Skip to main content

Empat Cara agar bisa Khusyuk saat Sholat

Khusyuk saat Sholat? bisa kok dilakukan

empat cara agar bisa khusyuk saat sholat
Khusyuk saat sholat. (Islamidia.com)

 



Atmosferku.com | Empat Cara agar bisa Khusyuk saat Sholat  - Bagi yang agama islam, sholat merupakan sebuah kewajiban yang harus dijalankan, nggak boleh nggak. Meskipun wajib, islam nggak memberatkan, yang penting tetep dilakukan.
Buktinya nggak memberatkan, ketika badan lemah nggak kuat berdiri. Islam memberi keringanan untuk menunaikan sholat dengan cara duduk, jika duduk masih juga belum mampu karena kondisi tubuh yang menurun, maka islam memberi keringanan untuk menunaikan sholat dengan cara sambil tiduran. MashaaAllah, benar-benar agama yang penuh perhatian.

Begitu pentingnya sholat bagi kaum muslimin, sampai islam mengatur sedemikian rupa sehingga dalam kondisi apapun umat islam tetap bisa menjalankan sholat. Sehingga nggak ada alasan lagi untuk tidak mengerjakan sholat, apalagi sholat lima waktu yang jelas-jelas diwajibkan. Apalagi jika sampai bisa khusyuk saat sholat, wiiiih, luar biasa banget jadinya.

(Silahkan Baca : Persiapkan 7 Hal ini, agar Kamu Percaya Diri saat Ketemu Orang Tua Sang Pujaan Hati )

Jika orangnya sakit, terus mau berwudlu dengan air dikhawatirkan akan tambah parah sakitnya bagaimana? soal itu, sobat nggak usah khawatir, indahnya Islam masih banyak. Kalau masih dalam hal sholat itu gampang, islam nggak memberatkan. Malah mencari cara lain agar umat islam tetep bisa sholat. Kalau khawatir dengan berwudlu pakai air malah tambah sakit, bisa sobat menggunakan debu. Hah debu? iya, pakai debu. Tapi jangan bayangkan dengan mengambil debu yang ditanah kemudian untuk wudlu.

Islam sudah mengajarkan yang namanya tayamum, dimana sobat yang sakit bisa berwudlu dengan debu disekitar sobat. Misal di tembok, caranya dengan menempelkan telapak tangan ditembok atau di media yang lain. Namun disini saya nggak akan membahas tata cara bertayamum.

Meskipun ringan, tapi sholat ibadah yang cukup sulit. Kenapa bisa sulit? sekarang saya tanya, sobat semua ketika sholat ya, pikirannya mesti kemana-mana, ya nggak? ada aja pikiran yang dituju, tiba-tiba keingat inilah, itulah, bahkan yang sudah lupa saja bisa tiba-tiba inget saat menunaikan sholat. Istilahnya kita nggak khusyuk saat sholat. Lanjut saja bacanya, nanti akan ada empat cara agar bisa khusyuk saat sholat

Entah kenapa bisa demikian, tapi syetan akan terus mengupayakan agar kita nggak khusyuk saat sholat. Itulah kenapa kita disarankan untuk niat bersungguh-sungguh terlebih dahulu. Dengan jiwa dan hati yang tenang kemudian berniat, kalau bisa jangan dilakukan dengan terburu-buru. Karena akan susah Khusyuk saat sholat. Ya, itulah kenapa kita disarankan untuk sholat diawal waktu, menghindarkan rasa terburu-buru.

Sobat semua akan menggelengkan kepala ya, ketika ditanya, apa sobat semua sudah khusyuk saat sholat? kemungkinan menjawab ya belum, saya sendiri juga belum mampu. Tapi setidaknya ada waktu khusyuknya. Entah itu saat takbir, atau saat sujud, atau saat ruku, atau saat melakukan gerakan sholat lainnya. Terus, bagaimana caranya agar bisa khusyuk saat sholat ?

(Silahkan Baca : Ada 14 Adab bagi Seorang Lelaki Sejati dalam Islam, Kamu sudah termasuk kah? )

Berikut ada empat cara agar bisa khusyuk saat sholat, simak baik-baik dan juga dipraktekan ya sobat..

1. Tempat dan pakaian, rapi, bersih, serta harum tapi nggak usah pakai parfum yang baunya menyengat

Kalau kita sholat dalam keadaan yang bersih, rapi serta harus baik dari tempat kita sholat maupu dari pakaian kita, pasti akan terasa lebih nyaman dan tenang. Sholatpun akan lebih enjoy.

2. Mulut menyebutkan perlahan-lahan setiap ayat yang dibaca, jadi nggak usah terlalu cepat dalam membaca bacaan ayat al qur'annya.

Dengan membaca perlahan-lahan setiap ayatnya, kita akan lebih tenang dan lebih konsen dalam sholat. Alunannya pun lebih terkontrol, disini pula bisa dibedakan antara orang yang tenang, sabar dengan orang yang grusa-grusu.

3. Telinga mendengarkan dengan apa yang kita sebut, yakni mendengarkan ayat-ayat yang kita baca perlahan-lahan. 

Bukankah menikmati itu dirasakan dan dihayati. Bukan begitu sobat? ketika menikmati musik, apalagi musik slow, pasti akan didengarkan baik-baik tiap alunannya, dirasakan dengan penuh seksama. Bukankah begitu? demikian juga dalam menikmati sholat, agar kita bisa khusyuk saat sholat

4. Lupakan segala hal tentang perkara dunia, fokus pada sholatnya.
Yang terakhir ini kemungkinan yang paling sulit karena bisa tiba-tiba inget sambal bawang yang masih ada di meja makan, inget tugas belum kelar, inget kunci yang lupa naruhnya dimana, inget mantan juga. ekh... hehehehe, jika yang sudah nggak pacaran lupakan saja, jangan dicoba lagi. Dan bagi yang belum jangan coba-coba pacaran. Balik lagi, ya sobat berusaha saja sebisa mungkin, sefokus mungkin. Jika pikiran mulai beralih, kembali pada poin pertama dan kedua. Kedua poin sebelumnya, untuk menyeimbangkan pikiran kita. Dan, dari awal niatkan baik-baik, pikirkan bahwa Allah melihat serta mengawasi gerak-gerik kita sewaktu sholat.

    Demikian empat cara bisa bisa khusyuk saat sholat, semoga dengan artikel ini bisa membantu shobat semua agar khusyuk saat sholat. Untuk awal emang susah, tapi kalau dilatih terus bisa menjadi mudah. Mari kita bersama-sama berusaha menunaikan sholat dengan khusyuk. Oke Sobat!

    Demikianlah empat cara agar bisa khusyuk saat sholat. Semoga bermanfaat bagi sobat semua. Dan jika ada sobat yang mau menambahkan, silahkan tulis dikolom komentar ya.. ditunggu. :-)




      

    Oleh Yogi Permana 
    Terima kasih ya telah menyempatkan waktu untuk membaca  Empat Cara agar bisa Khusyuk saat Sholat
    Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar