Skip to main content

Cara untuk Mengatasi Rasa Takut yang Berlebihan ala Mark Zuckerberg

Bos Besar Facebook mempunyai Tips untuk Mengatasi Rasa Takut yang Berlebihan

Cara untuk Mengatasi Rasa Takut yang Berlebihan ala Mark Zuckerberg
Ilustrasi Ketakutan. ( klikunic.blogspot.com ) 



Atmosterku.com | Cara untuk Mengatasi Rasa Takut yang Berlebihan ala Mark Zuckerberg   - Setiap manusia pasti memiliki rasa takut, nggak bisa dipungkiri. Sebagian ada yang menjadi sok berani dan sebagian ada yang bisa sampai pingsan ketika tertekan dalam ketakutan. Memang rasa takut itu merupakan sesuatu hal yang wajar.

Namun, semua akan menjadi nggak wajar, tatkala rasa takut sudah mengubah tatanan kehidupan kita. Mengubah kemampuan daya kreatif kita menjadi menurun, membuat kita nggak berani melakukan sesuatu hal. Memang, terkadang rasa takut bikin kita menjadi lebih berhati-hati, tetapi alih-alih berhati-hati, malah membuat kita sebenarnya menutup keberanian.

Jika rasa takut sudah menjadi keseharian dalam diri kita, bisa berakibat seperti gangguan kejiwaan pada diri. Coba yang mengalami gangguan kejiawaan? Hehehe...

( Silahkan Baca : Siapa yang Ingin Hidup BAHAGIA maka Belajarlah untuk Melupakan 6 Perkara Ini )

Biasanya perasaan takut dimulai dari rasa yang nggak nyaman dalam suatu situasi, atau cemas. Meskipun tidak selalu cemas menjadi rasa takut, tapi sering kali rasa cemas membuat kita menjadi takut. Begitupun sebaliknya, saat kita berada dalam ketakutan, kita akan menjadi cemas. Ya atau iya?

Rasa takut pada manusia selalu berbeda-beda dan untuk mengatasi rasa takut yang berlebihan juga berbeda, semua tergantung seperti apa situasi dan kondisinya, dan berikut beberapa rasa takut yang sering hadir dalam keseharian kita :

1. Rasa takut adanya Hantu
2. Rasa takut nggak bisa ngerjain soal ujian
3. Rasa takut pada ketinggian
4. Rasa takut saat dalam kesendirian
5. Rasa takut akan kematian
6. Rasa takut gagal
7. Rasa takut akan sakit
8. Rasa takut akan gelap
9. Rasa takut dengan kemampuan sendiri
10. Rasa takut berbicara dengan orang yang kita sukai

Rasa takut diatas bisa mengubah kehidupan kita, efeknya ketidaktenangan bisa menghampiri setiap saat. Tanpa bisa kita sadari, tiba-tiba datang begitu seperti jaelangkung. Datang tak dijemput pulangnya kesulitan. Hehehe..

Untuk mengatasi rasa takut yang berlebihan itu bermacam-macam, "jika ingin kita menaklukkan rasa takut, janganlah berdiam diri di rumah dan menghabiskan waktu untuk berpikir. Keluarlah dan kesibukkan diri Anda," ungkap Dale Carnegie.

Menurut penelitian, respon terhadap rasa takut terbagi menjadi dua. Pertama, reaksi biokimia. Kedua, reaksi emosional.

Reaksi biokimia dialami semua orang, tanpa terkecuali. Saat menghadapi bahaya, tubuh manusia menimbulkan reaksi tertentu seperti keringat keluar lebih deras atau jantung berdetak lebih kencang.

( Silahkan Baca : Dengan 6 Cara Ini, InshaaAllah Kamu akan dapat Mengendalikan Emosi )

Jadi, rasa takut dengan segala reaksinya adalah sesuatu yang wajar. Namun, jangan sampai ini menghalangi kita dalam berbuat. Tetaplah berbuat selagi itu legal dan halal.

Pesan penting nih:
- Saat kita idealis, bersiaplah disalahpahami.
- Saat kita bervisi besar, bersiaplah disebut gila.
- Saat kita mengatasi masalah rumit, bersiaplah disalah-salahkan.
- Saat kita punya inisiatif, bersiaplah dikritik.
- Namun demikian, tetaplah mempersembahkan hasil yang hebat (great works).

Dengan kata lain, tak perlu takut. Hadapi. Buktikan.

Pesan siapa ini? Pesan dari Mark Zuckerberg, pendiri Facebook. Sejak dulu sampai sekarang, Mark Zuckerberg sudah terbiasa dengan masa-masa sulit dan kritikan. Berbekal keberanian dan semangat, karya nyatalah yang menjadi tumpuan perhatiannya. Baginya, mengeluh adalah pantang. Dan mundur adalah terlarang.

Bagaimana dengan kita? Jangan manjakan rasa takut kita. Lebih baik hadapi dan buktikan menjadi cara untuk mengatasi rasa takut yang berlebihan.

Jangan jadikan rasa takut menjadi sugesti mendalam dalam otak bawah sadar kita, dan berakibat menjadi phopia berkepanjangan. 





  
Pustaka : WA Ippho Santosa
Terima kasih ya telah menyempatkan waktu untuk membaca  Cara untuk Mengatasi Rasa Takut yang Berlebihan ala Mark Zuckerberg
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar