--> Skip to main content

Ada 14 Adab bagi Seorang Lelaki Sejati dalam Islam, Kamu sudah termasuk kah?

 Jangan sampai Lelaki Sejati hanya sebuah cerita

Ada 14 Adab bagi Seorang Lelaki Sejati dalam Islam, Kamu sudah termasuk kah?
ayo-visit.blogspot.com
 
Atmosferku.com - Lelaki mempunyai jiwa seorang pemimpin. Kuat, tegas, dan nggak letoy menjadi ciri khasnya. Lelaki juga menjadi pelindung bagi yang lemah, seperti melindungi wanita, bukan menyakiti atau mempermainkannya. Betapa hebat jika seorang lelaki mampu menjadi dirinya sendiri yang hakiki. Menjadi seorang lelaki sejati.

Tetapi, era sekarang menjadikan beberapa lelaki itu jauh dari koridornya. Ada yang memakai pakaian wanita, bergaya kewanitaan, memakai make up (sama-sama cantik) dan masih banyak lainnya. Bahkan nih ya, jika mereka sedang berkhalwat, jalan sama perempuan tuh, nggak bisa dibedain mana yang lelaki dan mana yang perempuan. Hehehe...






Belum lagi yang suka merayu perempuan, meng-kadali perempuan, kemudian mengambil madunya tanpa ada akad yang terucap terlebih dahulu, dan menelantarkannya begitu saja tanpa ada tanggung jawab sedikitpun. Bahkan, sampai mengatakan, "akh pasti, kamu melakukannya dengan lelaki lain juga kan?". Sungguh, itu jauh dari yang namanya laki-laki sejati, pecundang gila tuh namanya. Karena, menjadi seorang lelaki sejati adalah menjaga kehormatan perempuan dimanapun dan kapanpun.  Ok Gaeeesss!

Memang itu pilihan mereka, keadaan menggerus iman sebagian besar dari Kaum adam ini. Untuk mengingatkan lainnya yang belum tercoreng dan terlindas oleh peradaban. Sebenarnya lelaki sejati itu seperti apa sih? jadi ingin tau, agar sekiranya kita (kaum Adam) bisa menjadi lelaki sejati yang seutuhnya. Bukan malah menjadi lelaki sejati yang jadi-jadian, apalagi lelaki tomboy. Nah, Sudahkah kita kaum adam menjadi lelaki sejati? berikut ada 14 adab bagi seorang lelaki sejati dalam Islam

1.Islam melarang laki-laki menyerupai wanita

2.Islam membolehkan sebagian pakaian dan perhiasan khusus bagi wanita namun haram bagi lelaki, agar terbedakan penampilan wanita dan lelaki.

3.Islam mewajibkan suami mencari nafkah, sedangkan istri tidak wajib bahkan untuk dibolehkan ada syarat-syaratnya.

4.Islam mewajibkan lelaki shalat berjamaah di masjid, sedangkan wanita lebih baik di rumah.

5.Islam mewajibkan shalat jum'at, sedangkan wanita tidak diwajibkan.

6.Islam mensyariatkan ketika mengingatkan imam dalam shalat, lelaki dengan suara, wanita dengan tepukan. Lelaki boleh lantang, sedangkan wanita dikedepankan sitr (menutup diri) dan malu.

7.Islam menganjurkan agar lelaki tidak sisiran tiap hari, yang baik adalah ghibban (sehari sisiran, sehari tidak). Agar tidak menjadi lelaki pesolek.

8.Islam melarang mencukur jenggot. Diantara hikmahnya agar wajah lelaki tidak halus lembut seperti wanita.

9.Islam mensyariatkan jihad bagi lelaki.

10.Karena itu, disyariatkan pula semua hal yang termasuk i'dad jihad seperti berlatih berkuda, memanah, berenang, bahkan termasuk juga bela diri, lari, dan melatih fisik.

11.Islam melarang khalwat dan ikhtilat, yang diantara hikmahnya lelaki akan lebih sering berkumpul bersama para lelaki dan terbentuk karakter lelaki. Munculnya sifat kewanitaan terkadang karena sering berkumpul dengan para wanita.

12.Islam menganjurkan untuk bersegera menikah. Di antara hikmahnya, dengan menikah lelaki akan semakin timbul kelaki-lakiannya, dan wanita semakin timbul kewanitaannya.

13.Islam menganjurkan untuk memiliki banyak anak. Tentu ini juga mempertajam sifat kelaki-lakian sang ayah.

14. Islam mengajarkan adab berjalan bagi bagi lelaki yaitu yang tegap, gagah, tenang tapi tidak lambat, tidak seperti orang malas dan juga tidak gemulai.

Masih banyak lagi insya Allah adab-adab yang lain, Nabi dan sahabat Nabi, mereka adalah lelaki sejati. Mereka gagah perkasa, baik dalam jihad ilmu maupun dalam jihad peran. Harusnya kita kaum lelaki meneladani Nabi SAW da para sahabatnya, bukan artis atau selebgram yang jauh nilai moralnya. Kurang memberi contoh bagaiamana membawa diri mereka mejadi seorang lelaki public figur, parahnya lagi kita malah fanatik dengan mereka. Mengikuti gaya mereka, dan cara bergaul mereka. Salahpun teteap kita bela, astaghfirullah.....


Akuk, kembali pada koridor kita menjadi lelaki sejati yang sesuai dengan hakekatnya, yang sesuai dengan apa yang Allah karuniakan.

wallahu a'lam


Bantu share ya, agar banyak yang kembali menjadi lelaki sejati.






Pustaka : Generasi_kaffah
Penyunting : Yogi Permana 
Terima kasih ya telah menyempatkan waktu untuk membaca  Ada 14 Adab bagi Seorang Lelaki Sejati dalam Islam, Kamu sudah termasuk kah?
Mari menjadi pahlawan penyebar kebaikan dengan men-SHARE artikel Ini. Semoga rezeki berlimpah untuk sahabat yang sudah menjadi pahlawan penyebar kebaikan. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar