--> Skip to main content

Manusia Dilarang untuk Membunuh 5 Hewan Ini

Sebagai manusia, kita tak boleh seenaknya membunuh hewan





Manusia Dilarang untuk Membunuh 5 Hewan Ini

Atmosterku.com | Manusia Dilarang untuk Membunuh 5 Hewan Ini  -  Allah menciptakan 3 makhluk hidup didunia ini yang nyata. Ketiganya adalah Manusia, Hewan dan Tumbuhan. Ketiga sering bersinggungan dan berperan dalam kehidupannya masing-masing.

Dan yang paling banyak punya peran dalam perubahan Bumi ini adalah makhluk yang bernama manusia. Bahkan kelangsungan berkurangnya tumbuhan dan hewan ada peran manusia. Selain sebagai buruan, terkadang hewan juga dihabisi ketika hewan tersebut membahayakan manusia.

Perlu diketahui, bahwa ada beberapa hewan di dunia ini yang sama sekali tidak diperbolehkan untuk dibunuh. Belum tau kan? Hewan apa saja itu? Berikut informasinya jika Manusia Dilarang untuk Membunuh 5 Hewan Ini

1. Semut

Manusia Dilarang untuk Membunuh 5 Hewan Ini
Ilmu Alam - blogger
Hewan pertama yang dilarang dibunuh oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam adalah semut. Hewan kecil ini merupakan bala tentara Allah SWT.

Abu Zuhair an Numairi radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda:

“Janganlah kalian membunuh semut, karena semut itu salah satu bala tentara Allah yang terbesar”. (ash Shahihah no. 2428, Hadits Hasan).

Larangan ini hanya berlaku bagi semut-semut yang tidak menggangu. Namun jika semut tersebut masuk ke dalam kategori yang membahayakan, maka Rasulullah memperkenankan kita untuk membunuhnya. Namun dengan catatan, tidak membunuh dengan cara yang buruk. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam.

“Salah seekor semut pernah menggigit salah seorang nabi, lalu nabi tersebut memerintahkan untuk mendatangi sarang semut dan membakarnya. Tapi Allah kemudian menurunkan wahyu kepadanya: ‘Apakah hanya karena seekor semut menggigitmu lantas kamu membinasakan satu umat yang selalu bertasbih?’ [HR. Muslim]

Jadi jangan asala membunuh semut ya, sering kali kita denan mudah membunuhnya dengan semprotan serangga, padahal sama sekali mereka tidak mengganggu kita. Apalagi sampai membahayakan. Hanya karena kita melihat risih aja, kemudian kita menyemprotnya dengan obat pembasmi serangga.

2. Lebah

Manusia Dilarang untuk Membunuh 5 Hewan Ini
Percikan Iman

Sungguh hewan yang tidak asing kan? ada disekitar kita juga. Lebah memang salah satu hewan yang cukup membahayakan bagi manusia. Namun hal ini juga tidak akan terjadi apabila tidak diganggu. Ingat ya, tidak diganggu.

Naluri hewan untuk membela diri ketika terancam itu ada layaknya manusia. Dan seperti yang kita ketahui, bahwa lebah menghasilkan madu yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Masa iya, kita manusia cuma enak menghisap madu tapi membenci produsennya. Ketika terbang dan hinggap ditangan atau dideket kita, terus kita bunuh. Padahal jika kita biarkan saja, dia akan terbang menjauh kembali.

Untuk itu, Rasulullah melarang manusia untuk membunuhnya. Dalam firmannya, Allah SWT mengatakan :

“Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran Tuhan bagi orang yang memikirkan.” [QS. An Nahl : 69]

3. Burung Hud Hud

Manusia Dilarang untuk Membunuh 5 Hewan Ini
Agrobur
Burung Hud merupakan salah satu burung yang termaktub dalam kita suci Al-Qur’an. Hud-hud merupakan sejenis burung pelatuk yang sangat terkenal dalam kisah Nabi Sulaiman AS. Di mana burung Hud-hud menjadi utusan Nabi Sulaiman untuk menyampaikan surat kepada Ratu Bilqis.

Burung Hud-hud juga satu-satunya burung yang pernah berbicara dengan Nabi Sulaiman AS. Allah SWT berfirman yang artinya :

“Maka tidak lama kemudian (datanglah hud-hud), lalu ia berkata: “Aku telah mengetahui sesuatu yang kamu belum mengetahuinya; dan kubawa kepadamu dari negeri Saba suatu berita penting yang diyakini, Sesungguhnya aku menjumpai seorang wanita yang memerintah mereka, dan dia dianugerahi segala sesuatu serta mempunyai singgasana yang besar.” [QS. An Naml : 22-23]

4.Burung Shurad
Manusia Dilarang untuk Membunuh 5 Hewan Ini
palingseru.com
Hewan yang satu ini kemungkinan asing terdengar ditelinga kita, burung Shurad. Burung ini memiliki ciri-ciri seperti berkepala besar dan berparuh besar, serta memiliki perut berwarna putih dan punggung yang berwarna hijau. Hewan ini memang jarang atau bahkan sama sekali tidak pernah kita jumpai.

Imam at Tirmidzi rahimahullah berkata:

”Alasan burung shurod tidak boleh dibunuh karena daging hewan tersebut haram untuk dimakan, begitu juga burung Hud-Hud dan semacamnya”. [Tuhfatul Ahwadzi bi Syarh Jaami’ At Tirmidzi, Abul ‘Alaa Al Mubarakfuri, 1/189, Darul Kutub Al ‘Ilmiyyah]

5. Kucing

Manusia Dilarang untuk Membunuh 5 Hewan Ini
kucingmu.com
Semua pasti tau hewan yang menggemaskan yang satu ini. Hewan yang selalu ada disekitar kita. Kucing memang hewan yang sangat bersahabat dengan manusia, bahkan manfaatnya bagi manusia pun besar, bisa menghilangkan stress. Hewan ini pun tidak bernajis, dan bulunya selalu bersih.

Teladan terbaik kita Rasulullah SAW aja memelihara hewan yang satu ini, sampai memotong jubahnya hanya karena kucingnya tidak terbangun yang saat itu sedang tidur dijubahnya. MashaaAllah..

“Ada seorang wanita yang disiksa karena seekor kucing, wanita itu mengurung seekor kucing hingga mati, akibatnya wanita itupun masuk ke neraka. Tatkala wanita itu mengurung kucing, ia tidak memberinya makan, tidak juga memberinya minum, tidak juga ia membiarkannya pergi mencari makanan sendiri dengan menangkap serangga.” (Muttafaqun ‘alaih)

Kalau hewan yang satu ini memang sudah benar-benar dilindungi oleh manusia, karena sebagian besar pun menyadarinya. Bahwa kucing adalah sahabat manusia yang mesti dijaga, dilindungi, dan diperhatikan.

Yuk, mulai sekarang lebih berhati-hati lagi, jangan sampai kita membunuh binatang hanya karena kita benci atau risih saja. Padahal mereka sama sekali tidak membahayakan.





  
Pustaka: Palingseru.com
Terima kasih ya telah menyempatkan waktu untuk membaca  Manusia Dilarang untuk Membunuh 5 Hewan Ini
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar