Skip to main content

5 Tips Cara Menghemat Kuota Internet pada Smartphone

Beginilah cara menghemat kuota internet, bagi anda yang merasa begitu boros kuota internet



5 Tips Cara Menghemat Kuota Internet pada Smartphone

Atmosterku.com | 5 Tips Cara Menghemat Kuota Internet pada Smartphone - Era sms dan telpon menggunakan pulsa sudah mulai termakan oleh perabadaban. Bahkan kartu perdana untuk provider saja sekarang isinya kuota internet saja. Meskipun ada isi pulsanya, tapi banyakan internetnya. Memang, semakin kesini, peradaban akan terus berkembang, apalagi dibidang teknologi.

Sekarang ini, nonton televisi maupun mendengarkan radio bisa cukup dalam satu genggaman. Bahkan nih ya, nonton film-film yang ada di bioskop saja sudah berada dalam genggaman. Bukan itu saja, beli makan, belanja, bayar tagihan, sampai shopping saja kita tinggal pencet.

Semua itu kemudahan yang didapatkan karena semakin majunanya peradaban digital. Namun, untuk bisa mendapatkan kemudahan itu, kita mesti punya kuota internet. Sebagai pengganti pulsa untuk bisa mengaktifkan smartphone, sehingga bisa nonton film, pesan makan, bayar tagihan sampai shoping.

Tanpa disadari, akibat kemudahan yang telah disediakan, kita dengan bebas tanpa terkontrol menonton film, online sana online sini, tau-tau saja kuota internet habis. Padahal baru beberapa hari diisi. Tetapi rasanya kok boros kuota, cepet habis.

Nah, kira-kira kenapa kuota bisa boros atau cepat habis, berikut 5 tips agar kuota tidak cepet habis.

1. Aplikasi Sosial Media

5 Tips Cara Menghemat Kuota Internet pada Smartphone
kangmousir.com

Saat ini siapa sih yang tidak punya akun sosial media, pasti semua warganet punya. Bahkan banyak dari warganet yang mempunyai aplikasi sosial media tidak hanya cuma satu saja. Minimalnya itu ada 3, yakni Facebook, Twitter, Instagram. Itung-itung untuk mengeksiskan diri. Atau untuk berjualan secara online. Untuk mengoperasikan semua itu butuh kuota internet. Oleh karena itu, kurangi pemakaian, hapus aplikasi sosial media yang kurang optimal dipakai atau hanya sekedar ikut-ikutan.

2. Auto Update

5 Tips Cara Menghemat Kuota Internet pada Smartphone
techno.okezone.com

Lagi asyik-asyik ngoperasikan sosial media, tau-tau update (pembaruan) secara otomatis. Nah, salah satu yang menguras kuota juga dari auto update ini. Kalau aplikasi yang digunakan cukup banyak, bisa sekali update 5 lebih aplikasi. Kalau udah kaya gitu, gimana tidak boros. Namun semua itu ada solusi, bisa diatasi dengan merubah settingan auto update menjadi manual update saja. Dimana itu settingannya? ada di setelan playstore.

3. Streaming Video dan Musik

5 Tips Cara Menghemat Kuota Internet pada Smartphone
techexclusive.net

Nah ini yang sering kita tidak sadar, jika sudah streaming atau dengerin musik, lupa akan kapsitas kuota kita. Tau-tau saja buat balas Chatting Whatsapp sudah tidak bisa. Terus gimana solusinya? ya, kurangi nonton streaming lewat facebook atau lewat youtube, atau bisa juga pakai yang ada jam malamnya.

Silahkan Baca



4. Video Call

5 Tips Cara Menghemat Kuota Internet pada Smartphone
SightCall.com

Kebiasaan ngrumpi di smartphone dengan Video call juga mempengaruhi hemat tidaknya kuota yang dikeluarkan kita. Semakin sering kita memakai video call, semakin banyak juga kuota yang terserap. Hampir semua sosial media ada fsilitas vidio call, untuk memanjakan para sosialita. Untuk menghematnya, mulai sekarang kurngi dengan video call, bisa menggunakan pesan suara atau menelpon biasa saja, tapa video. 

5. Game Online

5 Tips Cara Menghemat Kuota Internet pada Smartphone
kotaku.com

Ini juga, kalau sudah memainkan sering melukannya, apalagi yang maniak sama game online. Bisa tiap hari memainkannya tanpa memperhatikan kuota internet akan banyak banget menyedot kuota internet. Apalagi jika game online yang dimainkan sering dikit-dikit update. Jadi untukmenghemat kuota internet, kurangi main game online yang boros kuota.

Itulah 5 tips menghemat kuota internet pada smartphone. Mengurangi sejumlah pemakain aplikasi yang kurang optimal atau hapus aplikasi-aplikasi yang tidak jelas. So, hemat tidaknya kuota internet mu, semua tergantung dari pemakaiannya.


  
Pustaka : Jalantikus.com
www.ucnews.id
Terima kasih ya telah menyempatkan waktu untuk membaca  I5 Tips Cara Menghemat Kuota Internet pada Smartphone
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar