Skip to main content

Kenapa Kita yang Diuji sama Allah?

Seringkali kita melupakan kunci-kunci tersebut, yang akhirnya hanya mengeluh. Kenapa diuji sama Allah

Kenapa Kita yang Diuji sama Allah?

Kenapa Kita yang Diuji sama Allah ? - Selama nyawa masih dikandung badan, setiap insan pasti akan diuji oeh Allah. Dan setiap ujian yang didapatkan pun berbeda-beda satu sama lainnya. Semua tergantung dari taraf keimanannya masing-masing. Penilaian setiap ujian hanya Allah yang berhak memberikan.

Meskipun begitu, Allah paham sangat paham dengan kemampuan setiap insan ciptaanNya tersebut. Sehingga setiap ujian yang diberikan sesuai dengan kesanggupannya. Tak hanya itu, Allah juga sudah memberikan kunci-kunci dan jawaban atas segala ujian yang sedang dihadapi.

Namun, seringkali kita melupakan kunci-kunci tersebut, yang akhirnya hanya mengeluh dan mengeluh. Paling bahaya adalah malah menjadikan kita putus asa dari rahmatNya.

Tak jarang, karena lemahnya iman dan kekurangtahuannya kita pada kunci-kuncinya, kita seering mengeluh, "kenapa aku yang diuji? kenapa bukan dia yang selalu bermaksiat?". Iya atau ya seperti itu.

Silahkan Baca : Cepatlah!! Allah Menunggumu, Allah sedang Rindu Padamu

Kenapa kita yang Allah pilih untuk mendapatkan ujian itu, karena Allah tahu, kita mampu. Jadi apapun ujian yang kita alami jangan mengeluh, jika mengeluh langsung rubah pemikiranmu.

Jika timbul dalam benak pertanyaan Kenapa, Kenapa Kita yang Diuji sama Allah? langsung jawab saja dengan pemikiran yang menuatkan. Seperti berikut.

Kenapa kita yang diuji? Karena Allah tahu kita mampu,
Kenapa kita yang diberi cobaan seberat ini? Karena Allah hendak menaikkan derajat mu,
Kenapa tidak orang lain saja? yang pasti, Semua itu karena Allah teramat menyayangimu,

Seorang panglima besarpun tidak akan pernah memberikan tugas yang sangat penting dan berat kepada prajurit yang masih punya mental lemah, pasti tugas itu hanya akan diberikan kepada prajurit pilihannya yang sudah mempunyai mental tangguh.

Begitupun dengan ujian yang datang dari Allah, semakin berat ujian yang kalian terima. Itu tandanya Allah tahu bahwa kalian adalah hamba pilihan yang sudah mempunyai mental tangguh,

Percayalah bahwa dengan ujian tersebut, Allah hendak menaikkan derajat kalian, Dan semakin tinggi derajat seorang hamba dimata tuhanNya. Maka semakin dekat pula hamba tersebut dengan tuhanNya.

Tau kan, kalau Allah begitu suka banget bisa deket sama hambaNya? meskipun hambaNya terkadang sering menjauhiNya. Padahal ya, Allah tidak membutuhkan kita, malah kita yang harus membutuhkanNya setiap waktu.

Silahkan Baca : Bisa Jadi Kamu Mencintai Sesuatu walaupun Itu Buruk Bagimu

Jadi ya, ketika kita mendapat ujian yang berat, hati kita harus yakin bahwa Allah ingin lebih dekat lagi sama kita. Serta pikirkan bahwa Allah itu sayang banget sama kita, Allah juga mempercayai kita sanggup melewati segala ujian yang diberikanNya. So, tandanya kita Jangan Lari dari Masalah, Hadapilah bukan malah Melarikan Diri. 

Kenapa Kita yang Diuji sama Allah?

Allah tidak menyuruh kita untuk berjuang sendiri, mencari jalan keluarnya. Karena Allah tau itu justru akan membuat kita stress dan semakin drop, bahkan menjadi gila. Allah tak mungkin tega berlaku seperti gitu sama kita.

Nah, ketika mendapat ujian yang berat, Allah menyuruh kita agar datang dan mendekat ke Dia. Karena Dia mau ngasih jalan keluar dari setiap masalah yang kita perbuat.

Tapi ya, sering kali kita bingung, caranya datang mendekat kepada Allah itu gimana? jawabannya ya, dengan sabar dan sholat. Sudah mejalankan sholat lima waktu dengan rutin? atau masih angin-anginan. Sehari sholat seminggu tidak, astaghfirullah... perbaiki sholatmu, inshaaAllah hidupmu akan dilimpahi ketenangan.

Allah ta'ala telah berfirman: "Dan mohonlah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan sholat. Dan itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk," (QS. Al-Baqarah: 45).



  
Pustaka
 @sebarisnama_ 
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar