Skip to main content

Jika Kamu Muslimah, Jangan sampai Menolak 6 Ciri Lelaki Shaleh Ini

 Muslimah mana yang akan menolak 6 Ciri Lelaki Shaleh ini..




Jika Kamu Muslimah, Jangan sampai Menolak 6 Ciri Lelaki Shaleh Ini
Ummu-online.com

Atmosterku.com | Jika Kamu seorang Muslimah, Jangan sampai Menolak 6 Ciri Selaki Shaleh Ini  - Saat ini harapan setiap muslimah tentu mendambakan seorang laki-laki yang shaleh, taat dalam hal beribadah, akhlaknya yang bagus serta indah dalam tutur kata, dalam setiap kata yang keluar berisi nasihat-nasihat yang indah untuk menjadi pasangan hidupnya.

Memiliki rasa kepedulian yang tinggi serta punya sifat yang perhatian, setiap wanita tentu memimpikan bertemu dengan laki-laki seperti ini sebagai pendamping hidupnya. Sebagai calon ayah yang baik untuk anak-anaknya kelak, karena akan memimpin dan membimbingnya sampai ke syurga nantinya.

Namun, dibalik impiannya akan harapan seorang laki-laki yang sholeh. Kebingungan sering muncul menghampiri setiap muslimah, bagaimana cara untuk mengetahui laki-laki tersebut baik atau tidaknya, bagaimana mengenali ciri-cirinya.

Banyak dari laki-laki yang kelihatannya shaleh namun setelah menikah sifat aslinya menunjukkan jauh dari keshaleh-annya, banyak yang tampak diluar baik namun ketika setelah menikah sangat berbanding terbalik dengan sifat awal saat berkenalan, penyesalan di akhir tentu hal yang tidak diinginkan oleh muslimah, tidak mau kalau pernikahan yang begitu menjadi dambaan ternyata nantinya hanya menjadi sebuah kebahagiaan yang semu karena berujung pada penyesalan dengan mendapatkan laki-laki yang jauh dari harapannya, yakni lelaki yang shaleh.

Nah, untuk itu kami akan bagikan 7 ciri-ciri lelaki shaleh yang inshaa Allah baik, taat serta cocok dihati sebagai calon imam kelak, simak baik-baik ya..

1. Selalu menjaga dengan baik hubungannya dengan Allah SWT

Ciri yang pertama ini paling penting dari ciri lainnya, karena jika hubungannya dengan Allah baik, dipastikan bahwa hubungannya dengan lainnya pasti akan baik juga.  Hal ini bisa dilihat dari ibadahnya kepada Allah, shalatnya yang tepat waktu, mengerjakan amalan-amalan sunnah, ingin selalu dekat dengan Allah, bisa dilihat dari kualitas dan kuantitasnya dalam berinteraksi dengan Al-quran.

Selalu menjaga diri dari perbuatan-perbuatan tidak baik, menghindari maksiat seperti menundukkan pandangannya pada wanita, menjaga pergaulannya dengan wanita, menjaga harta dan memastikan setiap harta yang dia nikmati merupakan harta yang halal, didapat dari sumber yang halal serta cara yang halal pula.

2. Selalu menjaga dengan baik hubungannya dengan orang tua khususnya ibu


Ciri selanjutnya yang dimiliki laki-laki shaleh adalah mempunyai hubungan yang baik dengan ibunya, selalu taat dan patuh pada ibunya, selalu berbakti pada ibunya, memiliki kedekatan khusus dengan ibunya.

Tutur katanya saat berbicara pada ibunya yang lemah lembut, selalu membuat ibunya tersenyum. Itu juga akan dilakukannya terhadapmu (muslimah). Lelaki yang bener-bener menjaga syurganya yang berada ditelapak kaki Ibunya.

3. Selalu menjaga dengan baik dan perhatian pada anak-anak

Ciri yang ketiga adalah memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap anak-anak kecil, sensitive ketika melihat anak-anak dan secara refleks ingin bermain dengan anak-anak yang dilihatnya, menggendong anak-anak yang dilihatnya.

Rasa ini muncul tanpa disengaja, tapi memang sudah ada dalam dirinya. Ini sangat penting karena mencari suami juga mencari calon ayah bagi anak-anakmu nanti, maka pastikanlah ia orang yang memiliki kepedulian terhadap anak kecil, sebagaimana Rasulullah SAW yang berhenti dan bahkan turun dari untanya ketika melihat anak kecil.

4. Selalu menjaga dengan baik hubungan sosial dan kemasyarakatannya

Berumah tangga merupakan sebuah proses yang begitu komplit, mempertemukan dua insan yang berbeda, mempertemukan dua keluarga yang punya adat berbeda dan juga mempertemukan dengan kehidupan serta lingkungan yang baru.

Itu semua menjadi hal yang akan dijalani oleh setiap keluarga. Maka kemampuan menjalin hubungan sosial kemasyakaratan merupakan hal penting yang mesti dimiliki oleh sang suami sebagai kepala rumah tangga, bisa membaur dengan lingkungan sekitar, turut dan ikut serta kegiatan-kegiatan kemasyarakatan di sekitarnya seperti kerja bakti, pengajian, saling menolong dan membantu dalam suka duka.

Keaktifan dalam kegiatan sosial juga menjadi sebuah pertimbangan yang patut untuk dicermati. Apalagi jika kegiatan tersebut berhubungan dengan anak-anak yatim maupun orang yang kekurangan. 

5. Selalu menjaga dengan baik hubungannya dengan uang

Uang, ia memang bukanlah segala-galanya, akan tetapi untuk mendapatkan segalanya dibutuhkan yang namanya uang. Tak sedikit rumah tangga yang bubar, hancur berantakan serta berujung pada perceraian hanya gara-gara uang yang didapatkan tidak sesuai dalam urusan belanja, suami yang belum begitu lihai dalam mencari uang, atau mungkin kehidupan yang terlalu boros tidak seimbang antara pengeluaran dan pemasukan sehingga menyebabkan berhutang sana-sini. Akibat dari gaya hidup yang hedonis.

Kemampuan berhubungan baik dengan uang adalah kemampuan wajib yang mesti dimiliki seorang suami, mampu mencarinya dengan cara dan sumber yang halal, serta mampu juga mengatur pengeluaran, pemasukan serta pengelolaan investasi untuk masa depan.

Baik hubungannya dengan uang bukan berarti ia harus kaya raya dan memiliki banyak uang, akan tetapi ia mampu menggunakan uang, menyeimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran, mengatur emosi untuk memilih antara suatu kebutuhan dengan yang hanya keinginan.

6. Selalu menjaga dengan baik hubungannya dengan hewan

Mungkin ini jarang terngiang dalam benakmu, apa hubungannya dengan seorang imam nantinya. Secara tidak langsung, sikap penyayang yang timbul tidak pada hewan juga akan lebih ditimbulkan pada manusia, termasuk padamu.

Lihatlah teladan terbaik kita, pada hewan pun begitu menyayangi. Pernah mendengar kan bagaimana perlakuan Beliau SAW terhadap Kucing dan Untanya. Itu menjadi sebuah bukti, menjadi sebuah contoh yang nyata seorang lelaki shaleh. Tidak hanya pada sesamanya, melainkan juga perlakuannya terhadap hewan. Bukan menghujat, mencibir, atau menyiksanya, jika kurang suka dia akan menyingkirkannya, beda lagi jika sudah membahayakan.

Demikianlah, kurang lebih itulah 6 ciri lelaki shaleh yang jangan sampai kamu menolaknya, selain itu juga untuk mempermudahmu bertemu dengannya maka pantaskan juga dirimu menjadi seperti apa ciri-ciri yang kamu impikan, karena jodoh adalah cerminan dirimu.

  
Pustaka: elmina-id.com
Terima kasih ya telah menyempatkan waktu untuk membaca  Jika Kamu seorang Muslimah, Jangan sampai Menolak 6 Ciri Lelaki Shaleh Ini
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar