Skip to main content

Bahayanya jika Kamu Suka Menahan Kencing (Pipis)

semakin lama kamu suka menahan kencing atau menahan pipis, maka akibatnya kandung kemih akan semakin berpotensi untuk menjadi tempat berkembang biak bakteri

Bahayanya jika Kamu Suka Menahan Kencing (Pipis)




Kalau kerjaannya di lapangan biasanya kita sering tuh menahan pipis, menunggu sampai bener-bener kebelet, barulah lari ke kamar mandi. Begitupun saat beraktifitas penting, misalnya ya yang suka berada di depan komputer, juga akan sama. Kita mesti cuek dengan yang namanya buang air kecil. Tetep nunggu kalau udah kebelet banget.

Kelihatannya perkara tersebut remeh-temeh ya, tiap hari dilakukan. Pokoknya kalau lagi diperjalanan tidak akan disadari deh, pasti menahannya terlebih dahulu. Padahal ya, menahan kencing itu efeknya bahaya.

Saya sendiri merasakannya, kalau menahan kencing lama, meskipun belum kebelet banget, efeknya kepala jadi pusing dan badan akan meriang. Itu yang secara langsung dirasakan. Buat yang suka menahan kencing, pernah tidak sudah menahan terus pas dikeluarkan rasanya kaya agak sakit gitu? mesti pernah ya..

Kalau tidak segera menyadari akan hal tersebut, bisa berakibat fatal. Karena efek bahaya jika suka menahan kencing (pipis). Apa saja bahayanya? kamu mesti tau itu, maka simak baik-baik berikut ini.

Silahkan Baca : Biasakan untuk segera Minum Air Putih saat Bangun Tidur

Suka Menahan Kencing menyebabkan Infeksi saluran kemih.

Infeksi saluran kemih atau disebut UTI adalah salah satu dari banya masalah kesehatan yang disebabkan oleh infeksi pada bagian saluran kemih. Infeksi saluran kemih ini bisa dirasakan begitu menyakitkan. Kamu akan merasakan selalu ingin buang air kecil terus (semacam anyang-anyangen), namun disisi lain kamu juga merasakan nyeri pada bagian uretra. Beberapa gejala lainnya adalah adanya darah pada urine saat kencing dan sensasi terbakar ketika kencing.

Infeksi kandung kemih juga Efek dari Suka Menahan Kencing

Menurut Dr Chamandeep Bali dari Toronto Naturophatic Health Clinic mengungkap bahwa semakin lama kamu menahan kencing atau menahan pipis, maka akibatnya kandung kemih akan semakin berpotensi untuk menjadi tempat berkembang biak bakteri, ingat ya air kencing itu kotor, kalau ditahan bisa jadi endapan. Hal ini bisa berujung pada infeksi yang menyebar, sampai pada menginfeksi ginjal dan menyebabkan masalah yang lebih besar pada tubuh. Tau sendiri kan, pentingnya ginjal begitu vital dalam anatomi tubuh. Terutama untuk penyaring darah.

Masalah lain jika suka menahan kencing adalah Disfungsi buang air kecil

Masalah ini lebih sering dikenal sebagai Lower Urinary Tract Symptomps (LUTS). Biasanya hal ini terjadi ketika kamu mulai tak bisa mengendalikan kandung kemih dan saluran kemih. Mengakibatkan koordinasi yang buruk antara otot kandung kemih dengan uretra, ini bisa membuat seseorang jadi bermasalah saat buang air kecil atau saat kencing (pipis). Beberapa di antaranya, kamu bisa ngompol, tidak bisa buang air kecil sampai tuntas, dan bisa menyebabkan kualitas seks yang menurun.

Silahkan Baca : 12 Kebiasaan Umum yang Menyalahi Sunnah dan Membahayakan Kesehatan

Manahan Kencing bisa menyebabkan terganggunya proses pecernaan

Kita tau kalau kencing adalah bagian akhir dari proses pencernaan. Kalau tidak segera dituntaskan, proses pencernaan didalam tubuh jadi terganggu, yang bahaya jika sampai menumpuk. Biasanya kalau yang suka menahan pipis, saat menahannya ada kaya rasa sakit diperut. Nah, itu tanda pencernaanmu sudah mulai terganggu. karena proses pencernaan yang selanjutnya jadi tertunda, tidak berjalan maksimal, numpuk kotoran yang seharusnya sudah dibuang.

Suka Menahan Kencing penyebab Batu Ginjal

Air kencing adalah sisa-sisa dari hasil proses pencernaan, yang namanya sisa dipastikan itu adalah kotorannya yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh. Nah, jika kamu suka menahan kencing alias menahan kotoran sisa dari proses pencernaan, maka akan terjadi endapan yang bisa menjadi gumpalan yang kemudian mengkristal. Itulah yang dinamakan batu ginjal. Jika sudah parah, bisa sangat menyakitkan, untuk menyembuhkannya pun butuh perawatan, apalagi kalau sampai operasi, biayanya mahal. Itulah kenapa sehat itu mahal harganya. 




Jadi, sudah sepantasnya kita tidak menganggap lagi menahan kencing itu perkara yang sepele. Karena sudah tau bahaya jika suka menahan kencing. Efek diatas yang disebutkan itu sebagian kecil, bahkan ada yang lebih bahaya lagi, yakni kematian. Kalau tidak percaya, silahkan search aja di google. Hehehe...

Itulah kenapa, sekarang saya suka ke kamar mandi, dimanapu berada. Kalau main ke tempat teman, biasanya yang dituju pertama adalah kamar mandi, kalau tidak ya selang beberapa menit. Selain untuk menandai daerah jajahan, juga untuk menjaga kesehatan. Karena jika saya terlalu menahan, efeknya kepala jadi pusing dan susah sembuhnya. Terus kalau pas kencing juga terasa sakit gitu.

So, mulai sekarang jangan suka menunda untuk buang air kecil ya.

Silahkan Baca : 
  

Oleh Yogi Permana
Pustaka
[merdeka.com]
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar