. Ada kalanya rehat sejenak menikmati semilirnya hembusan angin alam. Sedikit menghilangkan penatnya pikiran. Masa iya, satu purnama berlalu selalu berkawan dengan penat ? (aduh serasa Rangga deh..).

Sudah akh basa-basinya, beberapa waktu yang lalu saya mengunjungi salah satu wisata di Yogyakarta. Mendengar nama provinsi ini, pasti langsung terbayang kaya apa kan? selain sebagai kota pendidikan, Yogyakarta juga begitu terkenal dengan wisatanya. Satu diantaranya hanya berupa tebing-tebing hasil endapan dari abu vulkanik letusan gunung api purba nglanggeran yang menjadi obyeknya. Tapi disulap menjadi sebuah panorama wisata yang menjadi daya tarik unik. Apa namanya?


Tebing Breksi namanya, wisata yang telah dikenal dunia. Satu wisata yang sedang ngehits dikalangan pecinta fotografi atau mereka yang berpaham selfiisme ini. Masyarakat sekitar memanfaatkan area bekas tambang ini menjadi area wisata yang sekarang sudah banyak dikenal. Berawal dari Larangan Penambangan, Pesona Tebing Breksi menjadi Dikenal Dunia

Sebelumnya, area ini adalah lokasi penambangan. Namun kemudian ada larangan. Bekas galian tambang memunculkan guratan yang malah menjadi eksotisme tersendiri. Akibat larangan adanya penambangan tersebut, masyarakat kemudian menyulapnya menjadi obyek wisata Tebing Breksi. Nama tebing breksi sendiri berasal dari warga, yang mengikuti tren nama bukit dengan obyek batuan seperti tempat wisata di Bali dan Bandung yan begitu mirip dengan tebing ini, dan dinamakan dengan breksi. Karena itu lah, tebing ini dinamai Tebing breksi. Berawal dari Larangan tersebut Penambangan, Pesona Tebing Breksi menjadi Dikenal Dunia

Para penikmat wisata dan juga para fotografer akan begitu leluasa untuk menikmati disetiap tempat di tebing breksi ini. Masyarakat memberikan sentuhan kreatifnya dalam sebuah karya seni, dengan mengukir tebing-tebing menjadi seperti relief tokoh pewayangan dan juga naga. Ukuran reliefnya pun sangat besar. Menghadirkan Pesona Tebing Breksi lebih menawan.

Berawal dari Larangan Penambangan, Pesona Tebing Breksi menjadi Dikenal Dunia
Melihat Ukiran ini, teringat cerita Baru Klinting. (Instagram: siwi_kartika_sari)

Berawal dari Larangan Penambangan, Pesona Tebing Breksi menjadi Dikenal Dunia
Ukiran pewayangan penuh dengan seni yang tinggi. (atmosferku.com)
Untuk menikmati panorama dari atas tebing breksi, pengunjung nggak perlu risau, nggak perlu capek memanjat tebingnya, karena masyarakat sudah membuatkan anak tangga untuk naik ke atas sampai puncak tebing, di anak tangga ini juga banyak yang melakukan sesi foto-foto, sering juga dilakukan sesi foto prawedding di obyek wisata Tebing Breksi. Selain itu, pengelola juga menyediakan jeep untuk offroad di area sekitar tebing breksi. Pesona Tebing Breksi makin menawan.

Dari atas tebing breksi, mata pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan yang ciamik. Alam yogyakarta yang luas nan indah dengan bukit-bukit seperti menjadi sebuah benteng, belum cukup dengan itu, pengunjung juga bisa melihat lansdcape Candi Prambanan, Candi Sojiwan, Candi Barong dan kemegahan Gunung Merapi, bahkan kota Yogyakarta.

Berawal dari Larangan Penambangan, Pesona Tebing Breksi menjadi Dikenal Dunia
Si Owl langsung aja diem kalau sama si embak. (Instagram: ardelyaardel)
Disini pengunjung juga bisa berfoto bareng dengan mententeng Burung Hantu, dengan biaya sekitar 5.000. Kalau berfoto bersama burung hantu diharapkan jangan pakai make gotik atau baju sisik ya, takutnya nanti dikira Limbad atau si Buta dari Goa Hantu. Hehehe...

Bukan hanya itu, Pesona Tebing Breksi di atas sana, di puncaknya, ada spot foto yang kawula muda sukai. Apa itu?Spot foto ini sekarang hampir ada disetiap wisata dimanapun. Entah kenapa, yang penting dengan spot ini jadi lebih ngehits. Spot foto berbentuk Love sepertinya akan menjadi target utama buat anak-anak hits.

Berawal dari Larangan Penambangan, Pesona Tebing Breksi menjadi Dikenal Dunia
Love, spot favorit buat anak-anak hits. (Instagram: oppart_photography)
Di area wisata Tebing Breksi, juga terdapat fasilitas berupa pelataran. Pelataran di Tebing Breksi diberi nama Tlatar Seneng, berbentuk lingkaran dengan luas berdiameter kira-kira 15 meter. Sekelilingnya dilengkapi dengan tempat duduk melingkar dan panggung bulat  Tlatar Seneng berada satu kawasan dengan Tebing Breksi dan difungsikan untuk tempat pertunjukan kesenian disana. Jadi teringat Pelataran Candi Prambanan yang juga untuk pertunjukkan seni, kaya sendratari Ramayana. Ya nggak Sob?

Berawal dari Larangan Penambangan, Pesona Tebing Breksi menjadi Dikenal Dunia
Tlatar Seneng, panggung untuk pertunjukan pentas seni. (atmosferku.com)

Kelengkapan Fasilitasnya 

Untuk fasilitas disini, sekarang sudah mulai memadai, karena sudah dibangung booth-booth untuk makan dan juga warung makannya, tempat parkir yang luas, dan yang terutama adalah toilet dan mushola. Semua sudah tersedia di Obyek Wisata Tebing Breksi. Jadi tidak perlu khawatir lagi akan fasilitas, dan obyek wisata ini terus melakukan pembaruan karena pengelolanya yang kreatif.

Lokasi Obyek Wisata Tebing Breksi

Tebing Breksi berlokasi di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Karena letaknya yang berdekatan dengan lokasi Candi Ijo, sekitar satu kilometer saja, wisatawan dapat sekaligus mengunjungi Candi Ijo.

Jalan termudah untuk menuju Tebing Breksi adalah melalui Candi Prambanan. Dari arah kota Yogyakarta menuju klaten, kemudian jika sudah sampai di lampu lalin kawasan pasar Prambanan, silahkan belok kanan menuju Piyungan. Lurus saja, nanti sebelah kanan jalan ada papan pnunjuknya, belok kanan. Lurus aja terus, nanti belok kiri. Jika masih bingung, gunakan google maps, inshaaAllah nggak akan nyasar. Karena obyek wisata ini sudah terdeteksi oleh google maps.

Tiket dan Tips Berwisata di Tebing Breksi

Untuk tiket masuk Obyek wisata Tebing Breksi ini masih sangat terjangkau. Hanya dengan biaya Rp. 2000 untuk motor dan biaya Rp. 5.000 untuk mobil, pengunjung sudah bisa menikmati dengan puas area Tebing Breksi ini.

Selain itu, berikut ada beberapa Tips untuk berwisata dan menikmati pesona Tebing Breksi :
- Untuk pegunjung sebaiknya menggunakan alas kaki (sepatu) yang nggak ngrepotin, karena disini banyak anak tangga dan kondisi tempat naik turun. Misal pakai highheels, itu namanya merepotkan diri sendiri dan orang lain.
- Membawa topi, karena tebing breksi adalah bekas penambangan jadi agak sedikit panas yang akan menyengat kulit para pengunjung.
- Berpakaian dan make up yang wajar, tak usah menor kaya artis. Ngeriiii lihatnya... :-)
- Bawa minum, karena area wisata yang cukup menguras energi.
- Kamera dengan baterai dan memory yang cukup. Jangan sampai udah jauh-jauh kesana malah baterai belum di-charge.
- Yang terpenting, jaga kebersihan jangan buang sampang sembarangan serta jangan berbuat asusila diarea obyek wisata.

Keseluruhan, obyek wisata Tebing Breksi menarik untuk dikunjungi. Bagaimana Kawan atmosferku.com? tertarik untuk berwisata di Tebing Breksi? Jangan sampai ketinggalan..






Oleh Yogi Permana 
Terima kasih ya telah menyempatkan waktu untuk membaca  Berawal dari Larangan Penambangan, Pesona Tebing Breksi menjadi Dikenal Dunia
Mari menjadi pahlawan penyebar kebaikan dengan men-SHARE artikel Ini. Semoga rezeki berlimpah untuk sahabat yang sudah menjadi pahlawan penyebar kebaikan. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar