--> Skip to main content

MashaaAllah, Muslimah Ini mampu Lulus Cumlaude dan punya Omset 90 Juta

Inspiratif, Tak kalah dari keterbatasan, 90 juta diraih

MashaaAllah, Muslimah Ini Lulus Cumlaude dan punya Omset 90 Juta
Ulfa Nurjanah saat di wisuda dan mententeng produk olahan Cuminya. (ristekdikti.go.id)

Atmosferku.com -  Wisuda merupakan satu perkara yang ditunggu-tunggu oleh seabreg Mahasiswa. Dengan segala ujian yang dihadapi dikala kuliah, seorang mahasiswa harus mampu menjaga komitmennya untuk mampu wisuda diakhir perjuangannya. Dan nggak sedikit pula yang yang gagal mencapai akhir perjuangan tersebut. Tuh yang belum lulus jadi Baper. hehehehe....

Sudah banyak desas-desus miring tentang Mahasiswa yang gagal lulus, penyebabnya banyak sekali. Tetapi yang utama adalah ketidakmampuan menjaga komitmennya. Alasannya, ya keterbatasan.Seperti ketika sudah mengenal dunia UKM ( Unit Kerja Mahasiswa ), ketika sudah menyambi parttime, ketika sudah mulai berbisnis, ketika ekonomi tak mampu lagi menjadi orang tua asuh, yang parah lagi, karena pergaulan. Menurut saya ini terparah jika karena pergaulan, dan kamu collaps dari status mahasiswa!

Memang sih, dengan begitu, pertanda kamu belum menjadi orang terpilih untuk mencicipi indahnya skripsi. Hehehe,,.. Collaps karena pergaulan, itu ibarat pepatah ngawur, "Kamu jadi peserta lomba lari, sudah dalam posisi berlari, tapi tergiur penonton yang euforia bersorak-sorak, akhirnya berhenti berlari dan memilih jadi penggembiranya saja". Padahal jika mampu menyelesaikan, kamu akan lebih gembira daari para penggembira lho..

Ngomong-ngomong tentang wisuda, ada seorang muslimah yang mendapatkan predikat cumlaude dan sudah bisa mendapatkan omset 90 juta perbulannya. Siapa dia? ko hebat?  

Silahkan Baca :  Hasna Mengharumkan Nama Indonesia dengan menjadi Juara Tilawah di Abu Dhabi

Muslimah tersebut mengikuti Wisuda Universitas Negeri Semarang (UNNES) dan Kampus ini selalu menyisakan kisah menarik dari salah satu wisudawannya. Seperti maret lalu ada wisudawan yang membagikan susu gratis karena ia berhasil mendpatkan omset 1 milyar.

Untuk kali ini, muslimah yang menjadi wisudawati tersebut menjadi pusat perhatian, Ulfa Nurjanah namanya. Meskipun masuk ke UNNES dengan status mahasiswa Bidikmisi, ia berhasil membuktikan bahwa keadaan ekonomi yang kurang baik, nggak menjadi pembatas baginya untuk berkuliah dan berwirausaha.

Walhasil, ia lulus tepat waktu dari UNNES dengan atribut Cumlaude serta menjadi wirausahawan muda sukses. Dalam acara wisuda tersebut, Ulfa pun tampil memberikan motivasi serta bercerita kisah usahanya.

Kisah hidupnya, setelah lulus sekolah menengah atas, Ia melanjutkan kuliah di UNNES melalui jalur Bidikmisi. Ia berkata, bahwa pada awal perkuliahan, ia bertahan dengan uang saku yang minim dan menumpang di kontrakan senior. Belum lagi, ia harus bersanding dengan teman – teman yang memiliki latar belakang yang mapan. Kendati demikian, ia tidak merasa minder karena dukungan dari teman-teman dan dosennya. Adanya program Bidikmisi dari Kemristekdikti membuatnya mampu bertahan untuk berkuliah. Kemudian, bekerjasama dengan teman-temannya, ia menjalankan usaha Cumi Krispi yang diberi merek Mr. Cuki. Dari usahanya tersebut, Mr. Cuki telah sukses memiliki 6 outlet dan omzet total 90 juta rupiah per bulannya.

Ulfa berpesan, Omzet yang saya miliki memang tidaklah setinggi usaha lain yang lebih sukses. Namun, yang terpenting adalah bagaimana kita mampu berkontribusi pada sekeliling kita. Ia menambahkan, Ketidakmampuan secara ekonomi bukanlah sebuah kelemahan, namun hal ini adalah sebuah potensi yang dapat dikembangkan.

Silahkan Baca : Cuma Lulusan SMP bisa Menjual Vespa Modifikasi sampai ke Spanyol
 
Sebuah kebanggaan, ketika lulusan sarjana berhasil berpikir global tanpa kalah dari keadaan. Apalagi karena pergaulan yang nggak baik. Apa yang Ulfa lakukan, sungguh hebat.  Bertahan dari rasa minder dan keterbatasan ekonominya. Namun, ia nggak collaps tapi terus move on (bergerak untuk terus hidup). Lagi-lagi, pemilihan teman menjadi point penting, bagaimana ia mampu menghasilkan omset yang begitu luar biasa adalah jasa dari teman-temannya yang selalu memberikan support.

So, bagi para Mahasiswa baru. Pandai-pandailah dalam memilih teman saat dalam dunia perkuliahan. Kamu jauh dari keluargamu, lingkunganmu pun jadi semakin beragam. Kamu nggak membuat benteng diri, kamu hancur. Bentengi dirimu dari yang namanya pacaran, hal tersebut akan membuatmu nggak fokus pada tujuan utamamu.

Dan, yang terpenting, kamu siap untuk berpikir global. Seperti pemikiran Ulfa yang luar biasa, apa itu?

"Omzet yang saya miliki memang tidaklah setinggi usaha lain yang lebih sukses. Namun, yang terpenting adalah bagaimana kita mampu berkontribusi pada sekeliling kita. Ketidakmampuan secara ekonomi bukanlah sebuah kelemahan, namun hal ini adalah sebuah potensi yang dapat dikembangkan"
Siapakah kamu berpikir global (luas) ?  Semoga kisah Ulfa Nurjanah bisa menjadi motivasi kawan atmosferku.com yang mau masuk kuliah. Jangan sia-siakan masa kuliah ya, lakukan maksimal untuk pengembangan diri. OKE!

 
pustaka : http://ristekdikti.go.id
Oleh Yogi Permana 
Terima kasih ya telah menyempatkan waktu untuk membaca  MashaaAllah, Muslimah Ini Lulus Cumlaude dan punya Omset 90 Juta
Mari menjadi pahlawan penyebar kebaikan dengan men-SHARE artikel Ini. Semoga rezeki berlimpah untuk sahabat yang sudah menjadi pahlawan penyebar kebaikan. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar