Skip to main content

Praktikum Fisika : Listrik Statis

Praktikum Fisika : Listrik Statis

Praktikum Fisika : Listrik Statis - Percobaan fisika tidak selalu terlihat rumit, tapi sebenarnya fisika itu asyik. Apalagi pas melakukan percobaan-percobaan, akan terlihat hal-hal yang seperti sebuah sulap atau magic.

Namun, masih banyak yang beranggapan bahwa Fisika itu memusingkan, padahal bisa dibuat menyenangkan, dengan mencoa percobaan-percobaan fisika yang sederhana, misal untuk mengenalkan listrik pada anak, dimulai dengan praktikum listrik statis.

Caranya pun sangat mudah, dan tidak perlu menggunakan peralalatan yang mahal, cukup dengan beberapa item saja. Yang penting bisa menunjukkan dan menjelaskan tentang partikel positif dengan partikel negatif, dan kemudian keduanya tarik-menarik antara satu sama lain. Itulah listrik.

Bahan-bahan yang kamu perlukan dalam percobaan listrik statis ini : 

2 balon yang sudah diikat dengan tali/ karet
Rambutmu, pastikan rambut kering
Kaleng Aluminium
Kain wol

Caranya melakuakan percobaan listrik statis : 

Gosok 2 balon satu per satu ke kain wol, kemudian cobalah menggerakkan balon bersama-sama, apakah balon tersebut akan tarik menarik? atau tidak tertarik satu sama lain?

Kemudian gosokkan 1 balon ke depan dan ke belakang pada rambutmu.

Lalu perlahan-lahan menariknya menjauh, tanyakan seseorang yang melihatnya, apa yang bisa mereka lihat atau jika tidak ada orang lain di sekitar mencoba melihat ke cermin.

Kemudian Taruh kaleng alumunium di sisinya di atas meja, setelah menggosok balon pada rambutmu lagi, pegang balon di dekat kaleng dan perhatikan ketika balon itu digerakkan, gerakkan dengan menjauhi kaleng aluminium secara perlahan-lahan.

Apa yang terjadi?

Menggosok balon pada kain wol atau rambutmu akan mampu menghasilkan listrik statis. Ini mengakibatkan partikel bermuatan negatif (elektron) yang melompat ke benda bermuatan positif. Ketika kamu menggosok balon pada rambut atau kain, mereka menjadi bermuatan negatif, mereka telah mengambil beberapa elektron dari rambut / kain. 

Sebuah percobaan fisika yang menarik kaan, rambut  yang bermuatan positif tertarik pada balon bermuatan negatif dan ketika balon didekatkan pada rambut yang kering, maka rambut akan berdiri mengarah kearah Balonnya. Ini mirip dengan kaleng aluminium yang ditarik oleh balon yang bermuatan negatif, karena area di dekatnya menjadi bermuatan positif.

Dalam percobaan pertama, kedua balon itu bermuatan negatif setelah menggosoknya pada kain wol, karena ini mereka tidak menarik satu sama lain.

  


Terus ajari anak-anak dengan pengetahuan, agar senantiasa pikirannya berkembang
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar