Sebenarnya Lebih Baik mana Makan pakai Tangan atau pakai Sendok?

Sebenarnya Lebih Baik mana Makan pakai Tangan atau pakai Sendok?

Kira-kira lebih nikmat makan pakai tangan atau makan pakai sendok dan garpu.






Sebenarnya Lebih Baik mana Makan pakai Tangan atau pakai Sendok?

Atmosterku.com |   - Pernah tidak berpikir, sebenarnya lebih baik mana makan pakai tangan atau pakai sendok ya? Beberapa dari kita mesti ada yang terbiasa makan dengan menggunakan tangan, ada juga yang selalu menggunakan sendok. Alasannya bagi mereka yang makan menggunakan sendok itu lebih bersih, lebih higienis.

Ditempat-tempat tertentu, seperti restoran, kafe, dan sejenisnya, pasti kita akan bergaya makan menggunakan sedok dan garpu, atau bahkan menggunakan sumpit. Bukan karena sebuah gaya saja, namun karena sekedar gengsi belaka.

Ya, mungkin saja jika makan ditempat bonafit makan pakai tangan akan mendapatkan cibiran, dan dipandang udik, kampungan, ndeso dan sejenisnya. Bahakan mungkin akan ditertawakan.

Sepertinya makan pakai sendok itu sebuah adat yang dibawa penjajah ke negeri tercinta ini. Dengan alasan lebih elite, lebih sopan, lebih punya kredibilitas, dan kelihatannya orang yang bersih. Coba kalau lelaki yang makan pakai tangan, langsung di-judge kotor/ jorok..

Padahal menurut para ahli dibidang kedokteran yang dilansir healthierwayoflife.com, disebutkan bahwa makan dengan menggunakan tangan lebih banyak manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan tubuh bila menggunakan sendok dan garpu. Sudah terlihat kan mana sebenarnya yang lebih baik dan yang kurang baik.

Selain itu, Rasulullah SAW juga makan dengan menggunakan jari tangan. Diriwayatkan dari Ka’ab bin Malik, dari bapaknya, beliau mengatakan; “Rasulullah makan dengan menggunakan tiga jari tangan kanan dan menjilati jari-jari tersebut sebelum dibersihkan.” (HR Muslim)

Kalau begitu lebih baik mana makan pakai tangan atau pakai sendok? Yuk langsung saja kita simak manfaatnya makan pakai tangan yang katanya jorok dan higinenis dimata mereka yang kurang paham sebagai berikut:

 1. Makan pakai Tangan dapat Mencegah Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula darah yang sangat tinggi, terjadi karena penurunan produksi insulin dalam tubuh sehingga fungsinya tidak maksimal atau tubuh mulai menjadi kurang peka terhadap insulin. Reaksi ini dikenal dengan istilah resistansi terhadap insulin. Jenis ini biasanya menyerang orang-orang berusia di atas 40 tahun. Tetapi usia pengidapnya akhir-akhir ini bertambah muda. Diabetes tipe 2 juga lebih sering dialami oleh etnis Asia dibanding etnis lain.

Umumnya jika makan menggunakan garpu dan pisau, maka kamu makan lebih cepat daripada makan dengan tangan. Padahal makan dengan cepat beresiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.

Faktanya, kamu bisa kenyang hanya dengan menyantap sepotong irisan makanan ketika makan dengan tangan kamu. Sementara jika makan menggunakan garpu, kamu bisa saja mengambil 5 – 6 potong sekaligus.

2. Baik Untuk Meningkatkan Kinerja Sistem Pencernaan jika makan pakai tangan

Hasil penelitian dalam ilmu kedokteran tersebut membuktikan bahwa, makan dengan jari-jari tangan bisa meningkatkan kinerja sistem pencernaan. Ketika kamu mencuci tangan dengan sabun, semua bakteri jahat akan hilang, sedangkan bakteri baik tetap ada di tangan, yang bisa sangat sehat untuk usus kamu.

Silahkan Baca



Selain itu, makan dengan jari-jari tangan bisa mengirimkan sinyal ke otak mengenai makanan yang kamu makan, apakah itu padat atau lembut, panas atau dingin, sehingga bisa lebih mempersiapkan sistem pencernaan untuk mencerna makanan tersebut.

3. Makan pakai tangan dapat Membantu enzim RNAse mendegradasi RNA

Pada jari tangan terdapat suatu enzim RNAse yang mampu mengikat bakteri, sehingga tingkat aktivitasnya sangat rendah ketika masuk bersama makanan ke saluran pencernaan tubuh. Tujuan utama enzim RNAse adalah untuk mendegradasi RNA, sehingga yang tinggal dari sebuah sel hidup adalah DNA-nya. Enzim ini selalu ada dalam jari-jari dan telapak tangan manusia, sehingga proses penyuapan makanan ke dalam saluran pencernaan akan mengikutkan enzim yang bisa mengikat sel bakteri agar aktivitasnya tidak maksimal.

Begitu makanan masuk ke saluran pencernaan, maka enzim ini akan ikut mengikat pergerakan bakteri hingga ke saluran pembuangan. Sebaliknya, jika manusia makan menggunakan alat perantara seperti sendok, maka tidak ada yang bisa menahan laju aktifitas bakteri yang terkandung, baik di makanan atau alat makan itu sendiri.

4. Memang sih sih kalau makan pakai tangan, kita Mampu Mengontrol Pola Makan

Orang yang makan dengan menggunakan tangan biasanya memiliki berat badan yang ideal karena mereka tidak makan terlalu banyak. Tentu saja hal ini sangat baik bagi anak-anak dan bagi mereka yang sedang melakukan diet.

Saat makan menggunakan tangan, tentu kita akan terfokus dengan kegiatan/makan yang sedang kita lakukan, saat itu pula kita tidak dapat melakukan aktifitas lain karena jari-jari tangan kita kotor/banyak makanan yang menempel.

Biasanya orang-orang yang makan sambil melakukan kegiatan lain seperti menonton TV, pegang ini/itu akan makan lebih banyak daripada mereka yang fokus makan, sehingga kita tidak bisa mengontrol berapa banyak makanan yang telah kita makan.

5. Makan pakai tangan merupakan Sunnah Rasul

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa makan dengan mengunakan tangan adalah Sunnah Rasulullah SAW yang telah mencontohkan kepada umatnya sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadist.

Diriwayatkan dari Ka’ab bin Malik, dari bapaknya, beliau mengatakan;

“Rasulullah makan dengan menggunakan tiga jari tangan kanan dan menjilati jari-jari tersebut sebelum dibersihkan.” (HR Muslim)

Tiga jari yang dimaksud adalah, jari tengah, jari telunjuk, dan jempol, karena hal tersebut menunjukkan tidak rakus dan ketawadhu’an. Namun hal ini hanya berlaku untuk makanan yang bisa dimakan dengan menggunakan tiga jari. (Syarah Riyadhus shalihin Juz VII hal 243).

So, sekarang sudah mengetahui dengan seksama, untuk menjawab pertanyaan  Sebenarnya Lebih Baik Makan pakai Tangan atau pakai Sendok? jawabannya, Rasulullah SAW saja makan pakai tangan masa kita pakai sendok. Hehehehe...

Pasti ada faedahnya, kenapa Rasululllah Saw,. menggunakan tangan saat makan, dan semuanya ada alasannya untuk kesehatan. Tidak usah takut dengan omongan orang jorok, tidak higienis, bahkan dibilang orang udik (ndeso) saat makan pakai tangan. Yang pasti kita tau, ada nilai manfaat yang besar dibalik itu semua, termasuk nilai meneladani Rasulullah Saw.



  
Pustaka: Pidipedia.com
Terima kasih ya telah menyempatkan waktu untuk membaca  Sebenarnya Lebih Baik mana Makan pakai Tangan atau pakai Sendok?
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments