--> Skip to main content

Ira sering Ditertawakan karena Namanya yang Unik, Kukira Januari

Ira adalah seorang Guru di Magelang yang mempunyai nama unik, dan sering jadi bahan bercanda







Ira sering Ditertawakan karena Namanya yang Unik, Kukira Januari
netz.id

Atmosterku.com |  Ira sering Ditertawakan karena Namanya yang Unik, Kukira Januari - Nama merupakan branding dari diri kita masing-masing. Bukankah begitu? beberapa orang tua dari kita ada yang memberi nama seindah mungkin, ada juga yang sesingkat mungkin. Dan terkadang, ada juga yang memberi nama agar mudah diingat saja.

Namun kita semua tau, bahwa ada ungkapan yang mengatakan, berilah nama yang baik-baik pada setiap keturunan Adam. Karena Nama bisa jadi menjadi sebuah doa.

Berbeda dengan seorang guru yang berasal dari Magelang Utara, Jawa Tengah, ini. Namanya sangat unik dan bikin geli yang mendengar, namanya adalah : Kukira Januari. Mungkin bagi kita asing, dan bener-bener Unik ya, sampai bertanya "apa arti nama itu?" atau "ko bisa ngasih nama kaya gitu?". Ya tidak?

Karena itu banyak warganet yang menganggap nama tersebut tak lazim. Ternyata, ada kisah di balik pemilihan nama itu.
Ira (panggilannya) mengakui memang benar nama aslinya Kukira Januari pemberian orangtuanya, Dwi Shaleh dan Nanik Suprapti.

Pada saat lahir pada 18 Desember 1988 silam, ia diberi nama Elvira Januari. Nama depan Elvira kemudian diganti karena ternyata memilik arti yang tidak bagus.

"Kata Bulik (tante) saya, Elvira itu artinya kurang baik. Lalu disarankan untuk cari pengganti. Waktu itu saya masih Taman Kanak-Kanak (TK)," jelas Ira yang guru Bahasa Jawa di SMK Negeri 1 Kota Magelang itu.

( Silahkan Baca : Selain Guling Pocong, berikut 7 Guling Aneh yang bisa bikin Tidurmu semakin mencekam )


Orangtuanya kemudian mengganti Elvira menjadi Kukira Januari. Nama depan tersebut dipilih karena Ira seharusnya lahir pada bulan Januari sesuai perkiraan dokter. Tapi diluar dugaan ternyata Ira lahir lebih cepat yakni bulan Desember.

"Orangtua saya cerita kalau hasil USG memperkirakan HPL (Hari Perkiraan Lahir) saya bulan Januari, eh ternyata bulan Desember sudah lahir. Nah itu lah mengapa mereka ngasih nama Kukira Januari,” ujar Ira, sebagaimana dikutip Grid.ID dari Kompas.com.

Alumni Jurusan Bahasa Jawa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini masih merasa biasa dengan nama yang disandangnya itu.

Keluarga dan teman-temannya saat Sekolah Dasar (SD) juga tidak pernah mempermasalahkan. Kemudian Ira baru merasakan hal aneh ketika setiap kali naik angkutan umum para penumpang menertawainya saat melihat nametag yang terpasang di baju seragamnya.

Tidak sedikit yang berbisik, atau langsung mengatakan kalau nama saya lucu.

"Kalau saya naik angkot, penumpang itu suka cekikikan, bisik-bisik sama penumpang lain, soalnya baca nametag di seragam. Aneh saja, tapi saya cuek," kisahnya.
 
Sampai ketika duduk di bangku SMP dan SMA dirinya kerap menjadi bahan guyonan. Saat menempuh kuliah pun, Ira bak artis terkenal yang kerap menjadi bahan perbincangan oleh mahasiswa sampai dosen-dosen.

Apalagi Ira juga dikenal aktif dan mudah bergaul dengan siapapun. Meskipun Ira sering Ditertawakan karena Namanya yang Unik, Kukira Januari

Ketika ibu satu anak ini bekerja sebagai pengajar di SMK Negeri 1 Kota Magelang ternyata masih ada orang maupun murid-muridnya yang bercanda.

"Kalau teman-teman awalnya pasti geli ya, tapi lama-lama sudah biasa. Kalau murid-murid juga suka bertanya, terutama kalau pas perkenalan. Tapi kadang saya bilang sama mereka 'ndak usah tanya ya' hahahaha," ucap sosok yang dikenal humoris ini.

Ira sering Ditertawakan karena Namanya yang Unik, Kukira Januari
Ira tetep enjoy dengan Nama uniknya. (grid.id)

Bukan manusia namanya jika hanya menerima saja, pasti juga akan mempertanyakan. Begtiu juga dengan Ira, ia mengaku pernah sedih dan sempat komplain dengan orangtuanya karena sering di-bully.

Apalagi di dalam keluarganya, hanya dia yang mempunyai nama unik. Nama kakak perempuannya, Devi Setyarini sedangkan adik laki-lakinya Ibnu Rasyid. Tetapi orangtuanya selalu meyakinkan bahwa nama Kukira Januari mengandung makna yang baik.

Orangtuanya juga selalu membesarkan hatinya bahwa namanya unik dan tidak ada yang sama di seluruh dunia.

“Pernah sedih kalau di-bully, tapi bapak bilang justru saya harus bangga, karena hanya ada satu nama Kukira di dunia. Saya pun diam dan menerimanya saja sampai sekarang. Kalau ada yang meledek sudah biasa saja, disenyumin aja,” tutur istri dari Marvin Novianto (27) ini.

Meski namanya unik dan lucu, Ira tidak lantas memberi nama anaknya dengan nama yang unik pula. Ia menyematkan nama Qinaa Muhammad untuk anak semata wayangnya.

( Silahkan Baca :  MashaaAllah, Hafidz Al Qur'an ini Menikah di usia 18 tahun setelah Sempat 2 kali melalui Proses Persidangan )

"Cukup saya saja lah. Ingat dulu saya diledek, jangan sampai anak saya mengalami juga," ujarnya.

Ira sendiri tidak mengetahui bagaimana bisa KTPnya bisa tersebar. Dia merasa tidak pernah menggunggah kartu identitasnya itu ke media sosial sampai menghebohkan Warganet.


Nama memang punya pengaruh yang luar biasa dalam pergaulan kita sehari-hari. Dari nama tersebut kita bisa terlihat keren, namun juga bisa terlihat kampungan. 
Namun kita mesti memahami bahwa nama pemberian orang tua pasti bukan sembarangan. Bisa saja mengandung suatu peristiwa yang tidak biasa dalam proses kelahiran kita ke Dunia. Dan nama menjadi sejarah kita sediri.



  
Pustaka : ditulis oleh Ika Fitriana (kompas.com)
Terima kasih ya telah menyempatkan waktu untuk membaca  Ira sering Ditertawakan karena Namanya yang Unik, Kukira Januari
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar