Skip to main content

7 Langkah Praktis yang InshaaAllah jadi Solusi untuk Melunasi Hutang

 Jangan berhutang dan segera melunasi hutang, solusi hidup tenang
 
7 Langkah Praktis yang InshaaAllah jadi Solusi untuk Melunasi Hutang
keluarga.com




Atmosferku.com - Kehidupan sekarang tak bisa lepas dari yang namanya Gengsi, ya nggak Gaaeezz? siapa saja deh, mesti merasakan yang namanya gengsi dalam diri. Saat ada temen memakai hape baru, kita mulai panas, beli deh hape baru. Melihat tetangga beli mobil, wiiih, terus panas, beli deh mobil baru. Merasa ingin bisa setara dengan teman atau orang lain, bahkan kalau bisa lebih.

Belum lagi jika mengikuti hegemoni lifestyle zaman sekarang, biasa jadi untuk memenuhi hasrat yang terus menggebu kita akan berhutang. Ya, hutang! menjadi jalan satu-satunya untuk bisa melakukan percepatan pemenuhan hasrat. Namun, apakah sudah siap kedepannya berdampingan sama hutang?

Ngomong-ngomong tentang hutang, apa anda punya hutang? hehehe...
Hutang, inilah salah satu masalah besar yang melilit sebagian kita. Bahkan artis juga. Kanye West pernah membuat pengumuman yang shocking melalui akun Twitter-nya, di mana ia mengaku punya hutang pribadi sebesar 53 juta dollar AS atau setara dengan Rp 714 miliar.

Silahkan Baca :  Keajaiban Sedekah, Kisah Nyata Pak Husni

Lanjutnya, “Please pray me to overcome. This is from my true heart.” Nggak jelas apakah Kanye West beneran serius atau sekedar bercanda.

Lupakan artis Kanye West, jangan jadiin panutan. Namun Begini, hal pertama yang harus dilakukan dalam menyikapi hutang adalah dengan 'tenang'. Maka inilah singkatan hutang menurut mas Ippho :
- UTANG: Usahakan Tetap Tenang
- UTANG: Ujung-ujungnya Tetap Uang 

Selanjutnya, coba lakukan 7 langkah praktis ini yang Insya Allah jadi solusi untuk melunasi hutang :

Pertama, minta maaf dan minta ridha kepada si pemberi hutang. Semakin dia ridha, semakin lancar rezeki Anda. Kalau dia jengkel, seret rezeki Anda.

Kedua, cicil sebisanya. Ini menunjukkan keseriusan. Si pemberi hutang menilai. Malaikat pun menilai. Nah, Anda buktikan bahwa Anda sungguh-sungguh ingin melunasi utang.

Ketiga, pastikan Anda bisa dihubungi oleh si pemberi utang. Ini menunjukkan bahwa Anda tidak kabur. Maaf, banyak yang bersikap sebaliknya, seperti mematikan handphone atau pindah rumah. Menjadi buronan penagih hutang untuk melunasi hutang.

Keempat, sedekahkan barang-barang Anda. Siapa yang berani meremehkan kekuatan sedekah? Ini akan memudahkan Anda untuk menyicil dan melunasi hutang. ( Berbagi Tanda Bermental Kaya )

Kelima, kalau Anda muslim, rutinkan subuh berjamaah di masjid. Nggak usah banyak tanya, lakukan saja. Btw, masjid itu mulia. Subuh itu mulia. Berjamaah itu mulia. Insya Allah terkikis tuh hutang. Jangan lupa 2 rakaat sebelum subuh, karena lebih baik dari dunia dan seisinya.

Silahkan Baca : Merasakan HIDUP Penuh dengan Masalah, Sebaiknya LAKUKAN Kiat-Kiat Berikut Ini, BACA dan PRAKTEKAN

Keenam, agar sehat finansial dan bebas utang, hitunglah pengeluaran secara ketat juga rinci. Jangan kira-kira saja. Nah, sebelum menghitung pengeluaran dalam satu tahun, awali dulu dengan menghitung pengeluaran dalam satu bulan. Mulai dari cicilan hutang, belanja bulanan, tagihan listrik, air dan pulsa, sampai dengan ongkos transportasi dalam sebulan. Nanti, total jumlah pengeluaran ini harus bisa terpenuhi dari gaji atau laba bulanan Anda. Jika tidak, masalah yang sama bisa berulang menimpa Anda.

Ketujuh, anda juga harus mengurangi gaya hidup yang berlebihan, mulailah hidup sederhana dengan sabar dan syukur sebagai pegangannya. Nggak usah deh yang namanya GENGSI sama tetang atau teman, atau hanya sekedar pengen dilihat wah. Kalau nge-la-ku-in gitu lagi ya sama aja, anda memberi peluang sama hutang untuk kembali bersahabat lagi dengan kehidupan anda.  

Semoga kita semua dijauhkan dari yang namanya HUTANG, dan bagi yang mempunyai HUTANG, segera diberi kemampuan untuk melunasi hutangnya. Aamiin, inshaaAllah..






Pustaka : Telegram Ippho Santosa

Terima kasih ya telah menyempatkan waktu untuk membaca  7 Langkah Praktis yang InshaaAllah jadi Solusi untuk Melunasi Hutang
Mari menjadi pahlawan penyebar kebaikan dengan men-SHARE artikel Ini. Semoga rezeki berlimpah untuk sahabat yang sudah menjadi pahlawan penyebar kebaikan. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar